Tips Membeli / Memilih Honda Accord Maestro

Honda Accord Maestro adalah Honda Accord  generasi ke 4. Dimulai kemunculannya pada tahun 1990 sampai 1993.
Honda accord tahun 1990 dan 1991 memakai karburator  , engine 2000cc 16 Valve dengan tenaga 115 Hp. Meningkat 10 hp dari generasi accord sebelumnya yaitu prestige yang memiliki tenaga 105 Hp.
Body juga mengalami perubahan. Body lebih besar. Wheelbasenya juga meningkat menjadi 2720 mm.
Accord tahun 1992 dan 1993 mengalami perubahan di sektor injection Bahan bakar. Tenaga meningkat 20 Hp menjadi 135 Hp.Demikian juga dengan torsinya. Sehingga perbandingan gearbox mengalami sedikit penyesuaian mengikuti tenaganya.
Geometri  suspensi Double Wishbone  khas accord juga mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan generasi prestige.
Membuat gerakan body lebih stabil. Body roll jauh berkurang. Gerakan body kesamping yang sangat terasa setelah melewati jalan bumpy yang dirasakan pada generasi prestige ( kelemahan accord prestige ) sudah tidak muncul pada generasi Maestro.
Tenaga yang besar , mesin yang sangat durable , kenyamanan suspensi   menjadikan maestro menjadi salah satu accord yang nyaman dan paling banyak dicari serta menjadikannya Japanesse car of the Year pada sekitar tahun 1990an.
Boleh dibilang maestro menjadi salah satu sedan midsize terbaik pada jamannya. Dibandingkan rivalnya yaitu  Toyota Corona , dan mitsubhisi Eterna.
exterior1

Keawetan mesinnya layak di acungi jempol. Demikian pula dengan performa akselerasi 0 s/d100km/jam yang ditempuh dalam hitungan dibawah 10 detik sangatlah baik pada saat itu. Bahkan performanya masih layak diperhitungkan dan diperbandingkan dengan mobil yang lebih baru , walaupun usia meastro saat ini memasuki hampir 20 tahun.

Pada usia 20 tahun dengan perawatan yang baik , pemilihan oli dan pemakaian coolant yang baik, membuat engine maestro masih baik dan halus tanpa membutuhkan overhaul.

Keawetan kaki kaki juga layak diacungi jempol. Mematahkan persepsi orang yang mengatakan bahwa kaki2 system double wishbone lemah.

Seperti halnya Honda accord maestro 1993   sebagai kuda tempur sehari hari  milik penulis , sampai saat ini masih baik. Per dan shockbrakernyapun masih orisinil belum pernah diganti dari baru. Seluruh balloint bagian belakangpun masih orisinil. Sementara balljoint depan sudah mengalami penggantian, Boleh dibilang kaki2 accord lebih baik dibandingkan kaki2 civic.

Kelemahan maestro adalah berada di body , terutama di sekitar karet2 list kaca yang rentan berkarat.

exterior2

Foto: Honda Accord Maestro Produksi : Desember 1993. Telah Berusia Hampir 19 Tahun.Kondisi Mesin Original Belum Pernah turun Mesin. Akan terus mengarungi jalanan macet perkotaan , entah sampai berapa jauh lagi.

 

Material dasboard adalah salah satu yang terbaik. Tak lekang dimakan panas matahari yang terik. Seperti terlihat pada foto berikut:

dasbord

Pada tahun 1992 dan 1993 AC sudah elektrik dan memakai sensor climate zone otomatis. Kaca sipon sudah elektrik bisa dilipat dari dalam. Demikian juga adjustment Height  kursi supir sudah memakai motor elektrik.

Bahan pembungkus jok juga salah satu yang terbaik. kain Jok tidak rusak atau berubah warna walau telah berusia hampir  20 tahun.

Disamping Banyak kelebihan yang dimilikinya  seperti atikel sebelumnya , Honda Accord Maestro juga memiliki kelemahan yang menjadikan poin bagi kita dalam meminangnya. Yaitu sebagai berikut :

Karat di list kaca belakang dan depan.

list kaca 1

Pastikan karat yang timbul tdak terlalu parah. karena menyebabkan air hujan masuk kedalam mobil. Ditandai dengan plafont yang kusam karena air hujan yang merembes.

atap dalam

Retak di bingkai / dudukan Tape.

