Coolant Vs Air Destilasi

BAHAN UTAMA KARAT ADALAH :   BESI + AIR MURNI + OKSIGEN

Ada beberapa blog yang mengatakan bahwa air destilasi sangat baik untuk pengisi radiator. Karena tidak mengandung logam logam atau mineral mineral lainnya sebagai polutan.Benarkah demikian ??

Dengan melihat rumus diatas yaitu :    KARAT = BESI + AIR +OKSIGEN.

Maka dapat kita simpulkan bahwa Air murni / air destilasi adalah pencetus terjadinya karat.

Korosi atau perkaratan sangat lazim terjadi pada besi.  Besi merupakan logam yang mudah berkarat.  Karat besi merupakan zat yang dihasilkan pada peristiwa korosi, yaitu berupa zat padat berwarna coklat kemerahan yang bersifat rapuh serta berpori.  Rumus kimia dari karat besi adalah Fe2O3.xH2O.  Bila dibiarkan, lama kelamaan besi akan habis menjadi karat.

Ion besi (II)yang terbentuk pada anoda selanjutnya teroksidasi menjadi ion besi (III) yang kemudian membentuk senyawa oksida terhidrasi (karat besi), Fe2O3.xH2O.

Dari reaksi terlihat bahwa korosi melibatkan adanya gas oksigen dan air.  Karena itu, besi yang disimpan dalam udara yang kering akan lebih awet bila dibandingkan ditempat yang lembab.  Korosi pada besi ternyata dipercepat oleh beberapa faktor, seperti tingkat keasaman, kontak dengan elektrolit, kontak dengan pengotor, kontak dengan logam lain yang kurang aktif (logam nikel, timah, tembaga), serta keadaan logam besi itu sendiri (kerapatan atau kasar halusnya permukaan).

- Mencegah kontak dengan oksigen dan/atau air

Korosi besi memerlukan oksigen dan air. Bila salah satu tidak ada, maka peristiwa korosi tidak dapat terjadi.  Korosi dapat dicegah dengan melapisi besi dengan cat, oli, logam lain yang tahan korosi (logam yang lebih aktif seperti seg dan krom).  Penggunaan logam lain yang kurang aktif (timah dan tembaga) sebagai pelapis pada kaleng bertujuan agar kaleng cepat hancur di tanah. Timah atau tembaga bersifat mampercepat proses korosi.

Berikut adalah percobaan sederhana yang saya lakukan , dan telah saya sharingkan di forum serayamotor.

Dear All.
Ane melakukan uji coba sederhana , dengan tujuan untuk mempelajari kemampuan air ac vs radiator coolant dalam melindungi logam terhadap karat. Test dilakukan selama 1 minggu.
Caranya sangat sederhana , mencelupkan logam yang dites kedalam kedua larutan tersebut. Air ac yang dipakai adalah air buangan ac rumah. Sedangkan Coolant yang dipakai adalah coolant berwarna hijau ( merk nggak usah disebut ya…. :e-dance: ).
Hasilnya terlihat dalam foto dibawah.

Hasil dalam test 1 hari :
Image
Image

Pada hari kedua ane tambahkan paku berkarat dalam sebagai bahan uji coba.

Hasil Test dalam 1 Minggu:
Image
Image

Image
Image

Air AC terlihat sangat keruh dan banyak endapan karat di dasar wadah. Sementara untuk coolant ada sedikit perubahan warna / kejernihan coolant , dan tidak terbentuk endapan karat sama sekali dalam wadah. :e-clap:

Kesimpulan :
Air AC / destilasi / Air Murni sangat tidak dianjurkan digunakan sebagai air radiator.
Karat yang terbentuk begitu cepat. Bahkan pada hari pertama sudah terlihat endapan karat dari logam. :off_no:

Coolant sangat berguna melindungi logam dari timbulnya karat. karenanya coolant WAJIB digunakan untuk air radiator mobil agar usia engine mobil bisa lebih long life.

Coolant tidak dapat melindungi 100% terhadap logam yang sudah berkarat , tetapi sangat membantu mengurangi terbetuknya karat yang terjadi. ( Hal ini terlihat dari warna coolant yang sedikit keruh di hari ketujuh ). Kemampuan coolant berkali lipat daripada air ac dalam melindungi logam dari karat. :off_good_job:

Estimasi ane dan hasil survey ane terhadap mobil yang memakai air biasa / ledeng : ketahanan radiator berkisar 1 sampai 2 tahun sebelum jebol , dan wajib ganti radiator.
Ketahanan engine ( aluminium ) terhadap korosi , belum diketahui. Tetapi estimasi berkisar 6 sd 10 tahun sebelum akhirnya wajib me= mapas kepala blok silinder akibat air yang masuk ke dalam ruang bakar.
Air menimbulkan korosi terhadap aluminium , terutama intrusi menuju combustion chamber melalui packing silinder yang terbuat dari besi ( Lebih cepat berkarat daripada aluminium ). :twisted:

Air yang sudah sedikit merembes melalui packing silinder , sebelum menuju combustion chamber, terkena panas tinggi biasanya menimbulkan lobang2 / pori2 kecil pada permukaan aluminium , seperti batu yang termakan oleh tetesan air. :frm_bang_head:

 

Pada pipa2 aluminium , dan sambungan2 HOSE biasanya lebih cepat korosif . Banyak ane temukan pada mobil2 yang sudah tua , pipa2 aluminium patah karena korosi. Korosi aluminium berupa serbuk putih seperti serbuk kapur.

