Cara Mudah Trouble Shooting Honda Accord Maestro Dan Cara memperbaikinya Sendiri bagi Pemula Bagian 1

SYSTEM SUSPENSI
Masalah :
  • 1. Bunyi Berderit Pada Bagian Depan  saat melewati jalan bumpy atau polisi tidur.
  • 2. Bunyi Gluduk  di bagian depan saat Melewati Jalan tidak Rata dan Berbelok .
Penyebab:
  • 1.Berdasarkan Pengalaman penulis , penyebab yang paling sering terjadi untuk point 1 adalah :  Kerusakan pada Arm atas. Cara Memperbaikinya adalah dengan mengganti Part Tersebut. Caranya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Seperyi terlihat pada foto 2 , cukup dengan membuka baut nomor 1 , 2 , 3, 4 dan 5 . Baut nomor 1 dan 5 terlihat jelas saat kita membuka kap mesin. foto no 3

Estimasi Waktu yang dibutuhkan Untuk Perbaikan: 10 s/d 30 Menit.

Estimasi Biaya :  Part KW : sekitar Rp 275.000,- Part Merek Chiban atau 555. Orisinil sekitar Rp 500.000-

Derajat / Tingkat Kesulitan : Ringan / Pemula.

SUSPENSI DEPAN ( Arm Atas )

arm atas
arm depan
suspensi tampak atas
Suspensi Belakang ( Arm Atas)
Sama seperti halnya suspensi depan. Arm atas bagian belakang juga bisa menyebabkan gejala yang sama yaitu bunyi bunyi gluduk pada bagian belakang. Cara melepas arm adalah dengan melepas baut no 1 , 2 dan 3. Cukup mudah dan bisa dilakukan sensiri di rumah.
suspensi belakang
 Ball Joint Bawah Suspensi Depan ( no Photos )
Kerusakan pada bagian ini pada kondisi yang tidak terlalu parah menyebabkan bunyi seperti logam bergesek ( Berdecit ) saat mobil di belokkan ke kanan atau ke kiri. Hal ini lebih jarang terjadi dibandingkan dengan suspensi bagian atas. Berdasarkan pengalaman penulis , menginjak usia 18 Tahun , kondisi balljoint bagian bawah ini masih cukup baik dan tidak perlu diganti.
Pada kondisi yang lebih parah , kerusakan balljoint pada bagian bawah menyebabkan bunyi gluduk saat melewati jalan yang rusak , pengendalian mobil kurang presisi dan tidak bisa di spooring.
 Ball Joint Bawah Suspensi Belakang ( no Photos ).
 Kerusakan balljoint pada bagian bawah menyebabkan bunyi gluduk saat melewati jalan yang rusak.
Tingkat kesulitan Memperbaikinya : Medium / Intermediete.
Cara memperbaiki kerusakan balljoint bagian bawah baik di suspensi depan atau belakang lebih sulit daripada balljoint/ arm  bagian atas karena lebih banyak baut dan part lain yang harus dibuka. Oleh karenanya tidak dijelaskan dalam topik ini.
Rekomendasi Harga Pahe.
Memakai Part KW semisal merk 555 ,atau Chiban , usia pakai kondisi jalan normal sekitar 3 s/d 5 tahun. Dengan syarat selalu kita check pelumasan balljoint dan karet/ Boot Balljoint  tidak getas/jebol. Harga Boot Rp 5000,-
MAIN RELAY
Masalah:
Kadang Kadang Mobil susah di starter dan menyebabkan bau gas yang pedih di knalpot. Perlu sampai 20 kali starter baru hidup atau tidak sama sekali . Saat di Check tidak ada bensin yang keluar melalui injector ( menyebabkan Fuel Pump Mati ).
Kerusakan main relay ini bisa terjadi pada semua varian Honda , bukan hanya Accord. Biasa ditemui pada Maestro , Genio dan Ciello ( yang sudah cukup berumur ).
Penyebab:
Solderan pada sirkuit main relay Retak.
Estimasi Waktu yang dibutuhkan Untuk Perbaikan: 10 s/d 30 Menit.
Estimasi Biaya : Rp 5000,- ( membeli tinol / timah solder )
Derajat / tingkat kesulitan : Ringan / Pemula
main  relay
Letak Main Relai ini adalah persis di atas kaki Pengemudi ( Di dalam dasboard )
Cara Kerja relai adalah , saat posisi kontak On , relay bekerja sekitar 5 detik membuat fuel pump bekerja mensuplay bensin menuju injector. Sesaat kemudian itu relay mati ( diskonek ).
Saat Posisi kontak  – Starter , relay kembali on dan mengalirkan listrik agar fuel pump kembali  bekerja.
Guna relay ini adalah memastikan pasokan bensin tercukupi saat akan starter dan ari segi keamanan , agar saat posisi kontak ON , bensin tidak selalu mengalir menuju injector. Jadi bensin hanya mengalir saat mesin sudah running saja.
Banyak teknisi pemula yang salah faham atas masalah ini. Rata rata mereka mengira kerusakan terjadi karena fuel pump mati/ rusak.
Cara memperbaikinya adalah dengan membuka soket relay , dan menyolder kembali / menebali jalur jalur  sirkuitnya dengan timah. Usia pakai setelah repair hampir Life Time karena solderan jauh lebih kuat dan tidak akan menimbulkan retak kembali.
FUEL PUMP
Kerusakan Fuel Pump terjadi saat mobil  menginjak usia 17 Tahun:
fuel pump
Tingkat kesulitan  medium
Lama pengerjaan 2 s/d 4 jam tergantung keahlian.
Harga Nippondenso  rp 450.000,- s/d rp 500.000,-
Tidak dijabarkan dalam topik ini karea harus membuka banyak pipa karet fuell dan tangki bensin.
KOKEL LUAR.
ciri kerusakan kokel luar , saat mobil berbelok bunyi tek2.
Penyebab , boot kokel sobek sehingga grease keluar dan tidak melumasi kokel.
KOKEL DALAM.
Ciri kerusakan saat ada hentakan misal posisi gigi 1 dan 2 ada suara tek di bagian transmisi.
Ciri kerusakan yang lain adalah saat mobil berakselerasi keras yang mengayun , maka ada getaran hebat seolah dari mesin sampai terasa ke body. Goyangan ane analogikan seperti kondsi ban yang kembung dipakai untuk kecepatan tinggi.
STATIONER / IDDLE NAIK TURUN SAAT PAGI HARI. Dan normal saat temperatur mesin sudah panas.
Kerusakan terjadi pada komponen EACV seperti terlihat pada panah nomor 2.
Tidak mempengaruhi performa engine  secara keseluruhan.
throtel
Masalah Indicator Brake Lamp Menyala.
Hal ini seringkali terjadi.

