Cara Setting Idle Rpm , Co – campuran udara , dan iddle Up AC Maestro

Mengingat banyaknya pertanyaan mengenai cara melakukan setting rpm iddle dan campuran udara / CO  honda accord maestro , berikut saya uraikan caranya sbb:

Seting RPM Honda Accord Maestro PGMFI

seting rpm maestro pgmfi
seting rpm maestro pgmfi
Putar screww ke arah kiri untuk menurunkan rpm dan putar ke arah kanan untuk menaikkan rpm.
Standartnya antara 750 sd 800 rom.
Setting Iddle UP
Saat kita menyalakan AC , maka RPM akan naik sedkit normalnya sekitar 50 rpm.
Putar screw pada EACV . Screw bintang membutuhkan obeng khusus untuk memutarnya. Kalau tidak ada obeng bintang , gunakan obeng minus biasa yang tidak terlalu besar.Putar screw ke kiri atau ke kanan. Aktifkan AC dan lihatlah kenaikan rpm yang terjadi. Seting sesuai standart yaitu + 50 rpm.
Seting campuran udara / CO.
Campuran udara – bensin mempengaruhi kadar CO pada gas buang. Semakin kaya campuran bensin maka semakin besar gas CO yang terbaca oleh gas analise.
Caranya : lihat di halaman sebelumnya ( sudah pernah saya bahas ).
Sedangkan untuk  Maestro yang masih memakai carburetor , silahkan lihat gambar berikut:
Setting Iddle Rpm:
Setting Idle Rpm Accord Maestro

Setting Idle Rpm Accord Maestro

Setting Iddle Up AC

seting idle up ac accord maestro carburator

seting idle up ac accord maestro carburator

Ada Diafragma Vacum dengan cara kerja menarik pelatuk pada tuas  rpm throthle body. Diafragma tertarik karena ada sedotan dari engine melalui selang karet.

Panjang tarikan pelatuk bisa kita seting dengan memutar screw seperti terlihat pada gambar.

Setting CO / campuran udara

seting co campuran udara karburator accord maestro

seting co campuran udara karburator accord maestro

Cara menyetel campuran udara  adalah , putar idle rpm sampai 2500 atau 3000 rpm.

Putar stelan co  kekanan  sampai mesin pincang pertanda campurannya terlalu kaya.

Putar kekiri  sedikit demi sedikit sampai rpm paling halus.

Kalau terlalu banyak udara , biasanya ada sedikit nyendal kecil pada rpm .

Putar kembali screw ke arah kanan  sampai didapat rpm yang paling halus/ stabil.

About these ads
By dinolowrider

15 comments on “Cara Setting Idle Rpm , Co – campuran udara , dan iddle Up AC Maestro

  1. Gan, settingan idle up ketika mesin dingin dimana yah ?
    Kalo pagi2 start, lumayan kenceng sampe RPM 3000, +/- 3 menitan baru menurun.
    bisa bangunin tetangga & ngabisin bensin, Gan
    Mohon pencerahannya, … terima kasih

  2. Om, klo Nyeting yg kalbulator gmn caranya? biar di seting agak kering gtuh. kyanya boros bngt setelah tune up di bengkel.
    trim’s

  3. bersihkan pakai kompressor dan carburator cleaner.
    Untuk karburator yang bisa di seting hanya rpm iddle dengan campuran udara.
    Untuk setting campuran udara , coba cari di artikel ini.

    Oya.sekalian seting pengapian ama celah katup ya, karena saling berkaitan. Cari juga di artikel ini.
    Agar saat starter langsung JRENG…dan knalpot nggak item2 banget.

    Untuk mobil lama , lumrah kenalpot nggak putih bersih seperti mobil baru keluar show room.
    Tetapi bisa di stel agar knalpotnya relatif lebih bersih.

  4. Petang mas….saya punya accord karburater…saya lihat tidak ada skru untuk setting udara dan petrol…di mana letaknya ya….atau memang tidak ada skru untuk dpt idle….jadi bagaimana ya….rpm nya rendah sangat….800, kalo on aircond rpm turun jadi 400 barangkali…tolong saya mas…terima kasih

  5. maaf om am saya th93 injeksi rpm nya naik turun kata bengkelnya masalahnya ada pada EACV dan setelah saya ganti baru rpm tetep naik turun pas AC on, itu masalahnya apa ya om dino?