MITOS : yang mengatakan air AC baik untuk Radiator salah besar. ( Biasa dikatakan oleh tukang las radiator yang diamini oleh para pengguna  ). :frm_shock:

Bahkan beberapa pabrikan mobil memperingatkan keras / melarang penggunaan air destilasi  saja sebagai air radiator serta tidak menanggung garansi  kerusakan , kebocoran yang terjadi .

Selanjutnya ane akan coba upload foto2 korosif air radiator/ledeng terhadap radiator dan engine. Moga berguna.
Trimas a lots.

Ini kerusakan yang diakibatkan karena tidak memakai radiator coolant. Perlahan tapi pasti menyebabkan kehancuran radiator dalam 2 sd 3 tahun , dan kerusakan di head cylinder danw ater jacket , wajib turun mesin untuk mengganti packing atau memotong / papas kepala silinder.

Untuk radiator yang pernah bocor karena telah terserang karat (ditandai dengan warna air coklat), WASPADALAH.

Dapat ane katakan nyawa mobil adalah oli dan air. Mobil yang memakai oli kualitas baik , mengganti oli sesuai jadwal , serta memakai coolant dari baru , usia mobil bisa long life. Bahkan sesuai dengan sharing pengalaman ,ada yang bisa mencapai 20 tahun bahkan lebih , atau 900.000 Km tanpa turun mesin.

Untuk yang berniat mencari mobil bekas , terlebih dahulu lihatlah radiator , buka cap-nya. kalau melihat si empu mobil tidak memakai coolant dan warna airnya coklat , urungkan niat untuk membelinya.
Karena dapat dipastikan dalam jangka waktu dekat , wajib ganti radiator , bahkan turun mesin.

Untuk yang telah terbiasa memakai air biasa , dan melihat karat sudah terbentuk dalam radiator , segera kuras air. Bilas dengan menggunakan air bersih , 3 sampai 4 kali , sampa air buangan terlihat jernih.
Jangan pernah memakai RADIATOR FLUSH , karena justru akan mengikis kerak karat dan menyebabkan radiator bolong berpori – pori. Isi dengan coolant yang sesuai spec. Dan berdoa :e-pray: semoga tidak terjadi kebocoran …hehe..

Untuk radiator yang sudah diservis dengan cara dibongkar dan digosok gosok , lalu di solder kembali , biasanya kembali akan bocor dan mampat karena karat yang sudah terlalu parah.

Untuk radiator yang sering bocor , menambah air radiator setiap beberapa hari sekali , WASPADALAH. ini menandakan ada kerusakan / rembesan baik di radiator ataupun di tempat lain , baik di hose / selang2 karet dan engine. Ini juga ciri perawatan cooling system yang kurang baik.

Untuk cooling system kendaraan yang dirawat dengan baik , menambah cairan biasanya sekitar 2 atau 3 bulan sekali , bisa dilihat di tangki reservoir. ini terjadi karena ada sedikit penguapan dari air pendingin. Tetapi untuk lebih baiknya check ketinggian reservoir sekitar 1 minggu sekali.

Hampir semua pabrikan mobil eropa , AS , Jepang misal honda dan Toyota, melarang penggunaan coolant yang mengandung silikat dan borat , karena akan menyebabkan pegikisan water pump. Karenanya pabrikan coolant saat ini mengeluarkan coolant jenis baru yang memakai OAT / bahan organic sebagai pengganti. Memiliki sifat lebih kuat terhadap suhu dan udara sehingga lifetimenya sekitar 5 tahun bahkan lebih. Sedangkan yang konvensional memiliki lifetime 2 tahun.

Khusus untuk prestone : organic ( OAT ) adalah type extended life berwarna orange , botol silver. Sampai sekarang penggunaan coolant tanpa silikat dan borat ini masih pro dan kontra. Karena penggunaan colant konvensional ( Misal prestone hijau ) , tidak menimbulkan masalah dipakai bertahun2 lamanya.
Justru coolant OAT , banyak yang melaporkan bereaksi terhadap seal karet , sehingga mengakibatkan kebocoran. Inipun masih pro dan kontra. Karena banyak pemakai yang memakai tanpa ada masalah.

