Cara Mudah Trouble Shooting Honda Accord Maestro Dan Cara memperbaikinya Sendiri bagi Pemula Bagian 2

 

V- BELT
Bunyi Berdecit saat melewati Jalanan banjir.
Penyebab : V- Belt kendor.
Keteragan V belt no 3 untuk Power steering
no 2 untuk AC.
Estimasi lama pengerjaan : 10 menit.
Tingkat kesulitan : pemula

 

ps alternator ac1

Sekering / fuse dan Relay

sekering fuse
Cara untukmereset ECU adalah copot sementara sekitar 20 detik sekring no 1 ( backup ).
Maestro tidak memerlukan Relay Tambahan untuk Lampu Utama ( kabel set yang biasa ditawarkan pedagang ) , karena sudah Built – In dari pabrikan. Menambah kabel set justru membuat kemungkinan aliran listrik nge fong atau terhambat dan rentan rusak.
ENGINE MOUNTING
karusakan menyebabkan getaran mesin terasa sampai ke kabin secara berlebih. terutama bila AC ON.
mounting
ada 4 engine mounting yaitu  1 di depan ( foto ) , samping ada 2 , dan belakang ( Gunungan istilahnya ) ada 1.
Trik : Berikan karet silikon untuk mounting seperti terlihat dalam foto berwarna merah. membuat karet mounting lebih awet karena tidak langsung terpapar panas.
Rekomendasi Pahe:
Dengan cara tersebut Merk KW seharga Rp 125.000,- sudah cukup mumpuni menggantikan orisinil seharga Rp 400.000,-. Usia pakai antara 2 s/d 4 tahun.
Lama pengerjaan 20 sd 1 jam.
Kesulitan : Medium.

kampas rem

kampas rem
 Bagi yang ingin menghemat walau tidak di rekomendasikan  ,  Pahe  Part KW seharga Rp 100.000 merk terkenal , cukup mumpuni menggantikan brake pad ori. Usia pakai antara 3 s/d 5 tahun. Berdasarkan uji coba selama 3 tahun memakai merk KW , ketebalan dan daya cengkram relative sama dengan ori.
Kesulitan : Medium.

Cover Radiator atas  Bawah dan Electrik Fan 1 ( Foto )

Previous Next

radiator
Cover Plastik bagian bawah retak halus saat menginjak usia 12 tahun .
Harga part Cover Plastik merk ND : Rp 275.000
Cover Bagian Atas , retak halus saat 18 Tahun. harga sama.
Kesulitan : Advance . Serahkan Pada tukang Radiator.
Radiator tidak dianjurkan untuk di servis dengan cara digosok2 karena justru membuat rentan bolong. Dengan pemakaian coolant yang baik , bisa dikatakan usia radiator lifetime tanpa karat.
Motor Fan1 rusak menginjak usia 18 tahun.
Solusi pahe , ganti punya avanza. Persis ( Plug n Play ) harga sekitar rp 200.000,-
Rekomendasi Pahe , beli di tukang dinamo fan avanza ori dengan kondisi baik belum dibongkar seharga rp 60.000,-
Usia pakai estimasi  6 tahun.
PIPA BESI  WATER PUMP
Kebocoran terjadi menginjak usia 18 tahun.
Posisi persis diatas filter oli. Seolah2 air bocor dari mesin.
harga Rp 90.000,-
Usia pakai est belasan tahun dengan coolant.
Kesulitan : Medium.
SELANG KARET U.
Bocor saat usia 15 Tahun.
Posisi tampak pada foto , no 1 ( di bawah panah )
throtel
Jangan mengganti dengan Merk KW. karena usianya hanya bulanan.
Harga Ori Rp 125.000,-
Kesulitan : Pemula.
Est pemasangan : 5 Menit.
By dinolowrider

35 comments on “Cara Mudah Trouble Shooting Honda Accord Maestro Dan Cara memperbaikinya Sendiri bagi Pemula Bagian 2

  1. itu ada kebocoran di seal master rem. Kalau di dalam kap mesin, master rem itu letaknya persis di depan stir….. Master rem itu cara kerjanya memakai piston. dan di piston itu ada seal karetnya ( O-RING ). ORING itu biasanya yang kalau / getas/aus.
    Ganti ORING tersebut ke bengkel kenalan. Biasanya ORING tersebut Universal Ukurannya. ( Bisa di replace dengan Oring lain )

  2. mas dino, mhn pencerahannya gmn cara buka spion retrack pd AM 93, soalnya waktu di nyalain ada bunyi motornya tp ndak bs nutup,tks

    • Buka spion , terlebih dahulu buka plastik hitam segitiga , dari dalam. baru buka spionnya.
      Saran saya , karena agak rumit , mending ke bengkel aja.
      Saya juga pernah mengalami spion macet. biasa disebabkan jalur yang kotor. Cukup bersihkan sela2 spion dan beri oli. beres sampai saat ini.

