Ini Dia Penyebab Maestro Ndut – Ndutan

Setiap mobil memiliki ciri2 khusus yang berbeda dengan mobil yang laiin.

Demikian juga dengan karakter mesinnya.

Seperti halnya Maestro yang mengalami gejala Ndut-ndutan , biasanya disebabkan oleh faktor faktor sebagai berikut.

1. Setingan CO tidak tepat.

setingan CO yang terlalu kaya atau ( terlalu ke kiri semisal antara 0 sampai 100 derajat ) biasanya menyebabkan maestro ndut ndutan saat dipakai keluar kota ,  pada posisi gigi 3 dan rpm 1500.

Ecu maestro seperti halnya cielo atau genio masih menggunakan soket lama non OBD 1 atau OBD 2.

Ecunya  Fixed , jadi  kita hanya bisa menggunakan Engine analiser / diagnostic untuk melihat kerusakan sensor tanpa mensettingnya.

ecu
Posisi  ECU dibawah kaki penumpang depan. Di bawah karpet.
Setelan seperti tanda panah , adalah 180 derajat maksimal dari kiri ke kanan.
Apabila setelannya diputar CCW ( berlawanan jarum jam )maka  CO makin tinggi.
Dan sebaliknya apabila diputar CW ( searah jarum jam ) CO makin rendah.
CO tinggi menujukkan bahwa campuran bahan bakar makin kaya.
Cara setting adalah : putar mur maksimal ke kanan ( miskin / Lean ) , lalu kurangi sekitar 10 s/d 15 derajat kekiri ( rich ).
Memang untuk mobil usia tua dengan EFI yang sederhana generasi awal , tidak bisa 100 persen menghilangkan gelaja ndut-ndutan. bahkan pihak bengkel Honda resmi saja tidak bisa menggaransi 100 % bisa menghilangkannya.
Tetapi dengan cara diatas , ane jamin 80 persen gejala ndut ndutan bisa dihilangan.

2. Setelan Valve Tidak Tepat.

 Stel Kerenggangan Valve sesuai standart pabrikan.
Pada kondisi mesin dingin :
Katup in : 0,25 mm
katup out : 0.3 mm
Penulis sudah mencoba kombinasi kerengganan katup dari 0,1 sampai 0,35.
Hasilnya yang memiliki kompromi tenaga dan FC yang terbaik adalah kerengganan 0,25 in dan 0,3 ex.
Setting renggang boleh dicoba untuk perbandingan:
Setting  kerenggangan  0,3 in dan 0,35 ex.
Efeknya :
FC sedikit agak membaik , mungkin naik sekitar 0,2 km/liter. ( tidak terlalu signifikan )
Akselerasi sedikit lebih baik.
Suara mesin jauh lebih kasar. Terutama pada rpm diatas 2500.
Kalau menurut ane sih karena suara mesin kasar , dan seperti ada suara dengkuran kucing pada rpm 3000 keatas , jadi nggak rekomen.

3.Setelan Pengapian Tidak Tepat

Seting Pengapian yang terlalu mundur akan memperparah ndut ndutan seperti diatas.

