Mengingat banyaknya pertanyaan mengenai cara melakukan setting rpm iddle dan campuran udara / CO honda accord maestro , berikut saya uraikan caranya sbb:
Seting RPM Honda Accord Maestro PGMFI
- seting rpm maestro pgmfi
- Putar screww ke arah kiri untuk menurunkan rpm dan putar ke arah kanan untuk menaikkan rpm.
- Standartnya antara 750 sd 800 rom.
- Setting Iddle UP
- Saat kita menyalakan AC , maka RPM akan naik sedkit normalnya sekitar 50 rpm.
- Putar screw pada EACV . Screw bintang membutuhkan obeng khusus untuk memutarnya. Kalau tidak ada obeng bintang , gunakan obeng minus biasa yang tidak terlalu besar.Putar screw ke kiri atau ke kanan. Aktifkan AC dan lihatlah kenaikan rpm yang terjadi. Seting sesuai standart yaitu + 50 rpm.
- Seting campuran udara / CO.
- Campuran udara – bensin mempengaruhi kadar CO pada gas buang. Semakin kaya campuran bensin maka semakin besar gas CO yang terbaca oleh gas analise.
- Caranya : lihat di halaman sebelumnya ( sudah pernah saya bahas ).
- Sedangkan untuk Maestro yang masih memakai carburetor , silahkan lihat gambar berikut:
- Setting Iddle Rpm:
-
Setting Iddle Up AC
Ada Diafragma Vacum dengan cara kerja menarik pelatuk pada tuas rpm throthle body. Diafragma tertarik karena ada sedotan dari engine melalui selang karet.
Panjang tarikan pelatuk bisa kita seting dengan memutar screw seperti terlihat pada gambar.
Setting CO / campuran udara
Cara menyetel campuran udara adalah , putar idle rpm sampai 2500 atau 3000 rpm.
Putar stelan co kekanan sampai mesin pincang pertanda campurannya terlalu kaya.
Putar kekiri sedikit demi sedikit sampai rpm paling halus.
Kalau terlalu banyak udara , biasanya ada sedikit nyendal kecil pada rpm .
Putar kembali screw ke arah kanan sampai didapat rpm yang paling halus/ stabil.
nice info Gan…
thanks a lot
Gan, settingan idle up ketika mesin dingin dimana yah ?
Kalo pagi2 start, lumayan kenceng sampe RPM 3000, +/- 3 menitan baru menurun.
bisa bangunin tetangga & ngabisin bensin, Gan
Mohon pencerahannya, … terima kasih
ya setting waktu dingin. rpm emang segitu. terutama kalau ada beban misal baru membelokkan steer , sehingga power steering bekerja
Om, klo Nyeting yg kalbulator gmn caranya? biar di seting agak kering gtuh. kyanya boros bngt setelah tune up di bengkel.
trim’s
bersihkan pakai kompressor dan carburator cleaner.
Untuk karburator yang bisa di seting hanya rpm iddle dengan campuran udara.
Untuk setting campuran udara , coba cari di artikel ini.
Oya.sekalian seting pengapian ama celah katup ya, karena saling berkaitan. Cari juga di artikel ini.
Agar saat starter langsung JRENG…dan knalpot nggak item2 banget.
Untuk mobil lama , lumrah kenalpot nggak putih bersih seperti mobil baru keluar show room.
Tetapi bisa di stel agar knalpotnya relatif lebih bersih.
ijin copas ya bos..
Petang mas….saya punya accord karburater…saya lihat tidak ada skru untuk setting udara dan petrol…di mana letaknya ya….atau memang tidak ada skru untuk dpt idle….jadi bagaimana ya….rpm nya rendah sangat….800, kalo on aircond rpm turun jadi 400 barangkali…tolong saya mas…terima kasih
siang Pak mau tanya maestro saya injeksi th 90 rpm nya suka naik turun tapi mesin tidak mati….terima kasih
maaf om am saya th93 injeksi rpm nya naik turun kata bengkelnya masalahnya ada pada EACV dan setelah saya ganti baru rpm tetep naik turun pas AC on, itu masalahnya apa ya om dino?
Rpm naik turun belum tentu eacv bermasalah.
