Setting Irit Honda Accord Maestro cara Pahe . Bisa Dilakukan sendiri untuk Pemula

Cara seting yang akan ane bahas adalah cara sederhana/ basic.

Sebenarnya ada cara yang jauh lebih advance semisal setting semi sport dengan memperbaiki aliran udara dan asupan bahan bakar serta memperbaiki efisiensinya dengan cara bongkar mesin.

Atau dengan menggunakan Piggyback semisal dastek .

FC standart Maestro untuk kondisi macet dalam kota adalah 1: 6,5 s/d 1,7 km/liter. Sementara untuk luar kota 1: 11 s/d 1:12 km/liter.

Melihat angka yang jauh antara dalam dan luar kota bisa disimpulkan bahwa management ECU maestro , membuat pembakarannya kaya pada putaran rendah. Atau istilah pebengkel mesinnya basah untuk dalam kota.

Satu satunya jalan untuk memperbaikinya adalah dengan menggunakan piggyback yang akan dijelaskan dalam topik selanjutnya. Dengan piggyback maka kita bisa mensetting semprotan injector di tiap rpm sesuai dengan keinginan kita, dengan syarat tenaga lumayan Fc juga bagus.

Langkah2 sederhana untuk membuat irit adalah sbb:

1. Setting RPM . jangan terlalu tinggi cukup 800 rpm kondisi iddle tanpa ac.

throtel
Caranya adalah putar mur seperti ditunjuk pada panah no 1. Putar sampai rpm sesuai.
2. Setting Iddle UP AC jangan terlalu tinggi.
Posisi panah no 2 pada EACV. Putar sampai rpm naik menjadi 850 rpm.  ( Mur bintang )
panah no 5 adalah fast iddle. menggunakan cara mekanik termostat. Berguna untuk pemanasan di pagi hari. Kondisi fix tidak bisa di seting. Rpm saat pagi sekitar 1500 s/d 2000 rpm.
speedo
3. Setting CO pada ECU.
Ecu maestro seperti halnya cielo atau genio masih menggunakan soket lama non OBD 1 atau OBD 2.Ecunya Fixed .  Kita hanya bisa mnggunakan Engine analiser / diagnostic untuk melihat kerusakan sensor tanpa mensettingnya.
ecu
Posisi  ECU dibawah kaki penumpang depan. Di bawah karpet.
Setelan seperti tanda panah , adalah 180 derajat maksimal dari kiri ke kanan.
Apabila setelan kita putar CCW ( berlawanan jarum jam ) , maka CO makin tinggi.  CW ( searah jarum jam ) CO makin rendah.
CO tinggi menujukkan bahwa campuran bahan bakar makin kaya.
Cara setting adalah : putar mur maksimal ke kanan ( miskin / Lean ) , lalu kurangi sekitar 10 s/d 15  derajat kekiri ( rich ).
4. SETTING PENGAPIAN
Distributor:
DISTRIBUTOR ACCORD MAESTRO
Set waktu pengapian yang sesuai.
Sebenarnya secara standart sudah ada patokan pabrikan untuk derajat pengapian.
Tapi untuk kondisi mobil yang sudah tua dan ada potensi banyak kerak di piston , maka patokan tersebut bisa sedikit berubah.
Maestro tidak memiliki ECU yang advance dengan sensor knocking seperti mobil2 terbaru , yang bisa memundurkan pengapian apabila ada sedikit knocking/ ngelitik.
jadi kita harus mensettingnya secara manual.
Putaran distributor advance ( maju ) adalah berlawanan dengan putaran mesin .
Putaran distributor mundur ( retarded ) adalah searah putaran mesin.
Cara mudah melihat arah putaran mesin adalah melihat putaran V- belt power steering atau AC saat mesin hidup.
Caranya untuk setting pengapian sbb :
Kendorkan 3 bautnya.
Putar dist ke depan atau ke belakang seperti pada foto.
Putar mendekati maksimal kebelakang agar pengapian maju / advanced.
Lalu lakukan trial error . start mobil. Masukkan gigi 2 . Gas maksimal sampai 4000 rpm atau lebih.
