Keawetan mesinnya layak di acungi jempol. Demikian pula dengan performa akselerasi 0 s/d100km/jam yang ditempuh dalam hitungan dibawah 10 detik sangatlah baik pada saat itu. Bahkan performanya masih layak diperhitungkan dan diperbandingkan dengan mobil yang lebih baru , walaupun usia meastro saat ini memasuki hampir 20 tahun.
Pada usia 20 tahun dengan perawatan yang baik , pemilihan oli dan pemakaian coolant yang baik, membuat engine maestro masih baik dan halus tanpa membutuhkan overhaul.
Keawetan kaki kaki juga layak diacungi jempol. Mematahkan persepsi orang yang mengatakan bahwa kaki2 system double wishbone lemah.
Seperti halnya Honda accord maestro 1993 sebagai kuda tempur sehari hari milik penulis , sampai saat ini masih baik. Per dan shockbrakernyapun masih orisinil belum pernah diganti dari baru. Seluruh balloint bagian belakangpun masih orisinil. Sementara balljoint depan sudah mengalami penggantian, Boleh dibilang kaki2 accord lebih baik dibandingkan kaki2 civic.
Kelemahan maestro adalah berada di body , terutama di sekitar karet2 list kaca yang rentan berkarat.
Foto: Honda Accord Maestro Produksi : Desember 1993. Telah Berusia Hampir 19 Tahun.Kondisi Mesin Original Belum Pernah turun Mesin. Akan terus mengarungi jalanan macet perkotaan , entah sampai berapa jauh lagi.
Material dasboard adalah salah satu yang terbaik. Tak lekang dimakan panas matahari yang terik. Seperti terlihat pada foto berikut:
Pada tahun 1992 dan 1993 AC sudah elektrik dan memakai sensor climate zone otomatis. Kaca sipon sudah elektrik bisa dilipat dari dalam. Demikian juga adjustment Height kursi supir sudah memakai motor elektrik.
Bahan pembungkus jok juga salah satu yang terbaik. kain Jok tidak rusak atau berubah warna walau telah berusia hampir 20 tahun.
Disamping Banyak kelebihan yang dimilikinya seperti atikel sebelumnya , Honda Accord Maestro juga memiliki kelemahan yang menjadikan poin bagi kita dalam meminangnya. Yaitu sebagai berikut :
Karat di list kaca belakang dan depan.
Pastikan karat yang timbul tdak terlalu parah. karena menyebabkan air hujan masuk kedalam mobil. Ditandai dengan plafont yang kusam karena air hujan yang merembes.
Penggantian tape yang kurang hati2 biasanya menyebabkan patahnya bingkai seperti terlihat dalam foto diatas.
Handle Pintu Bagian Dalam Yang rusak
Disebabkan kesalahan saat membukanya saat reparasi atau membuka door trim.
Cara membukanya adalah membuka satu baut diatas menggunakan obeng plus.
lalu mendorong Cover handle ke belakang sampai bunyi klik.
Bisa diganti dengan harga sekitar Rp 50.000,- sampai Rp 70.000 saja.
Pastikan Knalpot Kering , tidak Ada Oli basah.
Tidak terlihat asap putih tipis yang keluar dari Knalpot yang menandakan ada kerusakan di piston , di silinder atau di per pistonnya.
Lihat dengan seksama kondisi oli
Oli yang dipakai penulis adalah Oli Semi Synth 10w40 SL. Diganti tiap 5000 Km. Perhatikan kondisi oli seperti foto diatas saat km hampir menyentuh 4000km.
Oli coklat( Bukan Hitam ) tidak terlalu encer atau teralu kental karena oksidasi.
Kuantitas oli juga masih normal dalam arti hampir mendekati batas maksimal deep stick.
Saat km hampir menyentuh 4000 km , lumrah ada sedikit pengurangan kuantitas oli , yaitu sekitar 100 cc. Dikarenakankarena sifat oli semi synth 10w40 yang relatf mudah menguap dibandingkan yang full minyak bumi.
Hal ini adalah mutlak / wajib. Untuk mobil yang sudah tua , jangan sekali2 memilih mobil yang memakai air biasa. Karena biasanya kondisi Head silinder saat menyentuh diatas 250.000 km sudah korosif termakan air. Lama lama kompresi pembakaran engine bocor dan head silinder harus di bubut. Demikian juga dengan pipa2 di water jacket engine dan pipa pippa throtle body biasanya sudah patah kemakan korosi.
Pastikan selalu sejak baru mobil honda anda memakai cooant yang sesuai.
kalau menemui calon mobil yang akan anda beli memiliki radiator yang jorok dan airnya berkarat , segera urungkan niat anda. Carilah mobi yang lain.