Rpm yang naik turun bisa diakibatkan oleh adanya kebocoran / angin palsu yang masuk terhisap oleh mesin.
Mungkin ada kebocoran di pipa2 karet vacum.
Udara yang terlalu banyak terhisap oleh mesin inilah yang menyebabkan rpm bisa naik turun.
Cara sederhana adalah coba buka tutup plastik di saluran2 pipa yang keluar dari throthle body.
Bentuknya seperti tutup pentil kecil. Di dalam TB ada banyak saluran pipa keluar. Tetapi tidak semua digunakan. Ada beberapa yang tersambung dengan karet selang kecil. ada beberapa yang ditutup oleh tutup pentil plastik tersebut.
Saat tutup kita buka , maka rpm akan naik turun.
Itu pertanda ada angin palsu yang masuk ke dalam mesin.
Mengenai kasus anda, karena rpm naik turun hanya pas posisi AC on. bisa dipastikan kebocoran tersebut terjadi di system AC tersebut.
Ada 2 part yang berhubungan dengan vacum ac tersebut:
1. EACV , kebocoran bisa terjadi pada eacv , mungkin pemasangannya kurang pas / kurang kencang.
2. Ada system vacum membran yang menyala saat AC on. Vacum tersebut menarik tuas kran sehingga coolant masuk ke dalam heater di dalam dasboard.
Letak kran tersebut adalah di sebelah kiri , di bawah master rem , menempel / menjadi konektor selang radiator yang menuju ke heater.
Mungkin ada kebocoran di membran vacum tersebut atau di selang2 karet kecilnya.. Cirinya adalah kalau kebocornannya kecil , mungkin kran masih bisa membuka walau tidak penuh. Kalau kebocorannya besar , maka tuas kran tidak tertarik , sehingga coolant tidak masuk ke dalam heater. Akibatnya heater ac tidak bekerja. ( ac tidak panas walau temperatur kita seting maksimal ).
Semoga membantu
iya om AC nya saya setel temperatur max kadang malah mati tu AC nya apa gr2 ada kebocoran ini om?trs 1 lagi om saat pagi hari kan rpm tinggi bgt sampek sekitar 1800n itu kan pemanasan pada iddle ya om?tp setelah dipake muter2 trs berhenti dan mesin mati sekitar 3-4 jam pas dinyalain lg rpm tinggi lg om sekitar 1500 lebih apa ini normal om?mengenai termostat saya kurang tau apa msaih memakai termostat apa belum karena newbie om heheheh
Mohon pencerahannya om.. AM sy th 93 injection rpm nya selalu nyangkut di 1000 – 1500 rpm kadang normal lagi di 800 tp gak bertahan lama.. apalagi kalo mesin baru start mesti gerung2 gas dulu baru bisa turun. Kalo nyalain AC rpm drop sekitar +- 200 rpm kemudian balik lg ke semula. Apakah kemungkinan kerusakan pada EACV nya?
Trimakasih sebelumnya… salam
om dino,,, mhn bantuan, dmn toko yang biasanya jual tutup pengaman manipol, sy tinggal di surabaya. mhn smskan no yg bs d hub utk konsultasi maestro (jamie; 085204571966)
Om Dino saya mau tanya AM saya tahun 93 3-4 bulan lau sudah ganti CDI KOIL, beberapa hari terakhir check engine menyala…mesin tidak stabil tapi tidak mati…kaya main gas gitu.., lalu mesin saya matikan dan saya hidupkan kembali , starter bekerja tapi mesin tidak bisa hidup, setelah beberapa waktu kurang lebih 5 menit saya kontak kembali dan bisa menyala….dan hal ini selalu terjadi pada pagi hari kurang lebih 10 menit memanaskan mesin…mohon pencerahannya Om Dino..
Mlm mas bro,saya punya mbil honda maestro thn 1991.kok mbil saya kl di hidup kan ac posisi lg macet rpm nya kok lngsung turun ya,tlong ya mas
Hallow bozz…
Saya baru beli idle speed untuk mobil hyundai accent 2003,dan sekarang saya mau pasang sendiri,apakah ada aturan nya,,,trim kasih
You can definitely see your enthusiasm in the article you write.
The world hopes for even more passionate writers like
you who aren’t afraid to mention how they believe. Always
go after your heart.