DISTRIBUTOR ACCORD MAESTRO
Set waktu pengapian yang sesuai.
Sebenarnya secara standart sudah ada patokan pabrikan untuk derajat pengapian.
Tapi untuk kondisi mobil yang sudah tua dan ada potensi banyak kerak di piston , maka patokan tersebut bisa sedikit berubah.
Maestro tidak memiliki ECU yang advance dengan sensor knocking seperti mobil2 terbaru , yang bisa memundurkan pengapian apabila ada sedikit knocking/ ngelitik.
jadi kita harus mensettingnya secara manual.
Putaran distributor advance ( maju ) adalah berlawanan dengan putaran mesin .
Putaran distributor mundur ( retarded ) adalah searah putaran mesin.
Cara mudah melihat arah putaran mesin adalah melihat putaran V- belt power steering atau AC saat mesin hidup.
Caranya untuk seeting pengapian sbb :
Kendorkan 3 bautnya.
Putar dist ke depan atau ke belakang seperti pada foto.
Putar mendekati maksimal kebelakang agar pengapian maju / advanced.
Lalu lakukan trial error . start mobil. Masukkan gigi 2 . Gas maksimal sampai 4000 rpm atau lebih.
Akan terdengar suara knocking yang cukup keras.
Matikan mobil.
Putar distributor ke depan  ( retarded ) sedikit demi sedikit ( mungkin putaran setiap 1 mm / milimeter ).
Lakukan kembali langkah seperti langkah pertama yaitu gas poll  mobil pada gigi 2 sampai rpm 4000. Putar distributor ke depan  ( retarded ) sedikit demi sedikit ( mungkin putaran setiap 1 mm / milimeter ).   Lakukan terus menerus secara berulang
Lakukan terus sampai suara kocking hilang. Apabila dirasa setingan sudah tepat ( sudah tidak terdengan suara knocking ) maka kencangkan 3 baut distributor.
Apabila langkah dilakukan dengan benar , maka pengapian mobil sudah di stel maju maksimal ( limit ) tanpa ada knocking.  Biasanya suara mobil lebih halus , dan tarikan lebih instan.
Level : Pemula.
Lama setting : sekitar 20 menit.

4. Kerusakan CDI.

Ciri kerusakan , mesin ndut2an. atau mati sama sekali. Tidak ada api di busi.
Kerusakan terjadi saat meginjak usia 13 tahun.
Harga CDI merk elesys Rp 470.000,-
Harga KOIL Nippondenso Rp 450.000,-
Tingkat : Medium.
lama pengerjaan : 15 Menit.
Posisinya di dalam distributor. Lepas dist  terlebih dahulu.
Rekomendasi Pahe:
Satu Paket Dustributor Singapur ( Refurbish)  beserta isinya : Rp 500.000,- layak jadi bahan pertimbangan.
5. Percikan api di distributor yang terhalang / hambatan terlalu besar.
Biasanya karena karbonnya patah sehingga celahnya terlalu lebar.
6. Kerusakan Kabel Busi.
Cek kabel busi dengan Ohm Meter. Kaberl busi yang paling panjang tahanannya / ohmnya lebih besar dari yang pendek adalah lumrah. Bukan suatu kerusakan.
7. Throthle Body  dan Injector Kotor.
Bersihkan dan bongkar  sendiri ( ane gak jelasin ) , atau kalau malas gunakan carburator cleaner semprot 1 atau 2 kaleng. Tanpa membuka throthle  body. Lakukan saat akan mengganti OLI  mesin agar oli tidak terkontaminasi.
8. Bersihkan Ruang Bakar  dan valve ( istilahnya turun 1/2 mesin ).
Ini ane  belum pernah lakukan , dari mobil keluar dari showroom 18 tahun yang lalu . Jadi hanya kemungkinan saja.
 Jadi intinya harus ada servis atau Tuneup secara emenyeluruh agar hasilnya memuaskan.
Sekian share sederhana dari saya. Semoga bermanfaat.
About these ads
By dinolowrider

67 comments on “Ini Dia Penyebab Maestro Ndut – Ndutan

  1. bagi info donk,,,ane maestro 93 spedometer and AC manualnya kagak berfungsi alias mati kira”klo d perbaikin apanya ya,,,and mahal ngak ya,,,trims

    • penyebab ac manual pada maestro adalah pada kabel2 flexible. bisa diakali. lihat di pages : trouble shooting ( menggunakan resistor ). Atau dengan cara mengganti kabel yang telah rusak. System perkabelan pada saklar AC maestro adalah sederhana. Makanya kalau kabel flexiblenya rusak dan tidak ada part penggantinya , bisa menggukanan kabel biasa. Cuma memang agak ribet mencopot dasboard. Saran saya coba reparasi di tukang AC.

      • Salam kenal semua pak,mau tanya kok maestro 91 saya tiap tanjakan selalu ndut2 bahkan mati..tolong dijawab pak ini pin sya21C3ECF9 maklum pak suka saya naik nya..

    • Distributor tidak bisa direparasi, tetapi bisa diganti part2 di dalamnya.
      Kalau engine check nyala , berarti CDI ada kerusakan.