Foto yang memperihatkan level coolant yang masih di batas maksimal walau sudah berjalan selama 1 bulan dengan jarak tempuh hampir 2000km di kondisi dalamkota yang padat dan panas. tanpa menambah coolant.
System pendingin yang normal dan tidak terjadi kebocoran membuat coolant sangat awet. Cukup mengecek level air 1 bulan sekali cukup. Tidak perlu tiap hari menambah coolant.
Hal tersebut hampir mustahil ditemui pada mobil yang tidak memakai coolant.
Perhatikan Kondisi kaki2
Lihat karet2 Boot Balljoit. Masihbagus dan tidak bocor. Demikianjuga dengan Boot Kokel depan , boot power steering pastikan masih bak dan tidak robek
.
Kondisi karet2 Di Arm atas Belakang ( Lihat juga karet di balljoint bagian bawah)
Pastikan tidak ada bunyi2 aneh saat berjalan ataumelewati jalanan yang rusak.
Pastikan Per standar , bukan bekas anak muda yang ugal ugalan dengan memotong dan menggunakan pelg diluar standar.
Kalau menemukan bekas anak muda yang suka modifikasi seperti itu , lupakan dan cari yang lain.
Perhatikan Kondisi Mesin.
Mesin yang kering. Orisinil tidak terlalu banyak kabel2 tambahan atau kabel2 modifikasi / jumper/ akal-akalan.
Untuk Olie , jangan menggunakan API SM. karena oli dengan API SM itu digunakan untuk mobil baru yang menggunakan Roller Rocker Arm dan catalytic converter . Untuk mobil yang masih menggunakan Tapped rocker arm , semestinya penggunaan Oli api sm dihindari.
Standarisasi spesifikasi API SM , mengharuskan mengurangi sedikit kandungan ZDDP (zinc dialkyldithiophosphate) untuk menekan emisi tinggi di exhausnya yang akan mempersingkat umur CC. Padahal kandungan ZDDP tersebut sangat berguna untuk mningkatkan life time dari rocker arm dan camshaft . Dimana ZDDP coat , akan mengurangi wearing/ keausan dari Cam
gambar roller rocker arm:
Dengarkan suara mesin yang halus
Perhatikan Kondisi Panel2 Ac elektrik. Biasanya diakali menggunakan termostat imitasi system putaran ( tidak elektrik) oleh teknisi bengkel yang tidak telaten. Kerja tiap tombol elektronik harus baik.
Ilmunya sangat bermanfaat. thanks guru..
saya ini masih planga plongo ama mesin mobil.. baru punya mobil dan dapet AM’93 matic.yah nama nya ga tau apa apa, dapet mobilnya ya langsung aja… yang penting waktu itu body mulus,Interior mulus original, suara mesin masih bagus, ga bunyi aneh, mohon kl boleh saya di ajari mengenai mesin. part nya dan fungsi2nya.. biar ga planga plongo lagi ni guru… asli buta deh.
Heh…Gapapa Bro. Apa yang udah saya tulis adalah pengalaman suka dan duka yang udah saya temui saat memakai AM93. Semoga bisa bermanfaat .
punteun masbro minta sarannya, lebih mudahan ngurus matic apa manual? mendingan pake yg mana? terima kasih…
saya pengguna baru honda accord maestro tahun 1991 bos… nie ada sedikit masalah terkait pintu kiri yang macet dan ndak bisa dibuka.. mohon pencerahannya
Mobil honda accord metik 1991 ada madalah yaitu tdk bisa distater padahal aki baru, apanya yg rusak kalau begitu
salam kenal. maestro lovers
“Untuk Olie , jangan menggunakan API SM. karena oli dengan API SM itu digunakan untuk mobil baru yang menggunakan Roller Rocker Arm dan catalytic converter . Untuk mobil yang masih menggunakan Tapped rocker arm , semestinya penggunaan Oli api sm dihindari.”
boss ada rekomendasi OLI ga boss, aku ga mudeng beginian, hehehe selama ini pake shell yang kuning
Yup Bener. Pada awal munculnya generasi oli API SM , ane memang sempat menggunakannya beberapa kali. Tapi setelah browsing mengenai oli tersebut , saya menggunakan API SL kembali. Thanks.
thank u mas, sangat bermanfaat, saya lagi cari AM orisinil
nice info ….