Walau nggak ada masalah dengan coolant konvensional , Ane sekarang mencoba memakai prestone orange , untuk coba coba aja..walau jujur masih ada rasa ragu. Mungkin lebih aman memakai coolant dari pabrikan mobil ya???? heheheh… Ternyata setelah 3bulan memakai coolant orange , mulai terjadi kebocoran di karet2 seal dan seal waterpump. Dimana kejadian ini tidak pernah saya temui sebelumnya ( sekitar 17 tahunan ini ).

ternyata pemilihan coolant RUMIT BANGET YA ??? Nggak seperti yang dibayangkan sebelumnya , yang penting ada warnanya udah cukup dan bikin tentram hati… :big_peace:

Berikut Foto2 kerusakan radiator dan head silinder engine karena tidak memakai coolant:

1.Air yang merembes ke dalam ruang bakar , karena kerusakan gasket dan porosity head silinder
2.Saluran water jacket berwarna coklat orange menandakan karat sudah parah
Image

Kerusakan Radiator Opel Blazer
Image

Selang Hose yang dibelah menunjukkan karat yang sangat parah
Image

Anda nggak pengen khan mobil anda mengalami seperti foto2 di atas.
Makanya jangan percaya MITOS tukang radiator yang mengatakan Air Murni / destilasi saja , sangat baik bagi radiator bahkan banyak tukang radiator yang melarang penggunaan coolant . Ane ngggak habis pikir deh… :off_no:
Ane searching di google , masih banyak banget website / blog yang masih menyarankan penggunaan air destilasi tanpa coolant untuk cairan pendingin. weleh weleh…. :e-doh: :e-doh: :e-doh: :e-naughty: :e-naughty:

Coba bandingkan dengan kondisi radiator AM93 saya yang sudah berumur 18 tahunan dan masih orisinil sbb :

radiator

Hal ini adalah mutlak / wajib. Untuk mobil yang sudah tua , jangan sekali2 memilih mobil yang memakai air biasa. Karena biasanya kondisi Head silinder saat menyentuh diatas 250.000 km sudah korosif termakan air. Lama lama kompresi pembakaran engine  bocor dan head silinder harus di bubut. Demikian juga dengan pipa2 di water jacket engine dan pipa pippa throtle body biasanya sudah patah kemakan korosi.Pastikan selalu sejak baru mobil honda anda memakai cooant yang sesuai.

reservoir copy

Foto yang memperihatkan level coolant yang masih di batas maksimal walau sudah berjalan selama 1 bulan dengan jarak tempuh hampir 2000km di kondisi dalamkota yang padat dan panas.  tanpa menambah coolant.

System pendingin yang normal dan tidak terjadi kebocoran membuat coolant sangat awet. Cukup mengecek level air 1 bulan sekali cukup. Tidak perlu tiap hari menambah coolant.

Hal tersebut hampir mustahil ditemui pada mobil yang tidak memakai coolant.

Mesin Orisinil standart , belum pernah Overhaul.

engine-bay

Tidak terjadi kebocoran oli dan kompresi.

oli

Bagaimana ??? Masihkah berani anda memakai air destilasi. heheheh…..

About these ads
By dinolowrider

62 comments on “Coolant Vs Air Destilasi

  1. Bisa dengan cara sendiri saja.
    Tidak perlu ke bengkel.

    Carannya buka tutup radiator atas.
    Buka kran penguras radiator ( bentuknya seperti kupu kupu ). Dibagian bawah radiator. TUnggu sampai air radiator benar2 terkuras.
    Tutup kembali kran penguras.
    Isi air radiator coolant sampai penuh.
    Hidupkan mesin.

    Hidupkan ac beberapa detik. Karena saat tombol ac kita nyalakan . otomatis air mengalir melewati pipa pipa karet dimana masih terjebak banyak udara didalamnya.

    Matikan mesin. terlihat air radiator sedikit turun dari batas maksimal.
    Isi kembali coolant sampai penuh.

    Selesai.
    Nb : Jangan lupa kuras coolant di reservoir dan ganti dengan coolant yang baru.

  2. kl air radiator, sy dah pake coolant dr dl terbukti bagus, tinggal 1, sy belum temukan stelan klep yang tepat buat accord 84. sy pergunakan kabel n coil racing, fair filter racing celah klep inlet 20 outlet 30… fuel consumption 1 : 9 o ya sy pake ring velg ukuran 16″.. minta saran agar fuel consumtion lbih irit tanpa mengurangi tenaga…… thanks

  3. thanks boss, besok saya cari kran nya itu, harus dari kolong yha biar keliatan itu kran nya? ato pas buka kap mesin dah keliatan??

  4. mohon bantu boss
    baru dapet AM92 2 thn ini.jadi pake air distilasi.pemilik lama sepertinya pake air biasa (ga tau keran atau air mineral)…agustus 2011 baru kuras radiator…skrg di reservoir airnya warna coklat…di tutup radiator jg demikian..kalo pagi distart air muncrat skitar 10 cm dr mulut radiator..km udah 169rban..temperatur di arah angka 9 naek dikit..tiap mau naek AM selalu tambah air skitar 60ml..apa aman kalo pake coolant?temperatur harusnya di arah mana sih yg bagus?
    trims banget boss..