      Part utama di dalam distributor Maestro yang kemungkinan rusak adalah KOIL dan CDI. Kerusakan biasa terjadi karena penggunaan busi yang tidak sesuai , misal clearance gap businya sangat lebar, sehingga membuat koil bekerja lebih berat.

      Kelamaan akan terjadi kebocoran pada KOIL , karena loncatan bunga api akan berusaha mencari masa/ground terdekat.
      Biasanya secara fisik bisa dilihat kondisi koilnya retak dan pada retakannya terlihat ada warna putih akibat adanya bekas loncatan bunga api.

      Kerusakan koil merembet pada CDI. Cirinya adalah mesin kadang kadang mati sendiri , mbrebet , ndut ndutan. Atau mati sama sekali.

      harga kalau kita beli per bagian adalah koil sekitar 450 sd 500 ribu. CDI sekitar 500 ribuan. Jadi total sekitar 1 jutaan.

      Saran saya coba ganti satu gelondong distributor beserta isinya ( singapuran ) seharga rp 500 ribuan. Coba minta garansi pada penjualnya.

      • malam pak saya sudah tune uo secara menyeluruh,nah mobil masih ndut ndutan bahkan mati yang saya binggun hanya malam dan setiap tanjakan kira2 apa yah pak dino mohon infonya bengkel mana yang dapat memperbaiki…saya di cibubur jakarta timur pin bb 21c3ecf9

  2. Mas, mohon penjelasannya untuk membersihkan karburator sediri secara mudah dan praktis. Saya punya AM 90 Karburator. Terima Kasih

  3. Mobil ane maestro 93..indikator break lamp nya nyala terus..kadang pada saat stater mati trus pan pedal rem di injak langsung nyala..lampu rem udah ane ganti semuanya..tapi tetep masih nyala..tlng solusinya..trmks

    • setahu saya lampu rem Maestro di lengkapi Modul yang terhubung dengan indikator Brake lamp di dashboard, posisinya nempel di Tail Lamp. modul tersebut akan mendeteksi kekurangan yang ada di sistem pengereman termasuk juga lampu rem, indikator brake lamp selalu menyala bisa di akibatkan, minyak rem di bawah batas minimal, Pembagi Rem bocor, Bohlam yang sudah lemah, bohlam tidak sesuai ukuran bahkan socket yang kotor aja akan terdeteksi, atau bisa juga karena Modul tersebut sendiri yang mati.. jadi langkah2nya cek semua Bohlam, bersihkan socket2, cek Minyak Rem, pembagi rem, juga switch yang ada di pedal rem dan HandBrake. semoga membantu…

  4. saklar rem rusak . letaknya di pedal rem. biasanya saklar bolong. cara sederhana , coba ganjal saklar rem tersebut. beres. Ane sendiri udah pernah mengalaminya , 9 tahun yang lalu. saya ganjal dengan mur plastik keras , sampai saat ini no problem. Atau ganti saja saklarnya dengan yang baru.

  5. Pak dino, saya punya masalah ni dengan maestro 90 saya:
    1. Saat vers 1 dan 2 mesin ndut-ndutan vers 3,4 dan 5 bagus.
    2. Mesin mati tiba2 setelah melakukan perjalanan lebihkurang 1/2 jam, saya coba start mesin tdk mau hidup dan pompa besin tdk bekerja, kemudian saya diamkan sekitar 15 menit start lagi mesin mau hidup.

    Mohon penjelasannya pak, mksh sebelumnya.

    • 1. Tune up terlebih dahulu. banyak setingan yang tidak sesuai.
      2. Main relay rusak. Gak usah beli. cukup buka dan solder ulang bagian PCBnya / jalur tembaga.

  6. 1. Mesin ndut ndutan , coba tune up terlebih dahulu. Bersihkan karburator. .Ndut ndutan pada maestro juga bisa disebabkan disebabkan karena stelan udara ( terlalu kaya ) , dan stelan pengapian yang terlalu mundur.
    2. Sudah saya jelaskan di page sebelumnya. Karena bensin tidak bisa naik / pompa bensin tidak bekerja( kadang2 bekerja kadang tidak ) kemungkinan kerusakan terjadi pada main relay.
    Kalau setelah repair main relay pompa tetap tidak bekerja , kerusakan bisa terjadi pada fuel pump.