Akan terdengar suara knocking yang cukup keras.
Matikan mobil. Putar distributor ke depan  ( retarded ) sedikit demi sedikit ( mungkin putaran setiap 1 mm / milimeter ).
Lakukan kembali langkah seperti langkah pertama yaitu gas mobil pada gigi 2.
Lakukan terus sampai suara kocking hilang.
Lalu kencangkan 3 baut distributor.
Apabila langkah dilakukan dengan benar , maka pengapian mobil sudah di stel maju maksimal ( limit ) tanpa ada knocking.  Biasanya suara mobil lebih halus , dan tarikan lebih instan.
Level : Pemula.
Lama setting : sekitar 20 menit.
5. ganti saringan udara yang kotor.
Kotoran akan mengurangi asupan usara ke mesin.
6. Cek kebocoran2 pada selang2 vacum.
7. Modifikasi Kepala Busi.
Modifikasi ini diilhami pada seting sepeda motor yang biasa digunakan untuk balapan.
yaitu memotong kepala busi dan menekuknya ke arah elektroda   sbb:
busi standart:
busi standart
Busi Hasil Modifikasi :
busi
Tujuannya agar percikan api busi lebih besar dan  arahnya direct ke ruang  combustion. Awalnya saya skeptis dengan cara tersebut. Tetapi ternyata hasilnya  diluar dugaan.
Cara yang sederhana  tersebut ternyata menaikkan akselerasi  di putaran bawah cukup instan.
Coba saja deh kalau nggak percaya.
8. Stel Kerenggangan Valve sesuai standart pabrikan.
Pada kondisi mesin dingin :
Katup in : 0,25 mm
katup out : 0.3 mm
Penulis sudah mencoba kombinasi kerengganan katup dari 0,1 sampai 0,35.
Hasilnya yang memiliki kompromi tenaga dan FC yang terbaik adalah kerengganan 0,25 in dan 0,3 ex.
Setting renggang boleh dicoba untuk perbandingan:
Setting  renggang 0,3 in dan 0,35 ex.
FC sedikit agak membaik , mungkin naik sekitar 0,2 km/liter. ( tidak terlalu signifikan )
Akselerasi sedikit lebih baik.
Suara mesin jauh lebih kasar. Terutama pada rpm diatas 2500.
Kalau menurut ane sih karena suara mesin kasar , dan seperti ada suara dengkuran kucing pada rpm 3000 keatas , jadi nggak rekomen.
setting valve accord
9. Kampas Kopling atau Matahari yang lemah juga mengakibatkan FC memburuk.
10. Ban standart jangan terlalu besar demikian juga velgnya cukup ring 15. Ban maksimal 195 65 R 15. sudah cukup baik untuk kompromi fc dan kenyamanan.
11. Gaya mengemudi yang halus.
12. Tekanan ban cukup 31 psi depan belakang.
About these ads
By dinolowrider

27 comments on “Setting Irit Honda Accord Maestro cara Pahe . Bisa Dilakukan sendiri untuk Pemula

  1. Saya punya accord maestro pgmfi 93. Pada saat berjalan, injak kopling rpm turun drastis dari 2000 – 3000 langsung ke 0 dan engine mati, beberapa kali terutama pada saat ganti persneling. Kata bengkel problem di EACV. Betulkah??

  2. Penyebabnya bisa bermacam macam. Cara untuk mengetahui penyebabnya adalah dengan mengurutnya satu persatu .

    Coba cek selang2 vakum mungkin ada kebocoran , lihat diagram di web ini. kemudian setel RPM untuk eacv dan setelan idle. kalau tetap tidak bisa , coba bersihkan trothle body dan tune up.

    Sampai saat ini ane belum pernah mengalami kejadian seperti itu , karena kerusakan EACV. Kerusakan eacv pada mobil ane hanya menyebabkan rpm naik-turun saat di pagi hari.

    Melihat gejala yang hampir sama yaitu rpm naik turun , menurut ane ada kemungkinan udara luar yang masuk ke dalam mesin ( ada udara bocor ).