sensor lampu belakang accord maestro

sensor lampu belakang accord maestro

Pada foto terlihat kotak berwarna coklat ( ditandai dengan panah ).
Kotak itu berisi komponen yang akan mengalirkan arus ke indicator brake lamp saat lampu putus.
Mengenai permasalahan indicator meyala walaupun lampu rem tidak putus itu bisa terjadi karena :
1. kabel dari sensor yang menuju ke lampu rem putus
2. koneksi kabel kurang baik. bisa terjadi karena mungkin terkena air sehingga mengakibatkan karat pada soket2nya.
Pada foto juga terlihat , saya membuat kabel tambahan berwarna coklat , yang terkoneksi pada fiting lampu rem. Tujuannya adalah memperbaiki / membypass koneksi dari sensor. Sehingga sensor membaca lampu rem tidak putus.
Cara membuka termostat cooling system engine.
termostat coolant accord maestro

termostat coolant accord maestro

 

Banyak pertanyaan yang menanyakan bagaimana cara mengecek atau melepas termostat.

Pada foto terlihat letak termostat. Cara membukanya adalah , terlebih dahulu buka baut no 1, 2 dan 3.

Buka housing aluminium , dimana termostat berada.

Lepas termostat. Beri sealer yang banyak agar tidak terjadi kebocoran.

Pasang kembali housing tersebut.

Pasang kembali baut no 1 , 2 dan 3.

About these ads
By dinolowrider

119 comments on “Cara Mudah Trouble Shooting Honda Accord Maestro Dan Cara memperbaikinya Sendiri bagi Pemula Bagian 1

  1. Artikel ini sangat membantu, kalau boleh…bisa gak minta nomor telepon untuk share soal Maestro. soalnya saya baru punya dan sangat dipusingkan dengan beberapa persoalan mesin yang ga beres-beres. trims. ____ Imran, 08174930763.

      • gan,,,,,mau tanya ni….saya punya acord cielo 97….mobil ditangan saya sdh 4 tahun…tp baru2 ini…ketika mobil menikung dengan kecepatan tinggi dan ketemu jalan rusak……stir langsung liar…stir mobil goyang kiri kanan ,saat kecepatan lambat…stir mobil tambah parah goyang kiri kanan..seakan2 ban mobil mau lepas…..boleh tanya penyebab nya apa itu ya gan…ty…kejadian ini tidak setiap perjalanan…tp tiba2 muncul…jadi g berani bawa jarak jauh..maklum gan…mau nanya..cos kita didaerah.

  2. Met siang Gan…mau tanya bagaimana cara meluruskan derajat chamber roda depan maestro 93 agar tidak botak bagian dalamnya ya ?

    Trims sebelumnya

    Salam

  3. Mengenai kasus botak bagian dalam , itu bukan hanya penyakit maestro. Tetapi menjadi penyakit semua mobil yang memakai system suspensi double wishbone dan Front Wheel Steering. Penyebabnya adalah karena system double wishbone , membuat gerakan roda tegak lurus terhadap jalan , tetapi membuat roda sedikit bergeser kedalam. Jadi ada gerakan roda sedikit masuk ke dalam saat roda bergerak keatas.

    Apalagi ditambah oleh berputarnya roda karena putaran dari engine. ( FWD ).
    Biasanya gesekan yang lebih besar terjadi di telapak roda bagian dalam.

    Cara meluruskan chamber adalah dengan cara di spooring. Pada spooring system digital , terlihat berapa derajat sudut yang terjadi. Diusahakan mendekati NOL Derajat. Artinya roda benar2 tegak lurus terhadap jalan.

    Hal ini tidak berarti menghilangkan ausnya roda bagian dalam. Tetapi jauh mengurangi keausan tersebut.