    • Rpm naik turun belum tentu eacv bermasalah.
      Rpm yang naik turun bisa diakibatkan oleh adanya kebocoran / angin palsu yang masuk terhisap oleh mesin.
      Mungkin ada kebocoran di pipa2 karet vacum.
      Udara yang terlalu banyak terhisap oleh mesin inilah yang menyebabkan rpm bisa naik turun.

      Cara sederhana adalah coba buka tutup plastik di saluran2 pipa yang keluar dari throthle body.
      Bentuknya seperti tutup pentil kecil. Di dalam TB ada banyak saluran pipa keluar. Tetapi tidak semua digunakan. Ada beberapa yang tersambung dengan karet selang kecil. ada beberapa yang ditutup oleh tutup pentil plastik tersebut.

      Saat tutup kita buka , maka rpm akan naik turun.
      Itu pertanda ada angin palsu yang masuk ke dalam mesin.

      Mengenai kasus anda, karena rpm naik turun hanya pas posisi AC on. bisa dipastikan kebocoran tersebut terjadi di system AC tersebut.
      Ada 2 part yang berhubungan dengan vacum ac tersebut:
      1. EACV , kebocoran bisa terjadi pada eacv , mungkin pemasangannya kurang pas / kurang kencang.
      2. Ada system vacum membran yang menyala saat AC on. Vacum tersebut menarik tuas kran sehingga coolant masuk ke dalam heater di dalam dasboard.
      Letak kran tersebut adalah di sebelah kiri , di bawah master rem , menempel / menjadi konektor selang radiator yang menuju ke heater.
      Mungkin ada kebocoran di membran vacum tersebut atau di selang2 karet kecilnya.. Cirinya adalah kalau kebocornannya kecil , mungkin kran masih bisa membuka walau tidak penuh. Kalau kebocorannya besar , maka tuas kran tidak tertarik , sehingga coolant tidak masuk ke dalam heater. Akibatnya heater ac tidak bekerja. ( ac tidak panas walau temperatur kita seting maksimal ).

      Semoga membantu

      • iya om AC nya saya setel temperatur max kadang malah mati tu AC nya apa gr2 ada kebocoran ini om?trs 1 lagi om saat pagi hari kan rpm tinggi bgt sampek sekitar 1800n itu kan pemanasan pada iddle ya om?tp setelah dipake muter2 trs berhenti dan mesin mati sekitar 3-4 jam pas dinyalain lg rpm tinggi lg om sekitar 1500 lebih apa ini normal om?mengenai termostat saya kurang tau apa msaih memakai termostat apa belum karena newbie om heheheh

  6. Mohon pencerahannya om.. AM sy th 93 injection rpm nya selalu nyangkut di 1000 – 1500 rpm kadang normal lagi di 800 tp gak bertahan lama.. apalagi kalo mesin baru start mesti gerung2 gas dulu baru bisa turun. Kalo nyalain AC rpm drop sekitar +- 200 rpm kemudian balik lg ke semula. Apakah kemungkinan kerusakan pada EACV nya?

    Trimakasih sebelumnya… salam

  7. om dino,,, mhn bantuan, dmn toko yang biasanya jual tutup pengaman manipol, sy tinggal di surabaya. mhn smskan no yg bs d hub utk konsultasi maestro (jamie; 085204571966)

  8. Om Dino saya mau tanya AM saya tahun 93 3-4 bulan lau sudah ganti CDI KOIL, beberapa hari terakhir check engine menyala…mesin tidak stabil tapi tidak mati…kaya main gas gitu.., lalu mesin saya matikan dan saya hidupkan kembali , starter bekerja tapi mesin tidak bisa hidup, setelah beberapa waktu kurang lebih 5 menit saya kontak kembali dan bisa menyala….dan hal ini selalu terjadi pada pagi hari kurang lebih 10 menit memanaskan mesin…mohon pencerahannya Om Dino..

  9. Mlm mas bro,saya punya mbil honda maestro thn 1991.kok mbil saya kl di hidup kan ac posisi lg macet rpm nya kok lngsung turun ya,tlong ya mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s