Om saya mau tanya. Barusan saya bongkar dan bersih in eacv dan fase idle. Nah, ketika bongkar total fase idle saya ngga lupa memberi tanda seringan ya, sehingga ketika dipasang rpm tiba2 naik sampe 2000, terus saya buka bagian atasnya dan saya kendorin, eh….., malah lebih naik sampe 3000 lebih rpmnya. Dua daunnya baik ketika saya pasang rapat maupun kendor saya tunggu sampe mesin panas dan kipas menyala, rpm tetap ngga mau turun. Sebenarnya setting fast idle itu gimana sih bang? Kalo iacv saya bongkar dan bersihkan tapi ngga merubah setting nya, sehingga saya curiga fast idle yg harus disetting
Trus saya juga punya problem ketika mesin panas, terus didiamkan 15 menit atau lebih, ketika hendak dihidupin dinamo start ngga mau nyala. Saya baca2 di youtube katanya disuruh cek kaki pada main relay, saya cek ngga ada yg renggang kemudian saya pasang lagi. Bunyi klik sudah dua kali, jadi ngga ada masalah dengan pompa bensin, dan kalo di jumper langsung dari Aki maupun dari kabel positif yg letaknya diatas dinamo start, bisa nyala normal, kira2 apanya ya Bung?
Terima kasih
Om saya mau nanya nih , saya punya cielo 94 kalau pagi manasin rpm d 1500 tapi turunnya lama banget , ke normal 900 atau 800 , nanti setelah jalan lama 2 jam baru turun drop ampe rpm 700 non ac 750 pakai ac , gimana solusinya ya om , bensin jg boros banget
Om accord maestro saya th 90 injection. Tapi kalau rpm mau saya naikan menjadi besar. Putranya harus ke arah kiri,kalau saya putar ke kanan justru rpm menjadi turun. Apa itu benar atau salah..?
Gimana ya,karburator honda accord th 89 saya ko jadi nggak normal setelah saya semprot dengan karburator kliner
mlm om mau nanya AM sy thn 92 injeksi klo ac on rpm nya turun, apanya y om, tks
ideal setingan CO untuk maestro tahun 1990 berapa putaran yah.
Om saya ada. Suzuki 115 mesin tempel,yang saya mau tanya suara mesin normal waktu di. Start jg normal,tapi klo kita kasih jalan hanya batas rpm 3000 saja. Dan ndak bisa naik rpm lg,di rpm 3000kee atas mesin jadi endut endutan.padahal semua kelistrikanya udah saya ganti. Kira2 apanya ya om,minta penjelasanya om
Salam kenal tuk genius2 engine troubleshoothing, saya teguh hanya inging dikit koment aja brgkali ada referensi tuk dijadikan bahan pertimbangan dlm nguprek2 engine kalian semua. Setelah saya baca banyak tulisan atau keluhan dari rekan rekan tentang mslh yg dialami dng mbl kesayangannya dlm hal gangguan pada idle yg gak stabil , naik turun bahkan droop jika AC on dll. Disini saya hnya ingin menambahkan sdkt ttg hal yg perlu di kerjakan sblm anda mengutak atik srew ajust atau setelan idle pada trhootle dan setelan di EACV, walaupun semuanya telah diset pd kondisi sesuai keinginan,dan beberapahari akan berubah lagi settingan tsb. Dan idle gak normal lagi. Anda lupa bahwa TPS trhootle body sensor adalah kunci dari pengendali ttg idle. Kenapa? Tps harus pd posisi yg benar dlm hal input tegangan ke ECU yaitu kisaran 0,49 votl.dng cara di tes dng multi tester. Kalau tegangan dlm posisi throtle nutup 0,49 dan buka penuh 4,5 volt.dan tegangan berubah sesuai perputaran troutle dng catatan tdk drastis atau loncat2 tegangantsb. Kalo OK. baru setting srew throtel dan EACV.nah anda coba. Karna aku dah kerjakan duluan hasilnya … muanteeb.
Bos sya mau tnya mobil sya honda accord tahun 94 rpm nya tinggi slth di gas rmpnnya turun naik sndri
Padahal sya sdh bersukan semua ac idlenya ini kira2 apa yang slah bos terima kasih