Penggantian tape yang kurang hati2 biasanya menyebabkan patahnya bingkai seperti terlihat dalam foto diatas.

Handle Pintu Bagian Dalam Yang rusak

gagang pintu dalam

Disebabkan kesalahan saat membukanya saat reparasi atau membuka door trim.

Cara membukanya adalah membuka satu baut diatas menggunakan obeng plus.

lalu mendorong Cover handle ke belakang sampai bunyi klik.

Bisa diganti dengan harga sekitar Rp 50.000,- sampai Rp 70.000 saja.

Pastikan Knalpot Kering , tidak Ada Oli basah.

knalpot

Tidak terlihat asap putih tipis yang keluar dari Knalpot yang menandakan ada kerusakan di piston , di silinder atau di per pistonnya.

Lihat dengan seksama kondisi oli

oli

Oli yang dipakai penulis adalah Oli Semi Synth 10w40 SL. Diganti tiap 5000 Km. Perhatikan kondisi oli seperti foto diatas saat km hampir menyentuh 4000km.

Oli coklat( Bukan Hitam ) tidak terlalu encer atau teralu kental karena oksidasi.

Kuantitas oli juga masih normal dalam arti hampir mendekati batas maksimal deep stick.

Saat km hampir menyentuh 4000 km , lumrah ada sedikit pengurangan kuantitas oli , yaitu sekitar 100 cc. Dikarenakankarena sifat oli semi synth 10w40 yang relatf mudah menguap dibandingkan yang full minyak bumi.

Perhatikan Kondisi Coolant/ Radiator.

radiator

Hal ini adalah mutlak / wajib. Untuk mobil yang sudah tua , jangan sekali2 memilih mobil yang memakai air biasa. Karena biasanya kondisi Head silinder saat menyentuh diatas 250.000 km sudah korosif termakan air. Lama lama kompresi pembakaran engine  bocor dan head silinder harus di bubut. Demikian juga dengan pipa2 di water jacket engine dan pipa pippa throtle body biasanya sudah patah kemakan korosi.

Pastikan selalu sejak baru mobil honda anda memakai cooant yang sesuai.

kalau menemui calon mobil yang akan anda beli memiliki radiator yang jorok dan airnya berkarat , segera urungkan niat anda. Carilah mobi yang lain.

reservoir copy

Foto yang memperihatkan level coolant yang masih di batas maksimal walau sudah berjalan selama 1 bulan dengan jarak tempuh hampir 2000km di kondisi dalamkota yang padat dan panas.  tanpa menambah coolant.

System pendingin yang normal dan tidak terjadi kebocoran membuat coolant sangat awet. Cukup mengecek level air 1 bulan sekali cukup. Tidak perlu tiap hari menambah coolant.

Hal tersebut hampir mustahil ditemui pada mobil yang tidak memakai coolant.

Perhatikan Kondisi kaki2

Lihat karet2 Boot Balljoit. Masihbagus dan tidak bocor. Demikianjuga dengan Boot Kokel depan , boot power steering pastikan masih bak dan tidak robek

Kondisi karet2 Di Arm atas depan. ( Lihat juga karet di balljoint bagian bawah)

.

Kondisi karet2 Di Arm atas Belakang  ( Lihat juga karet di balljoint bagian bawah)

suspensi belakang

Pastikan tidak ada bunyi2 aneh saat berjalan ataumelewati jalanan yang rusak.

Pastikan Per standar , bukan bekas anak muda yang ugal ugalan dengan memotong dan menggunakan pelg diluar standar.

Kalau menemukan bekas anak muda yang suka modifikasi seperti itu , lupakan dan cari yang lain.

Perhatikan Kondisi Mesin.

Mesin yang kering. Orisinil tidak terlalu banyak kabel2 tambahan atau kabel2 modifikasi / jumper/ akal-akalan.