      • Main relay bagus ya kalau kerjanya normal , tidak sampai membuat mesin kekurangan bensin karena fuel pump tidak menyala.

        Bisa juga dengan mengukur tahanannya. tahanannya nol ( relay tidak konek )
        Atau tahanannya setengah2 / kontak tidak bagus.

    • pakai setelan campuran angin di karburator. Cara termudah adalah coba putar setelan idle/ rpm di 1500 s/d 2000 rpm.

      putar setelan udara paling ke kiri / paling minimal.
      Mesin akan pincang karena kekurangan campuran udara.
      putar perlahan sampai menemukan rpm mesin yang paling halus.

      Kelebihan udara juga akan membuat putaran mesin tidak rata.
      Kurangi udara sampai didapat rpm yang paling baik.

  7. mohon bantuan pak…maesto saya 91 carbu….pompa bensin sudah dimodif oleh pemilik sebelumnya diganti dengan pompa diluar tanki (ditaruhdi sekitar mesin)sekarang rusak dan sudah saya ganti dengan yang sama seperti itu….(tangki dan linenya sudah saya bersihkan )
    ternyata pompa saat mesin panas atau kondisi jalan macet, pompa sering tidak mampu menghisap bensin (pompa tetap bekerja)
    kalao boleh bantuannya, penyelesaiaannya bagaimana ya ?
    dan kalo yang ori modelnya seperti apa atau seri partnya berapa ? karena dari 3 bengkel yang saya kunjungi mereka memberi barang yag tidak sama baik type dan merknya begitu juga harganya ( maklum kota kecil mojokerto)
    terima kasih banya sebelumnya

    • daerah mojokerto …. coba cari di surabaya mengingat jaraknya dekat dari mojokerto….
      Coba cari referensi ke toko sun star daerah surabaya setelah honda pecindilan..
      Spare part di sana khusus untuk model2 lama , lebih lengkap dibandingkan bengkel resmi.

      Untuk beres di surabaya , coba cari di saver mulia genteng kali .

      Pakai yang ori , merknya nippondenso.

      Bisa jadi pompa yang dipakai sekarang kapasitasnya terlalu kecil….

  8. Salam kenal Bung Dino..!
    Bung Dino,saya punya maestro 93 dah injeksi..klo mobil dalam perjalanan jauh tlah menempuh waktu kira2 1 jam dengan ac saya dihidupkan kok kadang ndut2an,tidak ada tenaga dan kadang mati mendadak..ini kenapa ya Bung Dino..jadinya jika saya perjalanan jauh ac tidak selalu saya pake,klo mesin saya anggap panas ac saya matiin,trus beberapa waktu baru saya hidupkan kembali jika saya rasa mesin tidak terlalu panas..mohon pencerahannya Bung..
    Terima kasih banyak sebelumnya

    • Pertanyaan saya apakah kejadian ini sudah berlangsung lama atau baru2 saja???
      terlalu banyak penyebab yang bisa menyebabkan mesin mati.

      Apakah dengan tidak memakai ac , masalah problem engine mati terselesaikan ????

      • Bung dino, AM 93 saya setelah saya bawa ke bengkel untuk ndut-ndutannya sudah beres, tetapi problem AC blum kelar karena jika jalan kira2 1 jam klo pindah ke gigi rendah (otomatis gas kan saya kurangi) jika pas ditikungan atau jalan macet antri kadang2 mesin mati..itu karena apa ya Bung Dino?
        terima kasih sebelumnya atas pencerahannya…

  9. bung dino mo nanya nih,,kalo cdi rusak apakah indikator engine pasti nyala ?
    dan satu lagi bs gak ngecek cdi bagus tidaknya di luar tanpa terpasang ke mobil,,
    mobil sy AM 93
    makasih bung-salam

    • biasanya kerusakan cdi menyebabkan kadang2 mesin mati sendiri.
      Saat mesin mati bisa jadi engine check menyala tapi kasus lain kadang2 tidak.

      tergantung kerusakan cdi dibagian mananya. karena banyak komponen di dalamnya.