  3. Gan, selang karet U bocor tepat di dekat klem.. kalo diakalin dengan cara memotong bagian yang bocor sehingga ukurannya jadi lebih pendek, apakah gak pengaruh ke sistem kerjanya ? trim’s

    tidak pengaruh.

    • selang bocor atau radiator pemanas bocor . cara termudah coba cari selang air menuju kabin. Bukan yg keluar dari kabin. ada semacam kran yang membuka saat ac on. non aktifkan sehingga air tidak mengalir ke kabin.

      selanjutnya buka dasboard di tukang ac untuk merepairnya.

  4. AM saya mengalami overheat,sudah di check tidak ada yg bocor tapi tabung penampungan air nya ada sedikit bocor pada tutup nya,apa itu berpengaruh hingga mesin menjadi overheat? terima kasih

  5. Mas gimana kerja fan radiator kok saat panas dua-duanya fan hidup dan sensor temperatur yg mana kerja, kok ketika kunci dicabut kadang nyala sendiri

    • satu fan ac
      satu fan mesin.

      Cara kerja keduanya sama.
      fan ac hidup saat ac hidup atau mesin panas.
      fan mesin hidup saat ac hidup atau saat mesin panas.

      kondisi mesin panas.
      baik saat ac on atau ac off , kedua kipas nyala.

      Kondisi mesih dingin:
      jadi saat ac on = kedua kipas menyala.
      saat ac off kedua kipas mati.

      saat ac on:
      kedua kipas menyala , baik saat mesin panas staupun dingin tetap menyala.

      saat ac off:
      saat mesin panas = kedua kipas nyala
      saat mesin dingin = kedua kipas mati.

      2 Kipas menyala pada 2 kondisi temperatur:
      1. temperatur coolant 92 derajat celcius.
      2. temperatur coolant 102 derajat.

      saat temperatur menyentuh step kedua , maka kipas tetap nyala walau kunci dicabut.

      moga gak bingung…

      • Om kalau fan ac tidak menyala ketika ac on kenapa ya.
        Dan juga ketika mesin menyala dan mesin sudah panas cuman fan mesin saja yang menyala,tapi anehnya kalau pertama mesin dinyalakan kedua fan menyala (berputar). Apa ada sangkut pautnya dengan sekring… Trims

  6. Om Dino,
    Di kolong mesin terasa hawa panas darimana asalnya ya? jadi situasinya begini, setelah jalan kira2 1-2 jam, pas turun mau keluar, seperti ada angin panas yang menerpa kaki saya, mesin masih on gigi netral, setelah dimatiin ya hilang dg sendirinya. Hal ini terjadi akhir-akhir ini aja, karena curiga pas jalan lagi saya lriik tuh jarum temperatur kalo2 gejala overheating, tapi kok normal2 aja stabil separoh dibawah dikit. Apa sebab om?
    Dah tanya2 ke forum maestro, dapet masukan utk cek cooling system karena bisa jadi itu panas berlebih/gejala awal overheating, ada suspect lain gak?
    knalpot bocor atau apa?

  7. mas tanya lg y….ada bunyi di sekitar belting pompa oli power stering dan pompa water pump apa ya peyebab ya mas…karena baru ganti angiene moanthing mas penagaruh ngak dg kedudukan karet angiene moanthing yang ngak sama dg ori..

  8. salam om dino. semoga sehat selalu.
    mau tanya om mobil saya accord cielo 94.
    1. kalo belok kiri, daerah roda kanan terdengar suara klotok klotok (tok tok tok), setir juga
    terasa lebih ringan ke kiri dibanding ke kanan (malah kalo mobil jalan setir mau nya ke
    kiri terus)
    kira2 apa masalah di mobil saya ?
    2. mesin hidup tp dalam keadaan mobil stop kalo gas ditahan maka mesin mberebeb dan
    menggerang kira2 apa masalahnya om ?
    sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas jawaban om dino.
    wassalam.

  9. Mas dino, minta bantuannya lagi nih,
    Pada waktu melakukan perjalanan ekstrim (antar pulau) dari Semarang menuju Mataram NTB (Lombok) Alhamdulillah lancar, nih Maestro memang tangguh meski udah uzur usianya, tidak mogok, tidak overheat padahal istirahat terhitung 4 atau 5 kali paling lama 2 -3 jam aja. Saya cuman nambah radiator coolant 1x itupun sedikit coz pas saya cek cuman turun sekitar 2 strip. Perjalanan rata-rata 70 -90 km/jam tidak pernah nembus 100. Setelah sampai Mataram cek deepstick oli tidak berkurang sama sekali. Anehnya setelah dipake muter2 kota yg gak nyampe 50km kok oli berkurang sampe garis minimum. Kira2 knp ni ya?
    Cek2 dikolong tidak ada tetesan oli, tes dipanasin siang/sore sambil digas2 tidak ngebul sama sekali… bisa dibantu mas.