Untuk Olie , jangan menggunakan API SM. karena oli dengan API SM itu digunakan untuk mobil baru yang menggunakan Roller Rocker Arm dan catalytic converter . Untuk mobil yang masih menggunakan Tapped rocker arm , semestinya penggunaan  Oli api sm dihindari.

Standarisasi spesifikasi API SM , mengharuskan mengurangi sedikit kandungan  ZDDP (zinc dialkyldithiophosphate) untuk menekan emisi tinggi di exhausnya yang  akan mempersingkat umur CC. Padahal kandungan ZDDP tersebut sangat berguna untuk mningkatkan life time dari rocker arm dan camshaft . Dimana ZDDP coat , akan mengurangi wearing/ keausan dari Cam

gambar roller rocker arm:

Dengarkan suara mesin yang halus

.engine-bay

Perhatikan Kondisi  Panel2 Ac elektrik. Biasanya diakali menggunakan termostat imitasi system putaran ( tidak elektrik) oleh teknisi bengkel yang tidak telaten. Kerja tiap tombol elektronik harus baik.

list tape 1

Carilah mobil dengan interior yang bersih , orisinil tidak banyak modifikasi yang merusak.

About these ads
By dinolowrider

93 comments on “Tips Membeli / Memilih Honda Accord Maestro

  1. Ilmunya sangat bermanfaat. thanks guru..
    saya ini masih planga plongo ama mesin mobil.. baru punya mobil dan dapet AM’93 matic.yah nama nya ga tau apa apa, dapet mobilnya ya langsung aja… yang penting waktu itu body mulus,Interior mulus original, suara mesin masih bagus, ga bunyi aneh, mohon kl boleh saya di ajari mengenai mesin. part nya dan fungsi2nya.. biar ga planga plongo lagi ni guru… asli buta deh.

  2. “Untuk Olie , jangan menggunakan API SM. karena oli dengan API SM itu digunakan untuk mobil baru yang menggunakan Roller Rocker Arm dan catalytic converter . Untuk mobil yang masih menggunakan Tapped rocker arm , semestinya penggunaan Oli api sm dihindari.”

    boss ada rekomendasi OLI ga boss, aku ga mudeng beginian, hehehe selama ini pake shell yang kuning

    • Yup Bener. Pada awal munculnya generasi oli API SM , ane memang sempat menggunakannya beberapa kali. Tapi setelah browsing mengenai oli tersebut , saya menggunakan API SL kembali. Thanks.

  3. Tidak normal . sudah saya jawab di page atas “Cara Mudah Trouble Shooting Honda Accord Maestro Dan Cara memperbaikinya Sendiri bagi Pemula Bagian 3. “Bisa di review. thanks…

  4. Dear Bro Dino
    makasih banyak pencerahan ilmunya disini bagi newbie2 seperti saya , hehehe
    btw utk mencegah list kaca karatan gimana ya bro, sebab lama2 AM juga semakin tua, dan timbul karat , meskipun saat ini AM 90 saya masih belum ada tanda2 kebocoran di list kaca depan dan belakang
    makasih banyak sebelumnya buat pencerahannya
    Brgds,
    Budi

    • Cara terbaik menghindari karat untuk mobil tua adalah :

      1.adalah menghindari logam terkena air dan udara. Misal menggunaakan jasa anti karat semacam tuffkote dinol dll. kalau karat sudah terlanjur terjadi , coba bersihkan karat tersebut. kerok sampai terlihat besinya berwarna putih. Beri cairan NOVEROX , adalah cairan yang membuat lapisan oksidasi sehingga besi tidak langsung terkena udara atau air.
      Saat cairan mengering , biasanya besi menjadi berwarna hitam. Tandanya besi sudah terapisi. Noverox bisa dibeli di ace hardware dll.

      Selanjutnya semprot tipis2 memakai cat misal pilox.

      Kalau ane sendiri , menutup semua list karet sehingga air sama sekali tidak masuk kedalam talang. Memang kelihatannya kurang rapi. tapi yang penting kegunaannya. Misal menggunakan waterproff atau no-drop.