    Tiap 6 bulan sekali , coba adakan rotasi antara roda depan dan belakang. Antara roda kiri dan kanan. Hal ini untuk mengurangi dampak keausan yang terjadi.

    Pada system suspensi yang rigid , misal torsion beam , atau rigid axle , keausan roda yang terjadi rata antara dalam dan luar.

  4. wah makasih banget atas informasinya agan Dino…, saya akan coba untuk spooring kedua roda depan tsb

    Salam Maestro lover

  5. O iya Gan mau nanya kira2 ada rekomen bengkel AC atau tukang elektronik dijakarta yang bisa memperbaiki jalur kabel flexible tombol manual panel AC automatic honda maestro ’93 nggak ya ?

    Trims

    Regards,
    Fery

  6. Pa Dino mau nanya nih saya ada punya Honda accord maestro1993,kerusakan merembet terus.dinamo isi nga mau isi dengan sempurna oleh kiprok di dinamo bukan aslinya apa harus yg asli trus dimana mencarinya,maknet ac apa harus ory oleh kompresornya masih baik merek denso trus gas ga normal bila ac hidup kadang2 bisa mati mesin,trus ada bunyi kaya bunyi tikus krekot2 klo di belokan sama kena jalan ga rata di goyang banya ga kocak waktu di dongrak.

  7. Dinamo nggak ngisi berarti ada kerusakan. Sampai saat ini saya masih belum mengalaminya.
    Jalan keluarnya:
    Untuk awal2 coba servis terlebih dahulu dinamo ampere tersebut . Kalau ternyata tidak bisa menyelesaikan masalah , coba ganti dengan dinamo ampere refurbish. mintalah garansi.

    Soalnya dinamo ampere berperan vital terhadap kelistrikan terutama usia aki.

    Untuk magnet AC maestro jarang rusak. sampai saat ii saya tidak pernah mengganti magnet AC. biasanya satu paket dengan pembelian komprsor. Saya kurang tahu untuk magnet AC orisinil ada atau nggak yang jual. karena saya belum pernahmembeli.

    Mati mesin saat AC hidup , coba cek setingan EACV dan. Setelan idle rpm yang terlalu rendah juga menyebabkan mesin mudah mati.
    Setingan CO , pengapian dan celah valve mesin yang salah biasanya menyebabkan langsamnya mesin kurang halus dan rentan mati saat ada beban.

    Bunyi kreot2 ( bukan bunyi tek tek tek ) , adalah bunyi karet as arm atas. Biasanya karetnya getas atau retak sehingga as armnya goyang/kocak.
    Ganti asnya saja atau ganti arm atas satu unit.

  8. sy punya AM taun 90 om. asap knalpot baunya aga menyengat & perih di mata. sdh ditune up, beberapa x stel klep&karbu tp bnrnya cm sebntar,ksananya krasa lg. sy coba cek main relay tp kliatannya msh bgs,jalurnya msh mulus,tp ditutupnya memang ada sedikit jelaga hitam ky bekas kpanasan.sbg info tambahan,setiap mau dihidupin pagi hari umumnya perlu 2x starter,kadang 3x starter br nyala.kira2 apanya ya om yg hrs diperbaiki?apa hrs overhaul karbu? mohon informasinya.trm ksh.

  9. dengan asumsi kondisi mesin baik , tidak terjadi kebocoran kompresi yang parah akibat overheat atau habis oli ya…

    Coba tune up yang bener.
    Tidak semua bengkel mobil mentune up secara benar.
    Terutama celah kelpnya.
    Mereka biasanya menyetel pake feeling atau menyamakan dengan mobil2 lainnya. yang penting halus suaranya alias clearance valvenya terlalu sempit.
    Tidak semua bengkel memiliki manual book seervice asli accord maestro.

    Efeknya start susah di pagi hari. Susah starter kebanyakan disebabkan oleh celah valve yang tidak sesuai standart.

    Cek juga pengapianya. Stel secara benar maju/mundurnya pengapian sesuai artikel saya. Pengapian yang terlalu mundur juga menyebabkan susah starter di pagi hari. terlalu maju menyebabkan ngelitik dan tenaga kurang. Stel sesuai limit alias maju maksimal tetapi tidak ada knocking.

    Dengan asumsi apinya bagus dan tidak ada masalah di busi , kabel busi dan distributornya.

    Terakhir bersihkan karburator. Knalpot yang hitam menandakan campuran terlalu kaya. Stel sengan cara yang sudah saya paparkan di artikel ini. Rpm iddlenya juga jangan terlalu rendah. Stel standart.

    Terakhir cek kebocoran vacum2. mungkin membran yang sobek atau selang yang getas. Sori saya tidak tahu dimana saja letak vacum2 untuk maestro karbu. Antara lain misalnya iddle up ac memanfaatkan vacum.

  10. Pingback: Replicas de Relogios

  11. Permisi bos……mau tanya klo mau beli vacum delco maestro 91, ada rekomendasi toko. Onderdi di Jogya, thx infonya.

  12. Gan Maestro Saya 1994(Januari), suka ngegas-ngegas sendiri waktu berhenti, alias stasionernya naik – turun ampe 2000 rpm, meski mesin udah panas,…. apanya yg rusak ya gan? apa EACVnya? tapi kok kasusnya beda dg postingan sepertin yg sudah2 sebelumnya. Thx. Salam Pecinta Maestro.