    • Dengan asumsi tidak ada kebocoran di radiator atau jalur lainnya :

      Ada kerusakan di tutup radiator. Ganti tutup dengan yang baru. Gunakan yang bertekanan lebih kecil dari standart , misal standartnya 1,1 atm. Gunakan 0,9 atm. Pilihlah yang bermerk denso. Nohon teliti dalam membeli. ada perbedaan antara merk denso orisinal dan palsu. ciri yang ori pirnya lebih lembut.

      Tujuannya menggunakan tekanan rendah adalah agar tekanan di dalam radiator dan selang2 lebih rendah membuat kerja lebih ringan.
      Berdasarkan pengalaman saya tidak ada pengaruh terhadap temperatur.

      Coba kuras air radiator sampai bersih. Warna coklat menandakan adanya korosi di dalam system pendinginan. Biasanya yang rentan bocor adalah radiator dan pipa besi saluran dari water pump. letaknya melintang di atas filter oli.

      Ganti air dengan coolant. pakai coolant dengan konsentrasi yang tidak terlalu besar. Misal prestone standart 50: 50% , gunakan 65% air dan 35 % coolant.

      Karena konsentrasi coolant yang terlalu pekat justru akan membuat logam radiator yang sudah tipis karena karat lebih panas/ bekerja lebih berat.
      Sebenarnya efektifitas air murni dalam menyalurkan panas adalah yang terbaik dibandingkan coolant apapun.
      tetapi air murni memiliki kelemahan tidak memiliki perlindungan terhadap karat.

      temperatur normal adalah sedikit dibawah separuh. Coba cek kipas / fan. Saya pernah mengalami temperatur sedikit di atas separuh , ternyata kipas ac mati. Terutama saat kondisi macet , temperatur naik. tetapi saat kondisi jalan lancar , temperatur normal.

  5. iya mas selama ini saya pake air distilasi. blom berani pake coolant. montirnya ga rekomen. takut malah mampet dan masalah.
    tutup radiator dulu sempet pake 1.1. balik lagi ke 0.9. ga ada bedanya.
    tapi yang saya bingung temperatur di dashboard ga pernah turun. mulai start kalo pas dipanasin selalu mentok di arah angka 9 naek dikit. dulu waktu ga pake termostat pas nyalain ac temperatur bisa turun sampe arah angka 8. skrg mau macet ato ga macet, pake ac ato kagak tetep di situ nongkrongnya tu jarum. termostatnya dipasang lagi.
    ketinggian ga ya suhunya? apa udah termasuk overheat kalo di angka 9 naek dikit?
    trims mas

    • Saran saya tetap pakailah coolant. Montir yang nggak rekomen berarti harus disuruh belajar terlebih dahulu hehehehe. Just Joke.

      Saya menganggap AIR LEDENG dan AIR DESTILASI adalah sama. Sama sama H20. Jadi efek terhadap karat juga sama. Kesimpulannya kalau anda membeli air destilasi , itu hanya pemborosan . Karena efeknya dengan air ledeng adalah sama. Mending pakai air ledeng , tidak harus beli atau susah payah mencari/mendapatkannya.

      Kalau anda memakai coolant , berarti anda melindungi mesin anda dan saluran water jacket dari karat , membuat packing head silinder lebih awet , tidak berkarat . Biasanya maestro yang tidak memakai coolant , saat menyentuh km 250 ribu sampai 300 ribu , harus buka setengah mesin / cyl head , karena bocor.

      Tetapi maestro yang sejak awal memakai coolant , usianya bisa sampai 900 ribuan ( asumsi sama dengan Civic genio ) , bahkan life time.

      Kelemahan kalau anda sudah lama memakai air ledeng terus memakai coolant , biasanya radiator bocor. itu doang. Karena radiator bekerja ebih berat.

      COOLANT BUKAN MENGIKIS RADIATOR SEPERTI KATA MONTIR. tetapi coolant menyelimuti radiator dengan zat anti karat. kalau radiatornya sudah soak karena setengah berkarat , biasanya bocor.

      Paling mahal harga radiator baru 900 ribu ( itu kalau kita ganti total / bukan servis radiator). Tapi mobil anda dijamin maknyus sampai beratus ratus ribu kilometer.

      Pilih mana , bongkar mesin atau bongkar radiator ????

      Suhu diatas separuh , ini adalah ekses pemakaian air biasa. Selama suhu tetap manteng di sini tidak pernah lebih , saya rasa masih aman. Coba lakukan pembersihan di termostat dan radiator. Cek juga kecepatan kipas radiatornya.