      2. cuci mobil hanya dipagi hari , jangan waktu sore hari , untuk menghindari air masuk kesela2 karet menimbulkan lembab dan mempercepat karat di malam hari.

      3. jangan parkir mobil diluar , tapi dalam garasi hehehe…

  5. FC maestro 2000cc antara 1:6,5 s/d 1:7 dalam kota. Luar kota antara 1:10 s/d 1:12.

    Untuk 1600cc adalah accord executive tahun 82 dan 83 atau tahun sebelumnya , tentu lebih irit karena cc lebih kecil dong.

    • Berembun bisa terjadi karena ada air yg masuk.
      Biasanya dari:
      1. Sela2 mika lampu belakang
      2. Karet seal antara lampu dengan body.

      Biasanya air masuk melalui point no 2.

      Saya sendiri pernah mengalaminya. Penyelesaiannya : beri sealer yang cukup sehingga menutup kebocoran.
      Buka karet seal. Beri auto sealer di sisi2 plastik yang menempel pada karet.
      Beri juga auto sealer pada karet yg menempel pada body. Tebal sehingga tidakmemungkinkan kembali terjadi kebocoran.

      Tunggu sampai kering.
      Lalu pasang kembali.

  6. Bos mohon pencerahannya dong…
    AM saya lampu indikator brake lamp dan indikator rem tangan “(P)” gak mau mati alias nyala terus meski handle rem tangan udah turun tapi kadang mati dengan sendirinya itupun gak lama kemudian nyala lagi.. sy cek switch handle rem tangan bagus, minyak rem penuh, lampu rem belakang normal.. kira2 permasalahannya dimana ya??

    • Sama persis kondisi tersebut pada AM 93 saya. Lampu indikator Handbrake “P” dan indikator lampu Rem belakang yang ada di Dashboard menyala padahal Handbrake sudah dilepas Roda/mobil bisa jalan dan lampu rem belakang mati.
      Mungkin ada solusinya?
      Tks

  7. Saya belum pernah mengalaminya.

    Lampu di dasboard tidak akan menyala apabila tidak ada tegangan listrik yg mengalir.

    Jadi satu2nya penyebab adalah switch handbrake. Mungkin lengket. Jadi saat hand brake di turunkan , switch tetap terkoneksi.

    Mengenai lampu indikator menyala. kerusakan ada di komponen sensor lampu rem belakang. Ada bentuk kotak berisi komponen. Lihat kabel satu persatu.
    Saya pernah mengalami ada kabel yang putus.

    Sehingga terdeteksi lampu belakang putus.
    Padahal kabel sensor tersebut yg putus. Bukan lampunya

    Kabel sensor tersebut menuju kutub lampu bagian samping ( bukan bagian bawah ). Jadi saya beri kabel tambahan menuju kutub lampu samping. Dan beres….

    • morning bro,
      Saya juga ada masalah di indikator handrem yang nyala terus. kata mekaniknya harus buka karpet untuk perbaiki kabel2nya, dan mekaniknya ga berani karena kesulitan ngembalikannya. nah kira2 kalo dibiarin aja kagak apa2 ya bro? trus bagi tips dong cara merawat AM91 karena jarang dipake nih, suami di luar kota. saya yang kagak tahu apa2 soal permobilan jadi kepikiran ni. oiya, satu lagi salah satu jendela AM91 saya kalo diturunin ga masalah, tapi kalo dinaikin ada bunyi det det det det gitu. kira2 kenapa and diapain ya bro??
      Termiakasih buwanyakkk atas bantuannya.

      • AM91 saya pernah begitu mba…itu ternyata disebabkan banyaknya korosi/seperti jamur diatas kepala accu/aki…coba dibersihkan dengan disiram air panas lalu pasang lagi…dan SUKSES….

  8. sorry gw mau nanya nich…. gw baru pegang maestro th 93… butuh infonya dong cara ngatasin kondisi karat yg ada pada list kaca belakang… dan mungkin yg punya info bengkel yg biasa atau bagus untuk nangani mastro dmn y ? info kalian bisa langsung kontak ke no gw di 08 9898 78910 atau 021 930 9797 2… thx y….