salam kenal utk bro pecinta accord maestro semuanya
maestro saya tahun 93,fan running ketika mesin dimatikan, apakah itu terjadi kerusakan atau normal?terimakasih
Tidak normal . sudah saya jawab di page atas “Cara Mudah Trouble Shooting Honda Accord Maestro Dan Cara memperbaikinya Sendiri bagi Pemula Bagian 3. “Bisa di review. thanks…
Dear Bro Dino
makasih banyak pencerahan ilmunya disini bagi newbie2 seperti saya , hehehe
btw utk mencegah list kaca karatan gimana ya bro, sebab lama2 AM juga semakin tua, dan timbul karat , meskipun saat ini AM 90 saya masih belum ada tanda2 kebocoran di list kaca depan dan belakang
makasih banyak sebelumnya buat pencerahannya
Brgds,
Budi
Cara terbaik menghindari karat untuk mobil tua adalah :
1.adalah menghindari logam terkena air dan udara. Misal menggunaakan jasa anti karat semacam tuffkote dinol dll. kalau karat sudah terlanjur terjadi , coba bersihkan karat tersebut. kerok sampai terlihat besinya berwarna putih. Beri cairan NOVEROX , adalah cairan yang membuat lapisan oksidasi sehingga besi tidak langsung terkena udara atau air.
Saat cairan mengering , biasanya besi menjadi berwarna hitam. Tandanya besi sudah terapisi. Noverox bisa dibeli di ace hardware dll.
Selanjutnya semprot tipis2 memakai cat misal pilox.
Kalau ane sendiri , menutup semua list karet sehingga air sama sekali tidak masuk kedalam talang. Memang kelihatannya kurang rapi. tapi yang penting kegunaannya. Misal menggunakan waterproff atau no-drop.
2. cuci mobil hanya dipagi hari , jangan waktu sore hari , untuk menghindari air masuk kesela2 karet menimbulkan lembab dan mempercepat karat di malam hari.
3. jangan parkir mobil diluar , tapi dalam garasi hehehe…
ada kabar honda accord itu boros apa bener? untuk silinder 1600 apa sama?
FC maestro 2000cc antara 1:6,5 s/d 1:7 dalam kota. Luar kota antara 1:10 s/d 1:12.
Untuk 1600cc adalah accord executive tahun 82 dan 83 atau tahun sebelumnya , tentu lebih irit karena cc lebih kecil dong.
salam kenal bro…oh iya maestro saya matic 92…tapi kok boros yach….
thanks infonya..
kalau untuk membersihkan lampu bagasi belakang maestro yang berembun ada saran ga?
Berembun bisa terjadi karena ada air yg masuk.
Biasanya dari:
1. Sela2 mika lampu belakang
2. Karet seal antara lampu dengan body.
Biasanya air masuk melalui point no 2.
Saya sendiri pernah mengalaminya. Penyelesaiannya : beri sealer yang cukup sehingga menutup kebocoran.
Buka karet seal. Beri auto sealer di sisi2 plastik yang menempel pada karet.
Beri juga auto sealer pada karet yg menempel pada body. Tebal sehingga tidakmemungkinkan kembali terjadi kebocoran.
Tunggu sampai kering.
Lalu pasang kembali.
Bos mohon pencerahannya dong…
AM saya lampu indikator brake lamp dan indikator rem tangan “(P)” gak mau mati alias nyala terus meski handle rem tangan udah turun tapi kadang mati dengan sendirinya itupun gak lama kemudian nyala lagi.. sy cek switch handle rem tangan bagus, minyak rem penuh, lampu rem belakang normal.. kira2 permasalahannya dimana ya??
Sama persis kondisi tersebut pada AM 93 saya. Lampu indikator Handbrake “P” dan indikator lampu Rem belakang yang ada di Dashboard menyala padahal Handbrake sudah dilepas Roda/mobil bisa jalan dan lampu rem belakang mati.
Mungkin ada solusinya?
Tks
konektor sensor /rangkaian elektronik pada lampu rem ada yang putus. sehingga sensor menganggap bahwa lampu rem putus. Padahal sebenarnya lampu rem masih baik.
Periksa salah satu lampu jalan/ rem blk pasti ada yg putus
Saya belum pernah mengalaminya.
Lampu di dasboard tidak akan menyala apabila tidak ada tegangan listrik yg mengalir.
Jadi satu2nya penyebab adalah switch handbrake. Mungkin lengket. Jadi saat hand brake di turunkan , switch tetap terkoneksi.
Mengenai lampu indikator menyala. kerusakan ada di komponen sensor lampu rem belakang. Ada bentuk kotak berisi komponen. Lihat kabel satu persatu.
Saya pernah mengalami ada kabel yang putus.
Sehingga terdeteksi lampu belakang putus.