  13. I’m not sure where you are getting your info, but good topic. I needs to spend some time learning more or understanding more. Thanks for wonderful information I was looking for this info for my mission.

  14. Please let me know if you’re looking for a article writer for your weblog. You have some really great articles and I feel I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d love to write some material for your blog in exchange for a link back to mine. Please shoot me an email if interested. Regards!

  15. I do agree with all the ideas you’ve presented in your post. They’re very convincing and will certainly work. Still, the posts are very short for beginners. Could you please extend them a little from next time? Thanks for the post.

  16. Hello there, just changed into alert to your blog thru Google, and found that it is really informative. I am gonna watch out for brussels. I’ll appreciate should you continue this in future. Numerous folks will likely be benefited from your writing. Cheers!

  17. Tepat saya saat ini comment genio ku macet. Kemungkinan pada main relay. Saat kontak on relay bekerja. Indikator mati setelah 5s. Pas starter ky na relay gak bekerja (tidak ada tanda waktu saya pegang). Berdoa mudah2an hanya socket yg kurang rekat. Bismillah… Nice article

    • Indator Rem nyala terus padahal semua lampu rem hidup? Sudah ganti Sensor indikator rem box coklat dan hitam, tapi indicator masih nyala saja?? Mau mem-Bypass?? Caranya mudah.
      1, Buka penutup lampu rem sebelah kanan (yang sensor indikator hitam)
      2. Cari kabel yang warna putih
      3. Gunting/Potong kabel warna putih yang dari box sensor yang menuju soket yang menempel di rumah lampu.
      4, Kemudian kabel putih dari soket yang menempel di rumah lampu disambung dengan kabel tambahan dan tempelkan ke Ground (-)
      5. Beres…Silakan ditest.
      Yang saya berhasil dengan cara tersebut,setelah mempelajari dari buku repair manual.
      Jika switch ketinggian minyak rem masih fungsi, coba deh di test dengan membuka tutup minyak rem (diangkat tutupnya). Maka indikator di dashboard akan nyala.

      Selamat mencoba..Do it with your own risk.

  18. mas dino>> aku mau tanya neh,, kadang mbilku klu dikontak,, check engine ga mau nyala,, sehingga tidak bisa distarter,, kira2 penyebabnya apa ya mas? thanks
    mas/…. okky di surabaya 08563342315

      • terimakasih atas petunjuknya mas dino
        sangat bermanfaaT SEKALI
        oh ya mas… mau nanya lagi neh… kakak saya punya peugeot 306 thun 97.. masalahnya setelah ganti oli perneling ternyata kabel switch extra fan kesenggol tukang yg ngisi oli tanpa sepengetahuan kakak saya,, akhirnya ditengah jalan mobil overheating karena fan ga nyala…setelah diperiksa dan kabel dipasang kembali dan air radiator diisi mesin mulai normal… anehnya setelah sampai rumah mesin dimatiin tapi dihidupkan kembali kok tidak mau nyala??? distarter bisa tapi ga mau hidup??? kira2 ada kesalahan apa ya mas??? apakah ada pengaruh dari overheating tadi??
        terimakasih akan waktu dan ilmunya mas dino… jaya selalu…

      • @ mas okky : permasalahan overheat peugeot 306

        kemungkinan ada 2 penyebab:
        1. Overheat menyebabkan head silinder melengkung dan terjadi kebocoran kompresi. Coba lihat air radiator. apakah berwarna coklat susu seperti bercampur oli. Kalau iya bisa dipastikan kerusakannya karena overheat . Saat mesin overheat , jangan mengisi radiator dengan air , karena perubahan suhu yang tiba2 akan merusak engine. Tunggu sampai kondisi mesin dingin sebelum mengisi air radiator.

        2. Saya kurang mengetahui ciri2 peugeot 306.Jawaban saya berikut adalah kemungkinan saja.
        Kalau memang tidak ada kerusakan head silinder seperti saya sebutkan sebelumnya , kemungkinan ECU melakukan protect . Saat ondisi overheat terjadi , untuk type2 mobil tertentu , ecu akan melakukan protect. Hal ini bisa dilihat melalui scanner engine , bisa dilakukan di bengkel resmi atau bengekel2 lain yang memiliki device tersebut.
        Akan terlihat kode2 error sensor yang terjadi dan terekam dalam ecu ( overheat ).
        Cukup di clear aja kode2 tersebut , maka mobil langsung bisa dinyalakan seperti semula.

  19. mas dino mu ikut nanay nih om,..saya ada masalah di ac maestro 92 ,… sebelumnya kalau ac di tekan otomatisnya angka menunjukan 25 derajat C ga ada masalah, ac langsung hidup,… tapi kemarin di tekan tobbol ac nya ga nyala sama sekali,… terus saya coba temperaturnya di turunin di 23 ac hidup lagi ,… kira-kira apanya ya om !

    • Ini adalah gejala awal kerusakan pada unit elektronik / digital AC maestro 92 dan 93. Kelamaan tombol manual speed blower ac ( low , middle , high )nya tidak berguna.