  9. Bro, tempat oli power stering ane bocor. Ada yg patah outputnya, dimana nih ane bisa dapat yg jual tempat oli pwr steering accord maestro 93 ane. Thanks b4

  10. permisi…ane numpang gabung mas dino….ane mo bli AM 93…udah cek ke TKP. tampak luar masih ok tapi ada karat di list bagian atap. cek kabin 80% ok tapi ada beberapa bercak di plafon mugkn krn list karat ya diatap (sesuai info mas dino). trus panel elektrik ac mati tapi AC masih bisa fungsi dengan knop manual (diputar) bingkai radio tape ada yg retak dikit. RPM aga turun saat AC nyala tp ga banyak. elektrik miror mati sebelah kiri. nah menurut mas dino apakah masalah td masih bisa di repair? apakah harga yg ditawarkan 46 jt masih masuk ataw ketinggian. mohon pencerahannya mas dino makasih maaf banyak tanya nih maklum newbie :)

    coba cari option lain… secara umum bisa di repair. tapi agak mahal dan menyita waktu… coba cari pembanding agar lebih puas.

  11. salam kenal dari saya mas, sangat berguna banget nih info kayak gini..oh iya mas, saya pengin beli honda AM 90, tetapi ada yang saya sukai (mungkin karena saya baru apa yah…) di bagian mesin terdengar suaranya agak besar kalau di nyalakan mesinnya, apakah ciri honda AM 90 seperti itu ya mas..mohon diberi masukkan juga bagaimana tips memilih honda AM 90 dari segi mondisi mesin nya..thanks banget mas..
    yudhi_jatim

    • mesin honda memang agak kasar. tapi untuk meyakinkannya , coba cari perbandingan dgn honda yg berodometer rendah atau usia muda dan diyakini bermesin bagus, misal cielo. kalau suara kasar hanya gemericik saja , itu lumrah suara valvenya tapi coba dengarkan pada saat iddle. kalau ada suara tok2 yang keras , atau saat di gas mendadak ada getaran keras , urungkan niat anda membelinya.. kerusakan bisa pada knocken as atau as kruk…

      Mobil yang bermasalah di mesin pasti meninggalkan jejak yang kelihatan misal knalpotnya basah oli , tenaga loyo dibandingkan kondisi normalnya.coba test drive aja.

  12. Salam kenal mas, mau tanya nih, soalnya baru dapat maestro 90. kalau sebelumnya air radiator pakai air biasa, apakah bisa diganti dengan coolant. trima kasih

  13. Maestro saya thn 92 injection,,,rpm ndak bisa stabil,saya tinggal di semarang>>>mohon info bengkel specialis maestro yg ada di semarang ?mksh sebelumnya

  14. Tks atas info nya mas bro , saya kebetulan lg nyari maestro. , tapi saya dapet info dari temen bahwa maestro itu rentan rewel mesin nya. Apa itu benar mas ?

  15. Semoga ada waktu yach pak, saya baru beli honda maestro tahun 1990, sdh PGMF1 dan roda belakang sedikit bisa belok ikutin arah dari roda depan tp sedikit, bagaimana kah perawatannya dan kenapa oli power stering cepat habis trims pak semoga ada waktu untuk bapak

  16. Pingback: Cara Membuat Honda Maestro Irit Bahan Bakar | X Power Ionizer Post

  17. Pingback: Perbandingan Accord Maestro Dan Grand Civic | X Power Ionizer Post

  18. Pingback: Apa Kelebihan Honda Civic Maestro | X Power Ionizer Post

  19. Pingback: Perbandingan Accord 1992 Dengan Corona | X Power Ionizer Post

  20. ane pingin beli Maestro gan dana cuman ada 42 juta dapet gak y? kira2 kalau dapat, maestro tahun berapa? sebenarnya panjang body maestro berapa meter y, soalnya garasi di rumah tidak begitu besar. untuk BBM nya berapa km per liternya? mungkin itu saja yang mau saya tanyakan. Thanks gan.