Padahal kabel sensor tersebut yg putus. Bukan lampunya
Kabel sensor tersebut menuju kutub lampu bagian samping ( bukan bagian bawah ). Jadi saya beri kabel tambahan menuju kutub lampu samping. Dan beres….
mungkin jawaban saya masih membingungkan. Mohon ditunggu foto2 dan ulasan berikutnya agar lebih jelas.
morning bro,
Saya juga ada masalah di indikator handrem yang nyala terus. kata mekaniknya harus buka karpet untuk perbaiki kabel2nya, dan mekaniknya ga berani karena kesulitan ngembalikannya. nah kira2 kalo dibiarin aja kagak apa2 ya bro? trus bagi tips dong cara merawat AM91 karena jarang dipake nih, suami di luar kota. saya yang kagak tahu apa2 soal permobilan jadi kepikiran ni. oiya, satu lagi salah satu jendela AM91 saya kalo diturunin ga masalah, tapi kalo dinaikin ada bunyi det det det det gitu. kira2 kenapa and diapain ya bro??
Termiakasih buwanyakkk atas bantuannya.
AM91 saya pernah begitu mba…itu ternyata disebabkan banyaknya korosi/seperti jamur diatas kepala accu/aki…coba dibersihkan dengan disiram air panas lalu pasang lagi…dan SUKSES….
sorry gw mau nanya nich…. gw baru pegang maestro th 93… butuh infonya dong cara ngatasin kondisi karat yg ada pada list kaca belakang… dan mungkin yg punya info bengkel yg biasa atau bagus untuk nangani mastro dmn y ? info kalian bisa langsung kontak ke no gw di 08 9898 78910 atau 021 930 9797 2… thx y….
Bro, tempat oli power stering ane bocor. Ada yg patah outputnya, dimana nih ane bisa dapat yg jual tempat oli pwr steering accord maestro 93 ane. Thanks b4
permisi…ane numpang gabung mas dino….ane mo bli AM 93…udah cek ke TKP. tampak luar masih ok tapi ada karat di list bagian atap. cek kabin 80% ok tapi ada beberapa bercak di plafon mugkn krn list karat ya diatap (sesuai info mas dino). trus panel elektrik ac mati tapi AC masih bisa fungsi dengan knop manual (diputar) bingkai radio tape ada yg retak dikit. RPM aga turun saat AC nyala tp ga banyak. elektrik miror mati sebelah kiri. nah menurut mas dino apakah masalah td masih bisa di repair? apakah harga yg ditawarkan 46 jt masih masuk ataw ketinggian. mohon pencerahannya mas dino makasih maaf banyak tanya nih maklum newbie 🙂
coba cari option lain… secara umum bisa di repair. tapi agak mahal dan menyita waktu… coba cari pembanding agar lebih puas.
salam kenal dari saya mas, sangat berguna banget nih info kayak gini..oh iya mas, saya pengin beli honda AM 90, tetapi ada yang saya sukai (mungkin karena saya baru apa yah…) di bagian mesin terdengar suaranya agak besar kalau di nyalakan mesinnya, apakah ciri honda AM 90 seperti itu ya mas..mohon diberi masukkan juga bagaimana tips memilih honda AM 90 dari segi mondisi mesin nya..thanks banget mas..
yudhi_jatim
mesin honda memang agak kasar. tapi untuk meyakinkannya , coba cari perbandingan dgn honda yg berodometer rendah atau usia muda dan diyakini bermesin bagus, misal cielo. kalau suara kasar hanya gemericik saja , itu lumrah suara valvenya tapi coba dengarkan pada saat iddle. kalau ada suara tok2 yang keras , atau saat di gas mendadak ada getaran keras , urungkan niat anda membelinya.. kerusakan bisa pada knocken as atau as kruk…
Mobil yang bermasalah di mesin pasti meninggalkan jejak yang kelihatan misal knalpotnya basah oli , tenaga loyo dibandingkan kondisi normalnya.coba test drive aja.
Salam kenal broo Anonymous. Saya punya AM 90 yg saya peganh cukup lama dan tidak ada keluhan. 95% original. Ada spet di area kaca belakang dan bodi atas. Silahkan kl blm dpt AM tinjau milik saya. Insya Alloh tdk kecewa krn barang memuaskan. Warna merah maroon. Lokasi jateng.agus
Salam kenal mas,saya mau Tanya kalo beli sparepart maestro yg harganya paling bersahabat dimana yah?baru pake soal ya nih hehehe
posisi dimana ?
kalo di bandung dimana mas dino??
makasih sebelumnya.
ane adie bang ru pkai AM93, ane punya msalah kyak anonymous di power stering bocor, mhon pnjlsan, n kisaran harga repairnya bang??
. Ini masalah klasik . ganti seal. harga seal 1 set di kisaran 300 sd 400 ribuan. atau ganti refurbish singapur , sekitar 900 s/d 1 juta.
Pengalaman saya memakai refurbish bertahan antara 4 s/d 5 tahunan.
mas saya udah ganti rack power steering eks singapur tp kok stir jadi berat ya? apa cuma masalah setingannya aja? kata montir ada segel yg bisa dicabut biar stir ringan tp umur racknya jd singkat. apa betul? trims mas.