      Moga2 kerusakan tidak berkembang seperti saya sebutkan di atas. Sampai saat ini saya masih belum sempat memperbaiki tombol ac maestro saya yang rusak. Mungkin diantara sesama pengguna maestro ada yang memberi jawaban? saya persilahkan..

      • om dino,.. terimakasih masukannya,.. tapi waktu saya coba kembali,… suhu agak panas di luar , nyalain ac tekan tombol otomatis langsung nyala om meski anga di 25,… // apa ini pengaruh sensor suhu ruang juga ? mohon pencerahannya !
        atau ada pengalaman yang pengguna maestro sama dengan saya dan solusinya gimana ? terimakasih sebelumnya

      • Coba bantu sharing….kalau untuk digital ac thn 92/93 dicoba dulu switch manualnya, baik 1,2,3, dan 4, kalau pada posisi 4 hidup berarti masalah ada pada wirestand dimana posisinya tepat dibalik laci dashboard, tapi kalau tidak hidup sama sekali sampai posisi ac 4 berarti suspect adalah flexible pada panel digital ada yg putus….

  20. Mas Dino> Kalo speed meter tak berfungsi kenapa ye…ngak ada kabel speedo…pakai sensor ke mas? Mesin saya, speedo nya tak jalan.kira2 apa yang rosak ya mas….tq.

  21. lagi satu mas, mau nanyain…kalo pakai Natural Gas Vehicle (NGV), gemana prestasi enjinnya….sesuai ke untuk honda maestro ini, tq

  22. Mas dino, saya ada keluhan baru lagi, ada bunyi tek tek pada bagian atas mesin, Setelah browsing sana-sini penyebabnya adalah rocker arm yang aus. Kira-kira ada gak penyebab yang lain? Kalo memang karena rocker arm yg aus apa musti diganti? kalo bener harus diganti apa gak ngarus ke komponen lain maksudnya perlu penyetelan lagi gak utk komponen yg lain? trims

  23. Terlebih dahulu coba setel valvenya dgn seting standartnya . Mungkin terlalu besar celahnya.

    Keausan bisa terjadi pada rocker arm atau camshaftnya. ini adalah ciri2 pada kendaraan yang berjarak tempuh tinggi.

    Asal keausannya tidak parah dan menyebabkan penurunan performa yang besar , saya rasa tidak ada masalah. kalau memang ragu , bisa saja diganti. atau cek dahulu sebelumnya untuk memastikan.

    Dengan asumsi keausan tidak parah, Saya rasa pergantian rocker arm atau camshaft pada maestro …tidak menghasilkan peningkatan performa yang signifikan , hanya suara lebih halus saja.

  24. mas, kalo boleh tahu kenapa mau beli EACV? apa karena ada keluhan RPM tidak stabil pas pertama dipanasin? punya ane gitu juga ,tapi cuman sebentar

  25. Agan Dino dan agan2 yang laen juga mohon share nya dong, saya punya maestro 93 kalo lagi jalan pelan suka ngangguk2 tapi giliran balapan stabil, kira 2 kenapa y….. makasih sebelum ny…..

  26. Mas Dino Mohon bantuan dari permsalahan saya… lampu indokator aki Maestro’92 menyala terus meskipun kondisi aki masih baik, apakah ada hubungan dengan soket-soketnya? bagian mana yang harus saya cek?……….trima kasih

    • Ada vacum yang bocor. Atau Iddle up ac rusak. Coba dirunut dari karburator. Ada semacam mekanisme pelatuk yang menarik gagang karburator sehingga rpm naik. Mungkin ada kebocoran membran sehingga pelatuk tidak kesedot oleh hisapan mesin.

  27. met siang mas dino…
    mau tanya tentang sistem transmisi,, untuk mobil toyota twincam limiteds edition thun 90..
    kalau masuk gigi 4 selalu balik ke nol…
    saya tanya ke bengkel katanya harus turun transmisi.. prediksi awal adalah sinkromesnya yg aus…
    pertanyaanya adalah kira@ habis dana berapa ya mas untuk perbaikan transmisi dan onderdilnya

    • Waduh saya tidak negitu mengetahui berapa harga part twincam.
      Yang perlu diketahui bahwa sinchromesh itu ada banyak di tiap gigi. kalau permasalahannya ada di gigi ke 4 , moga2 hanya 1 gigi aja yng bermasalah.
      Harga sincromesh sendiri sebenarnya tidak terlalu mahal. Karena bentuknya sederhanya saja. Berbentuk ring berberigi.

      Saya pernah mengalami kerusakan sincromesh pada accord prestige 1986, dimana sekitar ada 3 gear sincromesh yang aus. Biaya bongkar plus part di bengkel resmi Honda saat itu sekitar 3 jutaan. Ciri kerusakannya adalah gigi 1 ke 2 dan seterusnya susah dimasukkan. kadang2 memang balik ke enol. Penyebabnya adalah karena kesalahan pemakaian oli additive bardahl yang kental yang dituangkan pada gearbox.

      Prediksi saya twincam memiliki harga part yang lebih murah. Estimasi saya mungkin maksimal 1,5 juta saja. MOga2 saja benar. hehehe

  28. Saya pamakai maestro 1992. Terimakasih gan Dino, blog anda sangat bermanfaat. Kalau rpm mesin suka nyangkut saat lepas gas dan juga rpm tdk stabil, apa EACV nya yg harus diganti?

