Diagram Selang / Pipe Pada Cooling System Accord Maestro

Berikut adalah gambar selang2 atau pipa2 pada cooling system honda accord maestro.

Selama 19 tahun memakai maestro , berikut saya adalah selang2 yang perlu mendapat perhatian karena pernah mengalami kebocoran akibat usia.

Selang atau pipa tersebut masing2 pernah saya ganti satu kali.

Yang perlu diperhatikan adalah , untuk selang2 karet , gantilah mengunakan selang orisinal , karena usia jauh lebih baik. Bisa sekitar sepuluh tahun estimasi saya.

Harga memang sedikit lebih mahal. Mungkin sekitar 80 sampai 125 ribu rupiah.

Sementara selang selang lainnya masig memiliki kondisi baik belum pernah saya ganti sejak baru.

 

Keterangan:

1. Pipa radiator atas ( bahan karet ). Saya ganti karena sudah getas dan mengkilat. Tidak mengalami kebocoran.

2.Pipa radiator bawah ( bahan karet ) saya ganti walaupun sebenarnya kondisinya masih baik. Tapi mengingat usianya sudah belasan tahun saya ganti dengan yang baru.

3.Selang kecil konektor antara engine jacket dan termostat. Semacam selang bypass. saya ganti akibat selang kembung dan bocor. Kembung terjadi akibat ada kebocoran oring dari delco/ distributor sehingga oli menetes ke selang dan merusaknya. posisi di bawah distributor.

4. Pipa konektor water pump menuju termostat. bahan BESI, rusak parah akibat karat pada usia ke 17 tahun , karena sebelumnya pemakai tidak menggunakan coolant. Ciri2 ada tetesan coolant dari atas filter oli. Diganti dengan produk taiwan seharga 90 ribu , kualitas baik hampir setara orisinil. Mencari yang orisinil agak susah..  Estimasi usia belasan tahun.

Gambar dibawah mempermudah kita untuk mencari jalur pipe pada cooling system maestro serta memeriksa kemungkinan terjadinya kebocoran.

 

diagram pipe cooling system accord

 

Semoga berguna.

 

About these ads
By dinolowrider

13 comments on “Diagram Selang / Pipe Pada Cooling System Accord Maestro

  1. om, kalo mau nge bypass heater gimana caranya? disambung in-out selang in-out ke heater core atau ganti selang yang panjang aja?

  2. kalau boleh tahu , mengapa harus membypass heater ?
    Tidak ada manfaatnya . Kalau coolant tidak masuk ke heater , dikawatirkan tambah membuat buntu atau berkarat.

    Di dalam system AC , saluran pemanas dan AC , berbeda , jadi tidak saling bercampur.

    Kalau memang bersikeras membypas nya , ya mengganti selang karet kecil in out ke heater aja.

    • kabel penarik vacuum heaternya udah ngga ada om, dan setelah dicek vacuumnya juga udah ga berfungsi, jadi air radiator masuk terus ke heater core di dalem kabin.. kerasa ketika jam 2 malem saya bawa jalan ada hawa panas masuk di kisi2 ac

  3. om, kalo mobil dah lama ga dipanasin. trus sekalinya distarter langsung keluar air dari selang radiator. efeknya bakal parah ga?? cozz ane mau beli tuh mobil. mohon infonya.

  4. Om, kalo lampu panel2 AC yang di Dashboard itu mati gimana ya gantinya ?? Coz AM92 saya ACnya sih masih jalan semua tapi lampu2 LED di tombolnya itu baik yang untuk Fan-nya (sebelah kanan) maupun yang seeting ACnya (sbelah kiri) pada gak nyala, tapi fungsinya saya rasa nyala sih dan indikator temperatur AC masih nyala sih. Tanya tukang AC katanya harus ganti semua kisaran 7 jtan ( hufff…) bener gak tuh ?? Thanx B4

    • buka panelnya. agak susah sih tapi saya yakin bisa. ganti lednya. kalau kurang yakin/ ragu coba repair dii bengkel lain sebagai option. karena memang rumit jarang bengkel yang mau. Saya sendiri malas memperbaikinya. sampai saat ini lednya tetap mati heheh….

  5. Mas dino, air coolant di tabung reservoir habis melulu knp ya? pdhl radiator dah dikorok,kt bengkel waterpump jg msh bagus,selang2 gak ada yg bocor. Ane coba nyalain mesin pagi2,tutup radiator dibuka,air langsung muncrat,keluar gelembung kecil2

  6. Mas Dino, Selang radiator atas meledung, padahal ane baru ganti sama yang orsnilnya, penyebabnya apa ya?
    trimakasih, ane pake Maestro 1990

  7. mau tanya dong pak
    gimana ya cara betulin spido kilo meter maetro th 90 yang mati.
    tolong dong pak jelasin dari mana atau prosedurnya. dari mana aja saya harus ngecek dan betulinnya sampai jadi alias jalan..
    makasih atas responya..
    lemah teles
    pengeran seng bales..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s