Ya setingan saja……
Salam kenal mas, mau tanya nih, soalnya baru dapat maestro 90. kalau sebelumnya air radiator pakai air biasa, apakah bisa diganti dengan coolant. trima kasih
Wajib pakai coolant….Untuk long life engine. kalau radiator kembali bocor , berarti kondisi korosinya sudah parah.
artikelnya baguuss bangeeet mas, ampe aku ter kaget kaget dangan iklan yg satu ini : (silakan diliat dan juga ter kaget-kageet) hehehe http://mobil.tokobagus.com/honda/h-maestro-93-akhir-pgm-fi-full-original-super-istimewa-12315549.html
tlng gambar honda accord tahun 90
cara ngatasi rpm naik turun gimana mas?salam kenal
coba cari di artikel blog ini
Maestro saya thn 92 injection,,,rpm ndak bisa stabil,saya tinggal di semarang>>>mohon info bengkel specialis maestro yg ada di semarang ?mksh sebelumnya
Maaf saya tidak punya info. Coba gabung di Honda Accord Maestro community / club.
Bengkel punya HMRC di jalan Dorang namanya Bengkel Mochtar, tapi ane sendiri blm pernah kesana, lokasinya jauh sih
Tks atas info nya mas bro , saya kebetulan lg nyari maestro. , tapi saya dapet info dari temen bahwa maestro itu rentan rewel mesin nya. Apa itu benar mas ?
Semoga ada waktu yach pak, saya baru beli honda maestro tahun 1990, sdh PGMF1 dan roda belakang sedikit bisa belok ikutin arah dari roda depan tp sedikit, bagaimana kah perawatannya dan kenapa oli power stering cepat habis trims pak semoga ada waktu untuk bapak
Kalau kluar asap hitam tebal mlalui knalpot,apa pnyebabnya?
makasi atas infonya
Pingback: Cara Membuat Honda Maestro Irit Bahan Bakar | X Power Ionizer Post
Pingback: Perbandingan Accord Maestro Dan Grand Civic | X Power Ionizer Post
Pingback: Apa Kelebihan Honda Civic Maestro | X Power Ionizer Post
Pingback: Perbandingan Accord 1992 Dengan Corona | X Power Ionizer Post
ane pingin beli Maestro gan dana cuman ada 42 juta dapet gak y? kira2 kalau dapat, maestro tahun berapa? sebenarnya panjang body maestro berapa meter y, soalnya garasi di rumah tidak begitu besar. untuk BBM nya berapa km per liternya? mungkin itu saja yang mau saya tanyakan. Thanks gan.
Pingback: Cara Membuat Honda Maestro Irit Bahan Bakar | Alat Penghemat BBM
Pingback: Kelemahan Maestro | Alat Penghemat BBM
Pingback: Perbandingan Honda Maestro Matic Dan Honda Maestro Manual | Alat Penghemat BBM
Pingback: Perbandingan Bbm Honda Maestro Ijenction Vs Honda Cielo | Alat Penghemat BBM
Pingback: Perbedaan Honda Accord Prestige Dan Honda Accord Maestro | Alat Penghemat BBM
Pingback: Perbandingan Accord 1992 Dengan Corona | Alat Penghemat BBM
Pingback: Honda Accord Maestro Modifikasi | Penghemat Bahan Bakar Mobil | Penghemat Motor Matic Post
mau nanya….shock belakang AM 4WS kira2 yg jual dimana ya? saya nyari kemana2 ga ada….
om salam kenal ya, walopun ane gak punya mobil cuma pengen tau tentang dunia mobil aja 😀 maestro yg ini udh power steering ya? http://brigade15.wordpress.com/2012/12/29/masalah-vixion-ane-ga-kelar-kelar/
salam kenal om, saya panya AM 93, yang ingin saya tanyakann gimana cara mengganti oli pawer stering, mohon pencerahannya, makasi
DIY :
Versi rumitnya:
Sebelum menguras matikan mesin terlebih dahulu,lalu buang sebagian olinya dengan menggunakan selang
Buka selang balik yang berasal dari sistem hidrolik ke tabung. Selang ini dialiri oli bertekanan rendah, biasanya hanya diikat menggunakan klem.
Buka slang balik menggunakan tang, pada model tertentu, klemnya dibuka menggunakan obeng.
Tutup saluran masuk dari saluran balik pada tabung. Bisa juga disumbat menggunakan plastik yang diikat.
Slang yang terbuka dimasukkan ke botol sebagai penampung oli yang keluar.
Pengurasan harus dibarengi pengisian oli yang baru. Tujuannya agar tidak ada gelembung udara pada saluran olinya.
Agar oli bisa bersirkulasi, mesin perlu dihidupkan saat mengisi.