      Sampai saat ini saya tidak pernah melakukannya / cek cdi tanpa terpasang.
      Cara termudah adalah cek bunga api busi. kalau kadang ada atau mati , itu salah satu pertanda cdi rusak , selain koil.

      Kerusakan cdi biasanya didahului kerusakan koil. koil yang bocor terlalu lama , membuat cdi rusak.

  10. bung dino nanya lagi nanya lagi nih,,,,,pintu kanan depan AM 93 sy gak bs dibuka dr dalam,,,,cara buka handel nya gmn,,,takut retak atau patah hehehe…
    makasih bung dino,,,,,,,salam,,,

    • Cara bukanya , buka baut frame . Lalu dorong frame handle ke belakang atau ke depan ya… saya lupa…heheheh..sory… Dicoba coba aja ya……. Harga handle murah kok berkisar 60 s/d 70 ribu aja…

      • After buka baut frame, dorong ke depan mas sampai bunyi klik, didalamnya ada 3 buah pengait yang mengarah ke belakang. Hati-hati jangan langsung dicongkel, pengait rentan patah.

      • bang dino,saya dari makassar
        Maunanya untuk pemesanan part AM dI JAKARTA abang punya teman ngga,pasalnya di makassa part untuk jenis AM gini sulit

  11. makasih bung dino atas semua solusi2nya,,,sebulan yg lalu AM 93 sy mati gak bs distater,kata montir CDI nya mati.trus ganti yg second ternyata msh gak hidup,,,ternyata fuel pump nya mati(diganti baru),,,,akhirnya AM sy bs jalan lg,,,,yg bikin saya puas ialah penyakit2 yg susah ngobatinnya jd sembuh spt
    1. ndut2an jd hilang sama sekali
    2. di gigi 2 biasa tenaga ngeplos jd normal
    3.kalo pake AC tenaga berkurang dan RPM suka ngdrop,,,skrg normal,pake gak pake AC tenaga OK
    tp skrg ada masalah baru,,,dari distributor suka ada tetesan oli,,pertanyaannya
    1. apakah tdk akan berpengaruh terhadap kerja CDI/koil
    2.yg rusak kira2 apanya,,parah gak,,,benerinnya gampang gak ?
    maaf bung dino sy bawel,,,banyak nanya,,,,hehehhe
    makasih bung-salam sejahtera

    • Bung Abdi,untuk penyakit di poin 3 yaitu kalo pake AC tenaga berkurang dan suka ngedrop kadang mesin sampe mati itu solusinya apa Bung..ini AM saya sebulan lalu mati ga bisa distarter trus dah ganti koil dan perbaiki ECU bisa starter, tetapi yang jadi problem yaitu jika pake AC tenaga berkurang dan kadang bisa mati jika gas kecil (saat pindah ke gigi rendah).
      Terima kasih

      • Dipastikan tenaga mesin menurun , sehingga saat ac on , tenaga drop.
        Apalagi setingan idle upnya rusak, jadi rpm rendah dan tenaga mesin belum mencukupi.
        Lakukan tune up menyeluruh.
        Seting eacv
        seting rpm idle

  12. Trims atas infonya,…
    Saya punya AM thn 90,..RPM tidak stabiL,dan AC sering mati apabila perjalanan agak jauh,.penyebab tsbt apa ya??mohon solusinya,..trims pak,.

    • Tune up menyeluruh. dari pengapian , setingan/ setelan celah valve , setingan karburator , cek kebocoran vacum. Ac mati biasanya magnet clutch kompresor ac lemah atau perlu di stel kerenggangannya/terlalu renggang.