      • siap pake coolant mas dino…
        ada rekomendasi coolant yg bagus dan ga repot? jadi ga pusing ngitung perbandingan2 segala hehe

  6. Mas Dino,
    Saya pake AM 93 PGMFI manual, mau ganti cooling fan motor yang besar dan kecil, kira2 mobil apa yang sama dengan punya maestro ini ya. Saya juga mau ganti timing belt yang panjang dan pendek, untuk ngirit ongkos pasang, part apa yang bisa diganti bersamaan dengan ganti timing belt tersebut. Please inform pricenya ya untuk budgeting. Thank.

  7. Fan Motor Sebalah kiri ( Deket Aki ) persis punya Avanza.
    Fan sebelah kanan , ane belum pernah ganti , jadi nggak punya info.

    Mengenai TB , ganti dengan yang orisinil. Harga yang panjang dan pendek hampir sama. Ori di kisaran 300 ribuan.
    Ganti juga tensionernya.

    Kalau yang bisa diganti bersamaan dengan timing belt . adalah Water Pump. Saya pernah mengalami kebocoran seal water pump karena pemakaian coolant yang salah yaitu prestone warna orange.( seharusnya hijau ).

    V- Belt juga bisa diganti.

    Coba juga , cek seal2 oli. Misal seal camshaft dan crankshaft. Ganti kalau ada kebocoran oli mesin dari samping / dekat daerah water pump dipastikan seal bawahnya sudah getas.. Khusus seal bawah , untuk menggantinya biasanya mudah saat penggantian water pump.

    Khusus untuk penggantian water pump , cek pemasangannya. Jangan terlalu ketat karena akan memperpendek umur bearing waterpump . Dan biasanya disertai bunyi . Yaitu bunyi kasar berselang seling. Yaitu bunyi – senyap , bunyi senyap. Ini diakibatkan karena tekanan terlalu besar di bearing/ puley water pumpnya. Coba lihat di petunjuk pemasangan ( di kardus kemasannya .).

    Untuk pricelistnya , maaf ane agak lupa. Karena udah lama.

    • Belum tentu. kebocoran packing silinder bisa ditandai dengan coolant yang panas dan starter susah akibat kebocoran kompresi. tenaga yang turun. kalau parah mesin tidak bisa nyala.

      air muncrat bisa saja terjadi akibat efek kejut dari water pump yang pertama kali bekerja.

      • yup betul sekali… terima kasih atas koreksinya om… klo muncratnya tinggi sekali cylinder head kena? betul om Dino? CMIIW

      • Nggak lah. Normal aja kok.Kalau logikanya kebocoran koompresi mengakibatkan air muncrat , berarti udah parah banget. Dan pasti mobil udah nggak bisa jalan.

        Kalau kebocorannya nggak terlalu parah , biasanya temperatur coolant tinggi. mesin overheat. Lama2 mati.

  8. Mas Dino
    Baru kemarin saya ganti head radiator atas yg hitam panjang AM Matic Saya Th 92, kejadiannya memang sudah seminggu yg lalu, mbl di pinjam kaka saya ke bdg, dan over heat djalan, terjadi kebocoran rembesan di tutup radiator atas yg hitam panjang itu, saya br pakai maestro ini bejalan 7 bln, sempet di buka di Purwakarta oleh tukang radiator oli sealnya pun di katakan sudah putus dan getas, dan tidak di pasang dan dia hanya membenarkan sementara agar kuat jalan hingga plg ke bgr, dengan meng sealant warna merah di radiator tersebut, sesampai mbl di bgr oleh kaka saya yg bawa, saya benarkan kembali, dan saya belum mendapatkan oli seal radiator tersebut, dmana bisa saya dapatkan? Dan berapa harganya? Kmrin di bengkel pun saya sdh beli tutup hitam panjang radiator tersebut, tan oli seal, dan bengkel pun memasangnya dengan leam anti panas hanya saja bewarna transparan. Hari ini br saya bawa jalan 18 kilo agak macet overheat kembali, dan air dalam radiator kosong dan saya isi ga penuh2 ada kebocoran blm jelas saya lihat dr bawah. Dan saya tinggalkan mbl di parkiran stasiun, tdnya mau saya test bawa ke jakarta ke kantor tp sudah over heat duluan, ini yg ke2 x nya sebelumnya sudah di kuras thermostat memang sudah tidak ada, gunakan air coolant, berjalan 4bln normal, hanya saja kemarin ke bandung di pakai kaka overheat, dan di gantu tutup radiator yg ga jelas merknya, saya mau tanya dimana saya bisa dapatka oli sealnya, dan berapa harganya? Solusinya gmana? Maklum baru pertama x pakai maestro’.Thanks.

  9. saya juga pernah mengalami nya, cover plastik radiator atas dan bawah sudah pernah saya ganti karena bocor. Masing – masing satu kali.

    Cover bawah saya ganti saat km 130 ribuan ( sekitar 10 tahun yang lalu ).
    Sementara cover atas saya ganti pada km 250 ribuan sekitar 2 tahun lalu.
    Harga cover merk nippondenso ( entah asli apa nggak Rp 275 ribu , keawetannya setara original ).