    • Kita tidak bisa memastikan suspectnya adalah eacv. Ada banyak penyebab. terlebih dahulu coba di tune up. Cek kerenggangan valve , busi , serta pastikan tidak ada yang bermasalah di distributornya. Cek juga kabel busi. Bersihkan trothle body .Cek kebocoran vacum2. Eacv hanya berguna untuk menaikkan rpm saat ada beban ac atau peralatan lainnya. Sampai saat ini saya tidak menemui kerusakan eacv yang menyebabkan rpm tidak stabil secara permanent. Kecuali temporary saat pagi hari / warming.

      Mungkin ada rekan2 yang mempunyai masalah eacv sehingga menyebabkan rpm selalu tidak stabil? bisa di share di sini….

    • coba bantu jawab om dino, berdasarkan pengalaman rpm mesin nyangkut itu biasanya karena kelebihan supply udara, bisa karena bukaan baut idle di throttle terlalu besar atau ada kotoran kerak yang nyangkut di throttle valve, atau ada selang2 vakum yang bocor, coba tutup baut settingan idle di TB sampai mentok ( putar ke kanan searah jarum jam), nyalakan AC, terus putar baut segi lima yang ada di EACV sampai dapet rpm 800-850.

  29. Buat Maestro yg suka ngangguk2 pas rpm rendah mungkin krn macet atau bumpy itu ganti kopling aja 1 set, kmaren cielo sy ganti pake luk bagus di gigi 1 2 masih bisa dipanteng pas bumpy. Ganti engine mounting yg udah pecah mungkin ngaruh juga pas ac on. Itu semua juga saya ganti berdasarkan saran yg saya baca dr blog ini. Hasilnya mangstab hehehe. Yang belum hilang suara tek tek tek kalo jalan jelek di belakang kiri. Thanks pisan buat masbro Dino untuk sharing pengalamannya, cielo sy bisa dipake enak lagi.

  30. Saya punya pengalaman service AC di daerah penggilingan, cuman sekali sih, didaerah penggilingan jakarta timur. Baru dapet AM minggu kemarin langsung service AC karena pas dipake siang hari suhu masih hot. Ternyata si empunya eks orang honda dan faham betul problem di AM. Masalah kabel flexible AC beliau juga menerima jasa perbaikan. Saat ini control AC di AM 92 saya tidak berfungsi, dan sudah diganti dengan potensio biasa, dan rencananya minggu depan kami sudah janjian mau memperbaiki kabel flexible tersebut supaya panel normal. Tunggu kabar selanjutnya ya……

  31. Mau tanya gan. Saya punya maestro 93 ban dpn selalu ada rembesan minyak rem kira2 apanya yg harus diganti dan satu lg kadang2 dibawah stir suka bunyi. Kira2 apanya. Dan brapa harga yg harus diganti. Thanks

    • cara simple coba lihat dahulu , minyak yang berkurang pada minyak rem atau power steering.
      Itulah jawabannya.

      kalau minyak rem , bisa jadi pemasangan pipa besi saluran minyak rem , kurang kencang.
      Posisinya pada system rem di roda depan.

      Bawah steer bunyi , ini ciri maestro.
      stel dulu di bengkel.
      kalau tetap bunyi kerusakan di rack – pinion power steering yang aus.
      Sebenarnya nggak masalah , cuma mengganggu.

      Di new avanza 2012 pun kejadian ini sering terjadi pada saat odometer diatas 10.000.

  32. Salam kenal gan, saya punya maestro tahun 90 karburator,
    Saya mau tanya, kemaren pas saya lagi jalan, tiba2 ad bunyi seperti meledak, dan mesin langsung mati, amper suhunya gag naik, dan saat d starter, kyk gag ad apinya, d dorong pun gag bisa nyala.
    kira2 penyebabnya ap y gan???

  33. Salam kenal pak Dino, .mhn info AM .sy matic 92/93 skrg Kl msk gigi mesin mati, kira2 knp yach pak ? Lampu indakator S nyala. Trims sebelumnya.

  34. salam kenal Om Dino, saya pemakai AM 93, baru sekitar 1 bln. masalah yang timbul sebagai berikut:
    1. oli sampe masuk ke busi apa penyebabnya ?
    2. kalo lagi panasin mobil, mesin tiba-tiba mati “kaya kehabisan bensin”, Kemudian perlu 5 s/d 6 kali starter baru hidup kembali.(a/c yang tadinya mati lalu nyala sendiri dan mesin lalu mati) kira-kira apa penyebabnya?
    3. oli power steering bocor dari bawah. sehingga perlu nambah oli 1-2 hari sekali.
    mohon pencerahannya..
    bwt penggemar AM, ada recommend bengkel AM di bilangan jakarta ato bogor ???
    Salam Kenal

    • 1. Seal karet lemah. Tidak masalah sebenarnya. karena oli hanya membasahi busi bagian atas , bukan busi bawah( combustian camber )
      2.servis di fuel system. kuras tangki. kuras filter bensin

      ac nyala mungkin kipas. bukan kompresornya.
      kalau kipas radiator nyala dipastikan mesin panas menyebabkan mesin mati.
      kerusakan bisa jadi koil atau cdi lemah.
      bisa jadi mesin overheat.
      Selebihnya bisa jadi ada masalah di injectornya.