Tuangi terus sambil melihat oli yang keluar dari slang balik.
Jika oli baru yang dituang habis, segera matikan mesin.
Hidupkan mesin ketika menuang oli baru berikutnya. Biasanya perlu 2 liter oli atau lebih.
Bila oli yang keluar dari slang balik sudah jernih, matikan mesin.
Pasang kembali slang balik pada salurannya.
Setelah selesai, bersihkan segera bekas-bekas tumpahan oli dengan air dan detergen.
Perlu dua orang untuk melakukan pekerjaan ini, satu orang menuang oli baru dan melihat yang keluar dari slang balik, seorang lagi menghidupkan dan mematikan mesin. ane copas.
versi mudah.
Buka selang di reservoir power steering.
Nyalakan mesin sebentar , mungkin 20 detik.
Tampung oli agar tidak kececeran.
matikan mesin.
Pasang selang
Isi oli sampai penuh.
hidupkan mesin.
Tambah oli kembali.
Keren bgt..
Thanks bgt buat ilmu nya..
Sangat bermanfaat..
Pingback: accord maestro boros | Capture and Freeze
Ulasannya sangat menarik,,
Terima kasih atas share ilmunya,,
Saya dan istri berencana membeli AM 93
Salam,
Nugroho SA
Power sterring saya geser 4 cm sampe, hingga putra kanan terasa pendek/dekat dibandingkan ke kiri. setelah di bengkelin malah posisi stir mobil nya malah tidak stabil pada posisi normal, malah miring ke atas kanan. Mungkin ada yg bisa memberikan solusinya agar bisa stabil dan muantaaaap lagi. tks
Pingback: konsumsi bahan bakar honda maestro 1992 | XPower Penghemat BBM
saya baru saja beli AM-90, dan sekarang masuk ke bengkel buat benerin Hand-brake tetapi bengkel gak bisa dgn alasan,.. harus banyak seal2 yang diganti, dan part itu dah gak ada. aduh sedih aku… pakai mobil tanpa rem tangan.
posisi di salatiga.
Mas, gimana membedakan matic asli dan pasangan pada Honda Maestro. Critanya pengin beli maestro matic yg th 93 nih.. hehe
thanks mas
Mas apa bedanya seri SM4, CB3 dan CB7 ?
Thanks mas
Misi Gan, baru gabung…
saya mau minang AM nih, tapi pingin yang udah sistem injeksi / PGM-FI, saya mau tanya nih gan :
1. dengan umur sudah 20 tahun, sistem injeksinya apakah masih bisa awet & bagaimana perawatannya, apakah sulit & mahal ?
2. konsumsi BB AM yang sudah injeksi berapa ya Gan ?
mohon pencerahan para master AM….thanks b4
om aku baru beli maestro AM th 92 kalau aku nyalain ac ama dvd ketika jalan, terus berhenti tiba2 RPM nya turun dan mesinya mati..apa penyebabnya ya?terima kasih
salam kenal Mas.., saya punya maestro th 92 PGMFI saya sedang ada masalah check engine sensor nyala pada saat jalanan agak turun, biasanya saya berhenti dulu, matikan mesin dan nyalakan lagi. mohon info penyebabnya apa ya Mas..? tq v much Mas…
salam salute buat si boss yg udah ngasih infonya.. saya punya AM 92, mo tanya tentang speed sensor yg ke power stering katanya bocor kalo ganti brapa harganya, trus shock breaker belakang jg brapa harganya siapa tau si boss tau.. thank b4
Misi tuan” ane punya mastro “90 bagusnya pk oli apa ya
trim’s
regard’s
Mas cari seal power steering maestro 4ws ko susah yah,,posisiku dibandung,,bocornya udh lumayan parah,,mungkin punya solusi dimohon pencerahannya,,tks
saya ada niat mw beli maestro..mohon pencerahannya dong gan..
salm kenal gan,.. mobil ku AM 92..kendala di AC , gak mau dingin,. sementra angin nya mau keluar,. freon juga masih,.. minta inputnya gan,.apa nya ya itu,. thanks gan,.
makasih gan.. mudah-mudahan dalam waktu dekat ane bisa beli mobil juga..
dimana dapat shocbreakernya
salam sejahtera dan perdamaian… boos, mobile ane AM91, setelah jalan jauh n temperatur setengah, kalau di start susah dan harus nunggu dingin dulu… mohon masukannya boss… tks.
sedikit pengalaman ane gan..kalau di AM91 ane kalo dinyalain ac plus lampu dpan kjadian bgitu gan…setelah ganti dinamo ampere ‘n accu masalah seperti itu terselesaikan..untuk temperatur jarum temperatur stengah itu masih normal gan…
mau nanya harga maestro 93an kisaran berapa ya?