  21. Pingback: Cara Membuat Honda Maestro Irit Bahan Bakar | Alat Penghemat BBM

  22. Pingback: Kelemahan Maestro | Alat Penghemat BBM

  23. Pingback: Perbandingan Honda Maestro Matic Dan Honda Maestro Manual | Alat Penghemat BBM

  24. Pingback: Perbandingan Bbm Honda Maestro Ijenction Vs Honda Cielo | Alat Penghemat BBM

  25. Pingback: Perbedaan Honda Accord Prestige Dan Honda Accord Maestro | Alat Penghemat BBM

  26. Pingback: Perbandingan Accord 1992 Dengan Corona | Alat Penghemat BBM

  27. Pingback: Honda Accord Maestro Modifikasi | Penghemat Bahan Bakar Mobil | Penghemat Motor Matic Post

  28. salam kenal om, saya panya AM 93, yang ingin saya tanyakann gimana cara mengganti oli pawer stering, mohon pencerahannya, makasi

    • DIY :
      Versi rumitnya:

      Sebelum menguras matikan mesin terlebih dahulu,lalu buang sebagian olinya dengan menggunakan selang

      Buka selang balik yang berasal dari sistem hidrolik ke tabung. Selang ini dialiri oli bertekanan rendah, biasanya hanya diikat menggunakan klem.

      Buka slang balik menggunakan tang, pada model tertentu, klemnya dibuka menggunakan obeng.

      Tutup saluran masuk dari saluran balik pada tabung. Bisa juga disumbat menggunakan plastik yang diikat.

      Slang yang terbuka dimasukkan ke botol sebagai penampung oli yang keluar.

      Pengurasan harus dibarengi pengisian oli yang baru. Tujuannya agar tidak ada gelembung udara pada saluran olinya.

      Agar oli bisa bersirkulasi, mesin perlu dihidupkan saat mengisi.

      Tuangi terus sambil melihat oli yang keluar dari slang balik.

      Jika oli baru yang dituang habis, segera matikan mesin.

      Hidupkan mesin ketika menuang oli baru berikutnya. Biasanya perlu 2 liter oli atau lebih.

      Bila oli yang keluar dari slang balik sudah jernih, matikan mesin.

      Pasang kembali slang balik pada salurannya.

      Setelah selesai, bersihkan segera bekas-bekas tumpahan oli dengan air dan detergen.

      Perlu dua orang untuk melakukan pekerjaan ini, satu orang menuang oli baru dan melihat yang keluar dari slang balik, seorang lagi menghidupkan dan mematikan mesin. ane copas.

      versi mudah.
      Buka selang di reservoir power steering.
      Nyalakan mesin sebentar , mungkin 20 detik.
      Tampung oli agar tidak kececeran.
      matikan mesin.
      Pasang selang
      Isi oli sampai penuh.
      hidupkan mesin.
      Tambah oli kembali.

  29. Pingback: accord maestro boros | Capture and Freeze

  30. Ulasannya sangat menarik,,
    Terima kasih atas share ilmunya,,
    Saya dan istri berencana membeli AM 93

    Salam,
    Nugroho SA

  31. Power sterring saya geser 4 cm sampe, hingga putra kanan terasa pendek/dekat dibandingkan ke kiri. setelah di bengkelin malah posisi stir mobil nya malah tidak stabil pada posisi normal, malah miring ke atas kanan. Mungkin ada yg bisa memberikan solusinya agar bisa stabil dan muantaaaap lagi. tks

  32. Pingback: konsumsi bahan bakar honda maestro 1992 | XPower Penghemat BBM

  33. saya baru saja beli AM-90, dan sekarang masuk ke bengkel buat benerin Hand-brake tetapi bengkel gak bisa dgn alasan,.. harus banyak seal2 yang diganti, dan part itu dah gak ada. aduh sedih aku… pakai mobil tanpa rem tangan.

    posisi di salatiga.