  13. Salam hormat buat B’ Dino
    Sy sangat mengapresiasi kebaikan B’ Dino soal bebrbagi dengan sesama smoga Tuhan membalas kebaikan tsb.
    BTW…Sy jg punya mslsh dgn Maestro Matic ’92 sy, Bermula dari ketidak tahuan sy,
    sy instruksikan ke yg nyuci mbl agar mesinnya di bersihkan dgn air….alhasil g lama mbl dipake NYALA ENGINE INDICATOR dibawa ke bngkel hilang setelah diganti speed sensor, tapi muncul lg engine indicator sampe touble gas agak berat, rpm 3000 – 4000 ndut’an, AC hdp rpm ngedrop klu msk transmisi tmbh ngedrop ampe mati bila di rem.orang bengkel pusing…..sy apalagi g mudeng lantas kalau bw mobil dh tua sakit”an lagi mo beli yg bagus kocek g ngijinin. Kira” musti sy bw kmn y ? ke Honda Resmi g ada suku cadangnya.atau bs di infoin solusinya
    Terimakasih penerhannya,
    Komar Tangerang

  14. saya skr pake maestro 91 karbu, masalah yang saya hadapi kalo mau panasin mesin pagi2 kita injak gas sedikit (kalo ga diinjak gas sedikit mesin tidak bisa hidup) mesin hidup dengan kondisi rpm antara 1500 s/d 2000, tapi skitar 3 menitan rpm menjadi turun di kisara 700an keatas malah kadang2 ngdrop ke angka 0 , akibatnya msin mnjadi mati, jadi kita harus stater ulang dan kita bantu dengan injak gas biar mesin tidak mati, tapi kalo temperatur sudah mulai naik dari garis kita buka injakan gas mesin kembali normal hidup, tapi terdengar agak tersendat2 tapi tidak parah ( knalpot baru saja ganti), mohon pencerahannya

  15. salam kenal, saya dr pulau kalimantan
    bung Dino mau nanya, kalo ECU mesin Honda Maestro A/T di Pake buat Honda Cielo A/T bisa ga? Terimaksih Bung sebelumnya

  16. salam kenal. AM92 saya ‘cek engine’ nya gak mau hidup. Bisa di stater tapi mesin gak mau hidup. Sudah saya coba lepas pasang kabel aki dan soket ECU nya tetap tidak mau nyala, sekring2 juga tidak ada yang putus. Mohon info cara perbaikinya. Terimakasih

  17. mas dino selamat pagi
    mau tanya mas… engine cek menyala mesin ga mau hidup,, setelah kontak di off trus di on lagi engine cek malah mati,, tapi bisa distart rpmnya hunting naik turun,, apa sudah bisa dipastikan bahwa ECUnya yg error?? mohon pencerahannya masmm terimakasih..

  18. Om dino ma tanya donk..
    Maestro ane th 93 injeksi kalo pas lg idle suka muncul nembak-nembak (nyentak-nyentak) kenapa ya? Filter udara n bensin baru, kmaren dicoba ganti busi nembak nya hilang tp baru seminggu muncul lg…
    Ditunggu pencerahannya..thanx

    • salam kenal,pak/mas dino:
      saya mempunyai maestro 1990. masalahnya, mesjin (agak) sulit dihidupkan yang pertama apakah pagi, siang, sore. Tapi, kalau sudah hidup, seterusnya gampang distater. Yang saya tanyakan, apa penyebabnya ? Bagaimana penyelesaiannya ? terima kasih.

      • Seperti dengan kejadian di AM saya, fuel pump sudah mulai lemah, segera ganti dengan fuel pump baru, tapi harus turun tangki saat penggantiannya, berhati hati saat membeli fuelpump, mintalah garansi pada toko penjual dengan berbagai alasan, saya sudah dua kali memgganti fuel pump hanya berumur satu hari, yg pertama merek NUK dan yg kedua merek MITSUBISHI ELEKTRIK, merek yg sama dengan bawaan mobil -_-

  19. Mas Dino yth, mobil saya maestro 90. ada masalah soal pedal kopling yang kadang- kadang seperti loss (jatuh aja kebawah), padahal minyak kopling penuh, tidak ada kebocoran. Tapi kalo diungkit keatas lagi (pake kaki) ya bisa keatas dan berfungsi lagi. Apa sebab dan bgmna mengatasinya. Trimakasih banyak, mas.