    Untuk mengecek EACV bermasalah atau tidak , coba lepas konektor eacv saat mesin iddle. Apakah ada perubahan / penurunan RPM atau tidak. Kalau tidak bisa dipastikan ada kerusakan pada EACV.

    Kerusakan EACV juga bisa mengakibatkan RPM terutama di putaran tinggi tersendat atau bahkan mati. Kalau langkah2 diatas tidak menyelesaikan masalah , bisa juga kerusakan terjadi pada EACVnya.

  3. Ok, thank advicenya. Sudah saya coba lepas EACV dan nggak begitu pengaruh, hanya rpm turun-naik dikit, harusnya kan engine stop. Saya nekat beli EACV 800rb di Atrium Senin and langsung ganti sendiri. Hasilnya top markotop, AM bisa ngacir lagi gak pake mati. Tapi memang sebelumnya saya temukan deposit karat yang menyumbat saluran masuk EACVnya, sudah saya cleaning sebelum ganti baru. Just sharing, kata pedagang spesialis part honda, memang salah satu penyakit Maestro di EACVnya terutama yang belum pake coolant. Saya juga bongkar bekas EACV, dan banyak korosi pada dinding2nya (mengerak), sudah susah untuk dibersihkan.

  4. saya punya estilo 92 kondisi normal.
    tapi waktu dikontak on, CEL menyala disertai bunyi “ngeeeng”, trus CEL mati selama 2 detik, tapi bunyi “ngeeeng” ada terus.
    seingat saya dulu setelah CEL mati bunyi “ngeeeng” berhenti berganti bunyi “teek” gitu.. kejadian ini setelah Turun mesin.
    kira2 normal gak ya? atau malah bermasalah..
    kalo bermasalah apa yang harus saya lakukan?
    mohon pencerahannya

  5. Salam kenal Bung Dino…
    Bung,maestro 93 injeksi yang saya punya untuk menyeting irit bbm apakah prosedurnya sama dengan yang Bung Dino terangkan diatas..ini punya saya jika gigi 2 agak ndut2an trus waktu saya bawa ke bengkel untuk minta di setting kok bengkelnya bilang ga bisa diseting secara manual..trus sebenarnya bagaimana Bung Dino ?
    Terima kasih banyak sebelumnya

    • ECU maestro memang tidak bisa di setting melalui engine diagnoser.
      Demikian juga dengan ECU honda yang lain , dan rata2 mobil jepang tidak bisa di seting.

      Kecuali mobil2 eropa semacam VW yang memberikan keleluasaan mesetingnya melalui engine diagnoser.

      Makanya ada alat seperti piggyback yang membypass ecu dan mensettingnya.

      Tetapi system ecu jadul maestro masing memberikan kita sedikit ruang untuk mensetingnya secara manual.
      Coba lihat di blok ini.

      Menurut saya bengkel tersebut mungkin tidak punya referensi menseting maestro. Atau munghkin malas saja hehehe….

  6. salam kenal bang dino,
    saya punya maestro 93 tapi kalau pagi rpm naik turun trus kl habis dipakai malah susah di start tolong dong om apa masalahnya dan solosinya makasih om dino sebelumnya

  7. AM saya thn 90 karbu, kenapa begitu mesin hidup dan kaki dilepas dari pedal gas mesin langsung mati, dan kalau jalan ndut-ndutan. Pertama saya kira gara2 busi tapi setelah diganti tetap saja. Info tambahan kalau ac dihidupkan mesin tidak mati tapi rpm hampir 2rb. Mohon bantuannya terima kasih

  8. saya bru pertama kali pake honda cielo thn 94 akhir,cm pgn nnya cri nyeting biar mobil ane g terlalu boros gmn ya?kmren sy coba kira2 konsumsi bbm nya 1L:6km..mksh,,,

  9. Permisi om, mau tanya-tanya lagi nih, setting co itu kok ada 2 versi ya om, ada juga yang bilang kalo berlawanan jarum jam itu co lebih sedikit/miskin, gimana ya om? Apa emang bisa setting nya beda-beda? Mohon pencerahannya ya om, terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s