Saya berminat membeli Mobil ini , tolong sarannya lebih baik pake yang mana Matic ata Manual .. di list juga Kelemahan dan kelebihan dari Manual dan matic untuk honda Maestro ini .. ??
Terima Kasih
Kalau ane sih sarankan jangan ente beli mobil maestro metik apalagi 4WS susah part nya susah sekali. jika terjadi kerusakan pada as kopel bawah itu bahkan tidak ada partnya. masalah nya akan timbul dari hari kehari. lebih baik beli yang manual broww. okeh salam tanks maestro lover.
Om Dino,,,,Help me… mobil ku Honda AM ’90. kemarin lancar2 aja nih jagoan. eh tadi malem,,,mw pulang ke rumah sampe tengah jalan,,,saya nge-rem,,,injak kopling,,,lepas gas,,,tiba2 mesin mati. saya coba starter lagi,,,,ada bunyi di bawah kyk “sssss,,,,sssssss,,,sss” suaranya kyk ban bocor gitu agak keras. setelah saya cek,,buka kap mesin,,aman2 saja. lalu saya tengok bwh mobil aman2 saja. saya coba lagi starter mobil,,bisa sih di bwt jalan. tpi hrus jaga RPM di atas 1000. saya buat jalan aja,,eh skitar 300-500 meter,,saya rem lagi. injak kopling,,lepas gas. mati lagi. saya cek lagi di bagian bwh mobil. eh ternyata ada karet yg lepas. sobek. setelah saya cek di sini,,bentuk karetnya kyk karet kokel gtu. kata mekanik ku waktu ku telpon katanya “pasti ada karet yg lepas mas. di bagian mesin” kira2 kenapa yha? bales plizzz… kalo ga sempet bales dsni,,inbox e-mail aja evannielj@yahoo.co.id atau sms/telp 08978514809. terima kasih om..
misi mo gabung mrc bandung donk, dmn yah daftar nya…
Sangat bermanfaat ƁŎŎڪڪ…. Ini artikel yg tepat saya baca karena saya baru mau meminang mobil midsize ini… ᵗʰᵃᶰᵏᵧₒᵤ ⌣̈ ({})
Thanks infonya sob, ini salah satu mobil inceran saya sob.
Permisi..mau tanya nih untuk Maestro 91 ane Lampu Rem Tangannya di Dash Board menyala terus masalahnya kenapa ya ? ada yang tahu penjual Antenna belakang original Maestro ? Kalau ada kisaran harga berapa ya ? trims…
daniel coba buka kap mesin,disana ada terminal swict,tepat didepan pilot coba cek swictnya ada yg kebakar gk.?
harga antena belakang maestro Rp.250.000.
bisa beli dimana antena maestronya yah tolong info dong sama sepion sebelah kanan
saya mohon bantuan info mengenai Honda Accord Maestro 4 ws tahun 1991,
kalau ada yang tau tempat jual karet karet schockbleker atrau karet kaki kaki ban belakang
WIRA
Slm knl,baru 2 pekan ini sy beli Honda accord Maestro 4 ws 1991 dan tadi sy pake kerja dr bangil ke surabaya tapi waktu nyampek porong mesin ndut-ndutan,jln lg bbrp km ndut-ndutan lg stlh itu mesin mati total, knp dan apa yg hrs sy lakukan, makasih
Bos saya beli maestro 92.waktu saya ganti air radiatornya pake coolant terjadi kebocoran diradiator.bukan bocor lagi nyembur bos..setelah di servis radiatornya mesin jadi cepet panas malah air radiator mAsih bocor..kira kira gimana ngatasinya bos
aslkm slm kenal tuk mas dino. mau tanya harga pasaran tuk AM 91 skitar brpan ya? artikelnya bgs bgt. sngt bermanfaat skali.
Nice artikel.jd referensi bg sy
Thanks bro…manteb
gan saya mau tanya atap blakang saya bocor.. biar ga bocor pake apa yah mohon pencerahan nya salam maetro lover
satu satunya cara, adalah membuka lis karet yang ada di atap mobilnya dan mengelem kembali.tentunya bengkel cat yg berpengalaman.
satu lg gan maestro injeksi saya tahun 92 boros banet 50rb pp rancaekek buah batu..gimana gan itu normal apa ga
coba hitung lagi jumlah Literan Bensin seharga 50rb dengan Kilometer tempuhnya om…
Salam kenal Brow…penyakitnya kayaknya sama dengan dino,93 saya juga mengalami hal serupa. lampu hanbreak di dasboard tetep menyala walaupun udah dalam keadaan turun,begitu jalan mobilnya baru di injak pedal rem lampunya handbreak di dasboard menyala.setelah saya cek di terminal swict tempatnya meleleh bekas kebakar. mohon petunjuknya bagaimana cara mengatasinya,? salam tanks
Salam kenal om.saya punya AM 92 matic tapi penyakitnya ada diindikator bensinnya rusak gak gerak,sudah saya bongkar mulai dari tangki sampai diarea speedometer.ternyata indikator jarum bensinnya rusak.kira-kira kalau beli dan ganti di surabaya dimana ya?atau ada yang punya yang msh sehat om bisa hubungi saya di 081515424600.thanks.