    Cover bawah tidak ada masalah sampai sekarang.
    Sementara cover atas ada masalah , karena pengerjaannya di tukang radiator lain yang kurang jago. Selalu ada rembesan di karet sealnya.

    Akhirnya , pengerjaannya saya kembalikan pada bengkel radiator langganan ane dulu.
    Walau agak susah , karena pangkon cover udah agak melengkung karena di ketok sana sini , terus menrut tukangnya , sealnya orinya udah ngak dipake.

    Tapi saya nggak jelas , mereka memakai seal apa sebagai pengganti.?

    Ongkos lumayan mahal rp 100 ribu.
    Tapi pengerjaannya rapi tanpa ada sedikitpun lem sealer atau sealer antipanas.

    Sampai saat ini nggak ada masalah. tidak ada kebocoran.

    Karet seal saya rasa tidak ada yang menjual. Tetapi ane yakin tukang radiator punya optionalnya, entah dengan memakai karet seal yang lain.

    Sempat terbersit keinginan mengganti dengan cover tembaga karena mudah mpengerjaannya . Tetapi karena ane mempertahankan orisnilitas radiator , saya urungkan.

    Saran saya , lakukan pengerjaannya di bengkel radiator yang baik, karena pengerjaannya rumit. Tidak semua tukang radiator bisa menanganinya. Ciri bengkel radiator yang baik adalah , biasanya agak besar dan ramai. Bukan bengkel kecil pinggir jalan.

    Utarakan permasalahan tentang seal karetnya yang sudah bermasalah , apa mereka sanggup?? Jangan mau memakai lem sealer yang terlalu banyak di sana sini , apalagi berwarna merah atau bening.
    Minta garansi pada mereka , apakah mereka mau ???

    Atau option kedua , yang paling mudah adalah mengganti dengan cover tembaga. Dijamin tidak bocor , karena di solder dan tidak memakai sealer.

    Saya menemui masalah kebocoran di cover hanya 1 kali sampai saat ini.

  10. p. Dino, saya menggunakan AM th 91 manual, akhir2 ini setiap masuk persneling 3 agak alot kalo gak pas bisa ke posisi nol. Memang pernah baut kokel yg ada di blok mesin lepas shg persneling dalam posisi nol, Bagaimana cara mengatasinya ? terus kalo lagi parkir ditempat yg panas , steernya kok berat ?. terima kasih.

    • PENYEBAB MASUKNYA GIGI ALOT ADA 2:
      1,kampas kopling dan matahari / cover clutch sudah lemah/aus. sehingga pegas tidak bekerja maksimal
      2.ada kerusakan di sincromeshnya.
      Saran saya bawa ke bengkel lengganan anda,

  11. Mas dino, dari sejak pertama beli AM 92 saya, ternyata dari bengkel teman kasih info thermostat sudah dicopot, mungkin dulu pernah kejadian overheat saya kurang tahu, baiknya gimana ni? apa perlu saya belikan yang baru lagi atau dibiarkan tanpa thermostat? pengaruh gak sih mas thd kinerja cooling system?
    Kalo beli yg merk apa&harganya berapa.. trims

  12. Cara buka radiator bawah gmn ya pa dino?soalnya mw kuras radiator sendiri,(kalo bisa kasi fotonya ya pa,biar gampang,maklum newbi)
    Oiya Kalo coolant merk winmax gmn pa, recomennded ga, harga 5 liternya 40ribuan . . .
    Thanks pa dino

    • salah:
      Karat bukan hanya terjadi pada besi.
      baik aluminium atau tembaga juga bisa berkarat kalau teroksidasi.

      Dan yang pasti kandungan radiator adalah tembaga alloy/ campuran dengan besi.
      Pipa2 maestro yang terletak dibawah filter oli , terbuat murni dari besi.

      Karat yang parah pada mesin , membuat mesin aluminium mengalami cavitasi oleh air dan akhirnya bocor kompresinya.
      Karat pada aluminium membuat al menjadi seperti bubuk / serbuk putih.

      Just info:
      maestro , dengan cooling / coolant dan pemakaian yang baik bisa menyentuh 1 juta km tanpa turun mesin. ( ada di youtube )
      Tapi kalau dengan air sumur , dijamin saat 300 ribu km , sudah pada turun mesin , bubut head cylinder , selang2 throthle body patah dll.
      Atau bahkan gant mesin 1 gelondong heheheh…..

  13. Bang dino, temen ane menyarankan buat campuran coolant bisa make air aki tidak berbahaya, bagaimana bang? sebenernya boleh gak sih coolant dicampur dg air dg komposisi 50% 50%?

  14. Pingback: Honda Accord Maestro Vs Civic Genio | Alat Penghemat BBM

  15. maaf om am saya th93 injeksi rpm nya naik turun kata bengkelnya masalahnya ada pada EACV dan setelah saya ganti baru rpm tetep naik turun pas AC on, itu masalahnya apa ya om dino?