  34. Mas, gimana membedakan matic asli dan pasangan pada Honda Maestro. Critanya pengin beli maestro matic yg th 93 nih.. hehe
    thanks mas

  35. Misi Gan, baru gabung…
    saya mau minang AM nih, tapi pingin yang udah sistem injeksi / PGM-FI, saya mau tanya nih gan :
    1. dengan umur sudah 20 tahun, sistem injeksinya apakah masih bisa awet & bagaimana perawatannya, apakah sulit & mahal ?
    2. konsumsi BB AM yang sudah injeksi berapa ya Gan ?
    mohon pencerahan para master AM….thanks b4

  36. om aku baru beli maestro AM th 92 kalau aku nyalain ac ama dvd ketika jalan, terus berhenti tiba2 RPM nya turun dan mesinya mati..apa penyebabnya ya?terima kasih

  37. salam kenal Mas.., saya punya maestro th 92 PGMFI saya sedang ada masalah check engine sensor nyala pada saat jalanan agak turun, biasanya saya berhenti dulu, matikan mesin dan nyalakan lagi. mohon info penyebabnya apa ya Mas..? tq v much Mas…

  38. salam salute buat si boss yg udah ngasih infonya.. saya punya AM 92, mo tanya tentang speed sensor yg ke power stering katanya bocor kalo ganti brapa harganya, trus shock breaker belakang jg brapa harganya siapa tau si boss tau.. thank b4

  39. Mas cari seal power steering maestro 4ws ko susah yah,,posisiku dibandung,,bocornya udh lumayan parah,,mungkin punya solusi dimohon pencerahannya,,tks

    • salm kenal gan,.. mobil ku AM 92..kendala di AC , gak mau dingin,. sementra angin nya mau keluar,. freon juga masih,.. minta inputnya gan,.apa nya ya itu,. thanks gan,.

    • sedikit pengalaman ane gan..kalau di AM91 ane kalo dinyalain ac plus lampu dpan kjadian bgitu gan…setelah ganti dinamo ampere ‘n accu masalah seperti itu terselesaikan..untuk temperatur jarum temperatur stengah itu masih normal gan…

  40. Saya berminat membeli Mobil ini , tolong sarannya lebih baik pake yang mana Matic ata Manual .. di list juga Kelemahan dan kelebihan dari Manual dan matic untuk honda Maestro ini .. ??

    Terima Kasih

  41. Om Dino,,,,Help me… mobil ku Honda AM ’90. kemarin lancar2 aja nih jagoan. eh tadi malem,,,mw pulang ke rumah sampe tengah jalan,,,saya nge-rem,,,injak kopling,,,lepas gas,,,tiba2 mesin mati. saya coba starter lagi,,,,ada bunyi di bawah kyk “sssss,,,,sssssss,,,sss” suaranya kyk ban bocor gitu agak keras. setelah saya cek,,buka kap mesin,,aman2 saja. lalu saya tengok bwh mobil aman2 saja. saya coba lagi starter mobil,,bisa sih di bwt jalan. tpi hrus jaga RPM di atas 1000. saya buat jalan aja,,eh skitar 300-500 meter,,saya rem lagi. injak kopling,,lepas gas. mati lagi. saya cek lagi di bagian bwh mobil. eh ternyata ada karet yg lepas. sobek. setelah saya cek di sini,,bentuk karetnya kyk karet kokel gtu. kata mekanik ku waktu ku telpon katanya “pasti ada karet yg lepas mas. di bagian mesin” kira2 kenapa yha? bales plizzz… kalo ga sempet bales dsni,,inbox e-mail aja evannielj@yahoo.co.id atau sms/telp 08978514809. terima kasih om..

  42. Sangat bermanfaat ƁŎŎڪڪ…. Ini artikel yg tepat saya baca karena saya baru mau meminang mobil midsize ini… ᵗʰᵃᶰᵏᵧₒᵤ ⌣̈ ({})

  43. Permisi..mau tanya nih untuk Maestro 91 ane Lampu Rem Tangannya di Dash Board menyala terus masalahnya kenapa ya ? ada yang tahu penjual Antenna belakang original Maestro ? Kalau ada kisaran harga berapa ya ? trims…

  44. saya mohon bantuan info mengenai Honda Accord Maestro 4 ws tahun 1991,
    kalau ada yang tau tempat jual karet karet schockbleker atrau karet kaki kaki ban belakang

    WIRA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s