Wah info yang berguna gan.
Salam kenal pak admin saya baru beli mobkas Accord Maestro 90, mungkin dari pemilik pertama mobil itu matic tidak tau gimana ceritanya, sehingga mobil itu di saya kondisinya jadi transmisi manual, berhubung saya masih nol mengenai mobil jadi waktu saya beli saya tidak mengetahui kalau mobil itu aslinya matic, baru mengetahui setelah di bawa ke bengkel bahwa mobil ini mobil matic dapat dilihat dari indikator, yang jadi pertanyaan adalah :
1. Apa karena transmisi sudah di ganti jadi manual jadi perseneleng agak berat, katanya orang mobil honda terkenal dengan perseneleng yang empuk ?
2. Perpindahan dari gigi 1 ke gigi 2 kok ada suara mendesing ya, sedangkan perpindahan dari gigi 2 ke tiga suara itu tidak ada, biasanya ada kerusakan dimana yah ?
3. Apa bisa dashboard matic di ganti dashbord manual
sekian dulu pak admin keluhan saya heeee, semoga lekas dijawab, tks
Bambang : bamspras88@gmail.com
maestro 92 punya says kenapa,1kali sater ga mau hidup 2kali baru hidup.tambah lg jiks panas susah di stater.satu lg rpm 700 mobil ksys msu mati..jika mesim dingin rpm stabil normal,tapi klw sudah panas rpm turun dan mau mati padahal suara mobil kaya rpm naik..dengan sangat mohon saya minta solusinya om…jika bisa kirim ke email saya atau keno hp saya 08562040546..sangat saya tunggu om..trimakasih senelum nya..wasalam.
maestro memang joosss… cuma agak boros bb sih,, tp larinya masih ngacir… boleh di adu ama si nia dan al fansa..
salam pakbro dan mba bro, ane mau tanya klo mesin Am92 matic brebet-brebet tuh gimana ngatasinnya, maklum ane baru aja pake Am, jadi lom tau banyak…., mohon infonya, tengkiyu banget sebelumnya,
Mohon pencerahannya om. Sy pnya am 91 tempratur ridak stabil.. dan radiator airny cpt habis.. d cek ydk ada kebocoran.. kira2 apany ya om??
Info yg bermanfaat… Ijin share
trims atas tips nya om.. bermanfaat sekali. krena saya mau nyari maestro. perbedaan maestro tahun 92 dengan 93 apa ya om? krna agak susah jg cari maestro tahun 93.
Agan mohon info cara mengatasi dasbord kluar gelembung kecil2,bagaimana cara mengatasinya.trims
Salam kenal buat para mania Maestro 90 – 93….
Adakah di Jogja Wadah / perkumpulan Maestro Gan….???
Mohon informasinya ya Gan….krena aku baru meminang AM91 dua bulan yg lalu…masih mesra nih hubungan kami….
Salam kenal semua…..saya sudah em..tiga tahunan nih pake Maestro 91 manual….ada yg bisa tolong informasikan dapetin DELCO…punya saya udah rusak, kata montir sih karena umur……
khususnya di bandung
lagi mau berburu maestro 93 nih, tapi ragu ada rembesan oli di bagian bawah mesin,,, fatal kah?
mas, saya pingin beli accord maestro, tapi bingung mau yg matic apa manual. perawatannya sama apa ndak? maticnya sering bermasalah apa ndak? kalau buat nanjak gimana? terimakasih. kalau borosnya mah isnsha Allah siap. hahaha
mas,,,pesawat kaca maestro 91,sama gak dengan prestige 86.
Terimakasih ilmunya.. . Mantap banget. ..
Llllvcx flnbvbnj
Bos ane mau nanya2 nih ttg maestro 93 2000CC PGMFI (pemakai newbie), ditawarin 45 juta kondisi ada rembesan oli di karet tutup mesin, ada bekas bercak di atap / plafon sebelah belakang, test drive jarak dekat tarikan masih oke kata montir ane.
kira2 kemahalan ndak ya untuk kondisi tersebut ?
Pingback: Pasaran Honda Accord Maestro 90-93 Kini | Bonsaibiker
Thanks gan buat informasinya. Ane lagi ke sengsem sama maestro 93 gan.
Oli apa ya yg masi SL, krn kebanyakan skrg oli 10 – 40 sn/ sm