    • Kalau radiator sudah berkarat parah , saran saya ganti saja dgn baru. harganya 900 ribuan estimasi. Karena kebocoran pasti akan kambuh kembali.
      Buka lembaran hidup baru bersama coolant.

  16. mas, AM saya dari pemilik pertama udah pake air biasa.
    kemudian saya ganti dgn air mineral galon yg dijual ditoko2.
    jika saya akan mengganti dgn coolant, kira2 merk apa mas?? cara pakenya gmn?
    slinder headnya udh pernah dibubut krna tidak rata, blok mesin udah pernah dicor krna terkikis air hingga mendekati silindernya, apa kalo saya ganti pake coolant malah karat di mesin pada rontok dan menyumbat radiator???
    atau cornya juga ikut rontok??

    • pakai prestone ready to use warna hijau ( konvensional ). Jangan memakai warna lain ( ungu atau orange ) yang extended life. karena yang extended life itu memakai formula khusus ( organic acid technology ) yang akan merusak seal2 seal karet untuk mobil2 lama.

      Ada banyak orang yang mengatakan , kalau sudah lama memakai air ledeng , jangan memakai coolant. Menurut saya itu salah besar. Apapun mobil dan kondisi sebelumnya , WAJIB MEMAKAI COOLANT.

      Mesin yang sudah terkikis itu adalah akibat pemakaian air ledeng/ aqua dalam jangka panjang.
      Seharusnya hal itu tidak terjadi.

      Honda accord maestro bisa menyentuh km hampir 1 juta kilo tanpa turun mesin.

    • coolant tidak membuat karat rontok. Coolant melapisi karat / seperti analogi laminating terhadap udara sehingga karat tidak bertambah.

      radiator Flush yang membuat karat rontok.(jangan digunakan / dihindari)

      Pakai prestone hijau. janagn yang orange.

  17. waduh mobil ane msh pake air ac pak, krna pmilik sbelumnya jg pake itu..gmana caranya kuras radiator untuk diganti dgn coolant? pak dino bila berkenan boleh minta no contact ato email yg bs dihub untuk konsultasi ke sugeng2000@gmail.com..thanx

    • simple buka , tutup katup kupu2/kran di bawah radiator.
      kuras airnya. gunakan selang air kucurkan kontinyu ke radiator.Lihat sampai airnya jernih.
      Lalu ganti dgn coolant sampai penuh.

      Isi reservoirnya sampai penuh.

  18. mas dino minta masukannya untuk mobil hyundai accent 2001 apakah sama coolant yang digunakan prestone ready to use warna hijau, karena selama ini saya selalu menggunakan air untuk radiatornya,,terus untuk pengisiannya apakah radiator di isi penuh menggunakan coolant,,atau dicampur dengan air,,saya masih belum mengerti untuk penggunaa coolant di radiator,,thanks,,

    • ready to use tanpa campur air lagi. Kalau terpaksa sih nggak papa , cuma konsentrasinya menurun. Tapi tetap jauh lebih bakk daripada tanpa coolant.

      Kuras dulu pak radiatornya. lalu isi coolant sampai penuh.

  19. Mas Dino
    saya pake AM90, air radiator pake air buangan AC rumah, hiks baru tau saya kalo buat masalah, memang air radiator skrg , coklat keruh
    barusan saya ganti pipa waterpump karena air rembes dari sana , jadi air radiator selalu kurang
    nah sesuai article ini yang sangat2 membantu infonya , saya harus ganti coolant yang mana ya Mas Dino , sebab AM90 sudah 22 tahun, kmdn komposisinya berapa ? apa juga dicampur dengan air ac lebih baik daripada air ledeng yang banyak kaporitnya juga
    sebelumnya terima kasih banyak buat masukannya
    Boedi

    • Pakai merek apapun yang penting warna hijau , konvensional. Cari yang sudah terpercaya merknya atau produsennya. Ready use atau campur sendiri juga gak papa.

      coolant non ready to use Campur air ac lebih baik.

  20. siang mas dino, saya mau nanya, saya punya AM 93 manual, saya pernah dapat info mengenai kipas radiator yang hidup secara otomatis pada mesin mati, tapi AM saya tidak begitu, apa ada yang salah pada AM saya, klu memang ada yang salah apa yang harus di cek serta diganti agar bisa bagus lagi, O iya mas dino, saya pakai colant merek honda warna hijau apa bagus untuk AM mengingat Umur AM udah minginjak usia 20 tahunan. mohon infonya mas dino. makasi sebelumnya

    • Kipas radiator hidup saat mesin mati , itu pertanda mesin agak overheat . sekitar 102 derajat celcius. biasanya itu pertanda ada ketidak beresan pada cooling system engine. Atau Kipas lemah , atau air radiaytor levelnya kurang.

      Pada maestro saya tidak pernah terjadi. Kondisi sehat.

      Untuk coolant Honda , sory sya tidak pernah memakai.
      Saran saya untuk mobil jadul , gunakan coolant convensional , tanpa teknogi OAT karena merusak seal2 karet.
      Melihat warna , bisa jadi coolant honda hijau adalah konvensional. Tapi saya tidak bisa memastikan.