      Saran saya tune up menyeluruh.

      3. itu udah penyakit maestro pak. ganti seal atau psnya.

  35. pagi om dino,numpang tanya,saya baru 2 minggu ounya maestro manual 92, sedang sakit dia ternyata,dari mulai kaki gruduk2, steering baru service sampai radiator rusak parah gara2 yang punya sebelumnya rawatan jelek pake air kran kali radiator jadi banyak lumpur yang terjadi ganti radiator,dan valve ac,karena rpm naik terus dan air radiator habis diperjalanan akhirnya masuk benkel lagi,katanya ada kebocoran di silinder head,wal hasil harus turun mesin stengah bagian atas,kata mekanik harus ganti top set pak,
    – apakah itu suatu penyelesaian dari over heat ga yah?soalnya rpm pas mesin hidup di bawah 1000 apalgi pas ac hidup cuma 200

    mohon pencerahan om (akhirnya mobil kesayangan masih di bengkel deh)

    • Ya bener. itu penyelesaiannya.
      Itu efek pemakaian air biasa non coolant.
      Selinder head keropos dan di papas/ di scrub sehingga keroposnya hilang.
      kalau keroposnya parah/ dalam , papas tidak bisa dilakukan karena dikawatirkan merusak dudukan valve.
      Solusinya ganti silinder head.

      Ini adalah salah satu bukti.
      Semoga mobilnya segera sehat.

  36. Om dino, minta tolong solusinya . Mobil sy maestro 91 matic. Skrg ini indikator “S” berkedip saat kecepatan di atas 20km/j. Sy coba berhenti trus mesin dimatikan, kontak on lagi tdk berkedip. Tp kemudian berkedip lagi kalau mbl ijalankan. Apa penyebabnya? Trims

  37. siang pak …saya rudi mau tanya bangaimana caranya menyetel bunyi klakson yg suaranya sdh parau agar kembali ke suara aslinya .>>salam terima kasih

  38. mas dino,,,,kalo cara ngatur lampu depan spy tidak terllalu ke atas gimana yah,,,,,,
    makasih mas……….salam

  39. Pak bro Dino mau tanya. AM93 sy rpm saat pertama kali diyalakan sekitar 1500 dan berangsur turun ke 1000 saat mesin panas.pada gambar EACV nmr 2 sdh cb sy kurangi tetapi malah rpm naik turun.sbg informasi, u/ panah nmr 1 susah sekali diputar (keras)saat AC dinyalakan rpm naik (normal).apa penyebabny setting rpm (panah nmr 1) tsb?trus saat jln keriting, dpn bunyi ngek..ngek dan kletek..kletekk.apa saja yg perlu diganti?

  40. om dino ane mau tanya.
    mobil ane honda cielo 96 AT.rpm di atas 4000 ko ngadat ya,trus kalau sudah panas temperature hampir setengah kalau nda di gas mati nda mau stabil mohon solusinya..tks om dino

  41. Salam kenal mas, saya seneng skli dg blog ini..kebetulan sy bru pake maestro thun 91 skitar 4 bulan ini. Masalah yg sy hadapi skrg mesin mobil basah dg oli, dan kadang oli naik sampe karburtor, tetapi knalpot sy ngebul cuma waktu manasin mesin pertama kali saja, dan klo msin bru dihidupkan air radiator nyembur sdikit kluar…sbnarnya apa yg trjadi dg mobil sy mas? berapa perkiraan biaya yg hrus dikeluarkan agar mslah itu beres? trims atas blog yg bermanfaat ini…

  42. Halo slm pgbang sy py maestro 93 mslh dm mslh sdh teratasi ad yg blm teratasi masalah tiap mesn nyala suara dengung keras dengung tsmbah keras setiap steer dibelok2kn pd wkt mbl diam, tp kl dpk jln agk kencang suarany tk kedengr tp kl peln dengungnys betasa mhn pencerahany tanks

  43. Halo om..
    saya punya AM 91 4WS. ada masalah denganmein sbb; sewaktu mesin dingin (terutama di pagi hari) lampu indikator oli tidak menyala, akan tetapi setelah mesin panas kira kira buat jalan 5 KM, maka indikator oli akan menyala kedip-kedip dan akan hilang di saat mesin berjalan di 2000 rpm ke atas, dan pada saat itu mesin terdengar “klotok-klotok” di sebelah kiri mesin . apakah ini gejala dari oli pump sudah lemah…, dan dimana letak pompa oli di AM saya.. makasih sebelumnya

  44. bro dinno mau nanya nih mobil saya am 91 udh 3 x ganti as roda atas ha ini disebabkan ketika belok patah as roda atas keluar dari tempatnya as roda terlihat kurang panjang nah kira2 solusinya apa ? saya sedang cari as yang asli ex singapur..tadi di bengkel juga ada 3 am yang begini tolong dibantu yah..