    • Oli pake sae berapa mas. Untuk maestro saya karena memakai sae 10w40 agak encer , maka potensi menguap lebih besar ( karena mobil tua). Sekarang saya ganti dengan oli yang sedikit lebih kental yaitu 15w20 ( shell helix kuning ). Penguapan dan kebocoran lebih tereduksi.

      Share pengalaman saya selama 19 tahun memakai oli semi synth 10w40 , tidak ada masalah. Cuma memang ada sedikit penurunan kuantitas oli , sekitar 1/2 liter dengan jarak tempuh 5000 km.

      Ada bebarapa oli yang setelah saya coba tidak cocok dengan maestro saya karena penguapannya sangat besar , yaitu eneos 10w40.

      Coba check mungkin ada sedikit rembes biasanya terjadi di pack karter oli mesin , seal crackshaft , seal distributor , seal cover engine.

      Atau mungkin olinya tidak cocok seperti saya sebutkan sebelumnya.

  10. Mas,rupa2nya pas ane cek dipstick ld kok posisi oli normal lg,tengah2 min dg maks, ane gak jd khawatir,satu lagi mas,so kmarin tu knp ya?apa krn oli telat turunnya? Slma ini pake shell helix 20w50. satu lg mas, kalo kipas nyala posisi mesin off setelah dipake itu wjar gak? Atau ada indikasi overheating?

  11. Menurut saya kondisi oli masih normal2 saja. Memang ada perbedaan pada deep stick oli , saat mesin panas , atau saat pagi hari , ketinggiannya memang berbeda

    Selama ini saya tidak pernah mengalami kipas nyala saat mesin mati.
    Kipas menyala saat mesin mati bisa disebabkan kerena :

    1. Tidak memakai AC saat mobil melaju , sehingga kedua kipas di radiator tidak menyala secara kontinyu. ( menyala saat mesin panas saja ) , kondisi ini normal saja.

    2.Selalu memakai AC saat mobil melaju : ada kebocoran radiator atau kipas radiator lemah.

  12. karena saya sering menggunakan AC maka saya kira option 2 yang terjadi, dan benar adanya pas saya periksa pas mesin lagi on, ada bocor sebesar lubang jarum di cover atas (bekas las/pernah di las sebelumnya) pantas coolant di reservoir selalu berkurang tapi tidak sampai habis. Pertanyaannya kalo di tabung cadangan aja tidak sampai habis berarti cairan di radaitor sendiri belum benar-benar habis khan mas? apa hal ini benar memang yg mengakibatkan kipas nyala saat mesin sudah off?
    2 kipas sudah ane tes putarannya masih lumayan, tapi bagaimana sebenarnya ukuran putaran kipas masih baik?
    Thanks ya mas…

  13. Pak bro Dino mau tanya ttg fan AC dan mesin. AM93 saya klo pas bnr2 dingin blm dipake (biasanya subuh/sblm jam 6 saat dikontak, fan mati semua (normal kan?). anehnya pas mau dipanasin diatas jam 7 (kondisi Bekasi pagi saja udah panas) saat dikontak (mesin blm dihdpkan) fan mesin nyala. normalkah?

  14. Selamat mlm masdino…saya mau nanya seputar jarum temperatur maestro saya
    Kondisi memang sudahrepair,,, jarum selalu diatas atau posisi 3/4 tapi mesin kondisi normal
    Atau tidak overheating
    Gimana cara memberi tahanan agar jarumtidak terlalu naik
    Apa bisa dikasih resistor pd kabel yg nancap di switch temperaturnya
    Klau bisa teganganya berapa….
    Terimakasih sebelumnya

  15. Om dino saya mau tanya,saya mau cari kampas rem merk KW buat accord maestro,pesannya dimana yah? tank’s bantuannya

  16. Om Dino saya mau tanya, AC tiba-tiba mati ya hanya blower nya saja yang nyala?? sebelumnya berjalan normal dan dingin setelah saya check tidak ada arus yang masuk di kompresor, kira-kira apanya yang rusak / harus di ganti???

  17. Maaf om mau tanya kenapa yah wifer mobil saya kadang kslo dalam keadaan hidup suka susah untuk dimatiin slalu hidup terus wifer nya gimana yah solusinya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s