      Yang sudah saya pakai selama ini dan terbukti tidak ada masalah sama sekali adalah Misal prestone ,baik ready to use ataupun tidak.
      pakai merek lain juga gak papa , yang penting wara hijau.

      • Saya sangat berterima kasih atas info dan keterangan dari mas dino, mudahan ini juga bermamfaat bagi saudara2 kita yang mempunyai keluhan seperti yang saya utarakan diatas, makasi mas dino

  21. masbro saya sudah membaca blog anda…
    saya tergelitik untuk merevisi statement anda……dengan istilah distilasi = air ac = air sumur adalah salah kaprah…..

    air ac itu adalah pengembunan dari evaporator ac dan melalui selang2 ac yang didalamnya sudah terkandung unsur lumut mikroba bakteri dlsbgnya… sehingga kalo dikatakan air distilasi anda bisa diketawain sama dokter ilmuwan ato dllsbganya….

    air sumur ada unsur air ( H20 ) dan juga mineral mineral lain seperti caco3, lumut, bakteri dll sbgnya yang notabene adalah caco3 menimbulkan kerak…… kalo ga percaya buat rebusan air dari air sumur di panci tiap hari….. lakukan sebulan atao setaun dech.. muncul kerak2 putih.. sehingga kalao dipake di mobil ya tau sendirilah……. terjadi penyumbatan di radiator dan selang2 / pipa logam….
    apalagi kalo anda memakai air sumur di daerah jakarta deket priok sana malah lebih berkarat lagi karena ada remebesai air laut….

    kalo air distilasi/air suling/air aki (air aki yang bukan h2so4 loh ya) adalah proses pengembunan dari uap air… bisa dilihat di wiki…

    http://en.wikipedia.org/wiki/Distilled_water

    dengan penguapan air ini ( boiling water = 100 derajat celcius ) sudah hampir steril tanpa mikroba mikroba patogen, unsur caco3, garam dllsbgnya….. bisa anda buktikan lewat mikroskop kalo punya hehehhehe…. jadi anda bisa aman untuk minum air ini (ini yang dinamakan air aki / aquades kalo anda pernah belajar kimia waktu sma)

    • nambahin lagi, penulis yang sama di atas…. coolant radiator itu adalah air destilasi yang ditambahkan anti-rust agent(senyawa kimia anti karat) dan boiling agent ( penaik titik didih air, sehingga seharusnya titik didih air 100 derajat naik diatasnya, unsurnya ya bisa tanya ke guru sma anda sendiri kalo pengin lebih tahu hehehehe), dan ada beberapa produk yang ditambah anti-freeze agent ( yang di negeri empat musim sana berguna untuk menurunkan titik beku air, kalau musim dingin).

      jadi kalo ente pake air distilasi buat air radiator, kalo ga punya stok coolant radiator sih sah2 aja… karena unsur2 mineral peyumbat radiator ga ada…..

      seharusnya ente percobaan jangan pake air ac yakkkk beli di toko kimia yang namanya air aquades/ air distilasi…. walaupun nanti sama2 berkarat tapi prosesnya lama berkaratnya dibanding air ac :)

      • nambahin lagi penulis yang sama…. penjelasan tentang ini:

        seharusnya ente percobaan jangan pake air ac yakkkk beli di toko kimia yang namanya air aquades/ air distilasi…. walaupun nanti sama2 berkarat tapi prosesnya lama berkaratnya dibanding air ac

        dalam artian harusnya masbro judlunya coolant vs air ac jangan judulnya coolant vs air destilasi, nanti takutnya pembaca blog anda tersesat dengan persepsi anda, bukan persepsi secara ilmiah…. kalo anda mao membandingkan ya 3 3 nya di ulas lengkap eh salah 4 yakkkkk… air ac, air distilasi, air ledeng, coolant radiator :)

        gitu aja masbroww… peace..
        (dengan tidak bermaksud mendiskreditkan blog anda)

  22. menurut saya kembali ke fungsinya dong…. sebagian part harus ganti setelah 5 th, sebagian lagi ada yang 8 th, dst…..
    fungsi air radiator adalah pendingin mesin…. bukan hanya untuk mencegah karat….

    terbukti air memiliki kekmampuan melepas panas lebih baik daripada air coolant….
    coba aja buktikan sendiri…. isi radiator mu dengan air coolant dan ukur suhu mesinmu dengan pengukur suhu digital….. bandingkan dengan air tetesan ac/air destilasi/air suling…..

    hehehe…..

    • Om’Din, mau nanya..lower drain stlah di buka utk kuras radiator dgn mksud ganti coolant, apakah sisa air yg di block juga trkuras abis??..kalo tdk , apa tdk masalah trcampur dgn coolant nya kah?..anggap saja air yg lalu msh air sumur/ledeng…tengkyu Om’Dino

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s