  45. Mas dino aku mau nanya,aku punya honda prestige 87 maticnya kena kmren gara2 lewat puncak lupa cek oli maticnya skrg malah klo lg jln tiba2 mati..tp distarter nyala lg?apa gara2 maticnya jebol y?bisa diakalin ga apa mank harus ganti maticnya?kira2 brp y mas?trimakasih

  46. om mau tanya >>maestro sya mati 91,ban depan sisi dalam habis duluan..mhn bantuan untuk tempat perbaikan dan estimasi biaya

    • Pak dino, saya mau nanya. Maestro saya tahun 91 karbu, baru2 ini ada masalah . Rpm nya rendah sekali dan sering mati ditengah jalan walaupun bisa distart kembali. Dan bila ac menyala dan dimatikan tidak pada posisi menginjak pedal gas. Mobil langsung mati. Kira2 apa ya masalahnya. Dan terimakasih atas info2 penting ug selama ini yg sangat menghemat pengeluaran perbaikan

  47. Pak dino,.. Saya mau nanya ne, mobil saya cielo 95, ketika laju mobil diatas 80 km/jam, kok ada suara ndengung di roda depan. Apa penyebabnya ? Mhon penjelasannya. Terima kasih perhatiannya.

  48. Terima kasih infonya mas, sangat bermanfaat, kebetulan maestro saya bermasalah dg main relay, mungkin akhir minggu ini saya cek.
    Mau tanya nih mas, maestro umumnya masalah dg chamber ban depan negatif (ban bagian bawah lebih keluar) pernah ga di akalin dg mengganti dg baut stelan chamber?

  49. Mohon bantuanya, saya memiliki AM’92 injeksi, saya Ada keluhan 1)lampu indikator engine (kuning) menyala terus setelah beberapa saat mobill melaju Dan tiba” melakukan pengereman, 2)RPM drop setiap AC dinyalakan, terima kasih.

  50. Salam kenal omDino..sy pnya AM 1990 rcn mo gnti transmisi dr A/T mnjadi M/T,kira2 omDino ada rekomen ga tpt jual transmisi copotan singapore di sekitar Surabaya..trimakasih

  51. om dino,mw nanya nech,..saya punya honda acorrd thn 94,..lampu indikatornya gak mw mati,trus klw digas suka ngadat2,padahal pumpnya sudah diganti dan klw lagi manasin bau asapnya menyegat om….mohon bantuannya ya….

  52. Salam kenal..Bos dino ane pny accord cielo 94..klo jln pelan knp ban belakang goyang ya tp klo dibw 50-an ga kerasa..n kaki depan sbelah kiri aga turun bs ksh rekomend bt bengkel khusus kaki2 didaerah bintaro…mohon pencerahannya bos…thx bgt…

  53. mas Din0, kabel mana yang harus dibypass/dijumper kemana dari sensor brake lamp yang sebelah kiri (coklat) untuk masalah indikator brake lamp?
    Thanks.

  54. salam kenal gan,, saya baru aja py AM90 kalau dipanasi perlu 2-3x start baru mesin hidup terus kira2 5 menit mati seperti kehabisan bensin kemudian 3-4x start baru hidup. waktu kontak on ada bunyi di pompa bensin, bunyinya tdk berhenti- henti.
    barangkali ada yg py pengalaman sprt sy tlong infox ….thanks

  55. Saya ada kendala dengan setir, dimana dalam kondisi mobil hidup setir terasa keras dan ban mobil berbelok dengan sendiri nya. Mobil saya honda accord maestro tahun 1991.

  56. om dino. mohon pencerahannya. saya baru dapat AM91. spedometernya kagak jalan. bagaimana ya om, untuk membuatnya berfungsi lagi. trimz

  57. om mau tanya kenapa kipas radiator di honda cielo saya, kok setelah mesin nyala trus dimatikan kipas dengan sendirinya nyala,(tp itu tdk selalau gitu kadang2 ya kadang tidak),,,,kira2 2-5menit itu baru nyala dengan sendirinya setelah mesin dimatikan….itu kira2 disebabkn ap ya om….???trimakasih……..

  58. agan-agan mau nanya dunk, maestro saya kalo hujan bocor tapi tidak melalui atap ato talang air yang ada di atas, air keluar di jok depan sebelah kiri tepatnya di bawa laci kalo hujan air keluar dari situ sampe banjir, mohon info mungkin agan-agan mengerti karena saya chek talang2 atas tidak ada masalah, terimakasih sebelumnya

  59. om Dino numpang tanya nich. sy baru angkat maestro th 91 awalnya sih lancar2 aja tapi sekarang mulai satu2 penyakit berdatangan, kemrin sempet selang ke tbung cadangan radiaator lepas karna over heat. kipas mati kira2 ngerembet gk yah

  60. Izin tanya om : saya baru 2 bln punya honda maestro 91 kendalanya dalam keadaan diam/off stir jadi berat..? Trus buat saudaraku yang ada di muara enim sumatera selatan dan pencinta sedan jadul kt bikin club yukk. 082177082082. Trmksh

  61. mas dino saya ingin tanya neh. kasus saya konyol banget neh tapi karena naas saja, saya punya honda acord ciele tahun 94, saya terbalik memasang batere anatara min dan plus..sekrg mobil sya padam gak bs hidup..kira2 apa saja yg kemungkinan rusak, trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s