    • Seperti pengalaman saya sebelumnya, itu tanda tanda awal kerusakan master kopling atas, mungkin karena seal sealnya sudah mengeras, segera ganti dengan repair kit, atau beli baru satu set master kopling atas, merek sunnyco harga 250

  20. Salam kenal bung Dino,
    Sy punya AM ’93 A/T. dan sy punya beberapa pertanyaan:
    1. Mobil sy kadang brebet dan rpm drop saat digas. Kata montir dibengkel kenalan, komponen pengapian dan listrik masih berfungsi dengan baik, dan katanya mostly masalah ada pada silinder head yg udah bengkok (overheat 2x T-Tv). Gmn mnurut bung dino ? Apakah mmg harus ganti silinder head ? atau ada kemungkinan lain misalnya kabel gitu ?
    2. Kata montir dibengkel kenalan ada kabel buat colok ke komputer tapi dia gak bisa ketemu dmn. Apakah mmg benar ada kabel tersebut ? Kalo ada dibagian mana ya ?
    3. Kalo stir dibelokin ke kanan/kiri, rpm-nya suka ngedrop dan mesin kayak mau mati. Itu kenapa ya ?

    Mohon bantuannya ya bung Dino. mohon maaf kalo ada yang kurang jelas, sy newbie sama urusan otomotif.

    Many Thanks !! :)

  21. Bang bantu gue, awalnya ane ngelepas busi, trs ane semprotkan cabr cleaner ke dlm lubang busi genio ane, trs ane pasangin busi baru, kok tiba2 gk mau hidup ya,, tolong bantuan nya om

    • Habis di semprot jangan langsung pasang busi. Karena cairan carb cleaner masih banyak didalam cylinder. Starter saja beberapa kali agar cairan dan uap carb cleaner terbebas dari lubang cylinder, baru pasang businya.

  22. Mau nanya’ nih bang…saya punya feroza 93 akhir…sebelumnya gak ada masalah..trus minggu yg lalu pas ditanjakan tajam,dan panjang mesin nya ndut2 an kaya’ mau mati gitu…gak ada tenaga….tapi pas di jalan rata gak ada masalah sama sekali….kira2 apa ya masalahnya…minta sarannya ya bang….

  23. Mas, sy ada keluhan ttg AM91 kalo digas mendadak mesin serasa mau mati ( bensin telat ). Upaya yg sdh dilakukan:
    1. Tune up keseluruhan ( pengapian, karburator, cek koil )
    2. Sdh ganti kabel busi, busi. Tapi hal itu jga blm menyelesaikan masalah.
    Kata bengkel harus ganti repair kit karburator. Apa itu solusinya? minta sarannya mas..
    Sya beralamat di Semarang. Mgkn ada rujukan bengkel di daerah sy?
    Terimakasih infonya dan jawabannya.

  24. mas dino..
    kenapakah hoda maestro90 saya..
    ndut2an + nembak2, saya coba hidupkan mesin lalu copot kabel conector busi no.1 dan 2 tidak ada reaksi seperti mesin mau mati..
    sedangkan kabel no.3 dan 4 kalau dicabut saat mesin hidup mesin langsung mati..
    dan setelah buka busi ada rembesan oli di kepala busi..
    mohon pencerahannya mas dino yang baik hati..

  25. Malam ms dino,saya punya am 92 bermasalah di idle yg naik turun setelah di tune up manual di bengkel tanpa engine diagnostic,kira2 apa masalahnya yg hrs diperbaiki?

  26. om dino maaf ganggu saya mau tanya maestro sya tahun 91 knpa tiap mesin sudah nyala sekitar 1/2 jam air radiator langsung panas mendidih tadinya saya pikir karna ada yg bocor deres diselang radiator otomatiskan air radiator berkurang jdi air lgsung panas mendidih ternyata setelah sudah diganti tpi tetap saja aair masih mendidih sekitar 1/2 mesin nyala
    mohon sekali infonya om dino krna sya pemula bru ada rezeki jdi kepikiran bgt terimakasih om dino yg terhormat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s