Sensor Sensor Honda Accord Maestro Pgmfi

sensor sensor maestro

sensor sensor honda accord maestro

 

By dinolowrider

38 comments on “Sensor Sensor Honda Accord Maestro Pgmfi

  1. om tanya dong…. indikator suhu di dashboard saya tidak normal, biasanya setengah guage kurang dikit, tetapi akhir akhir ini cuma naik sampai C, saya khawatir jika over heat tidak ketahuan, bagaimana cara ngeceknya? thanks

    • Ada 2 kemungkinan:
      1. memang mesin terlalu dingin/ overcooling
      2. kerusakan pada sensor temperatur coolant.
      3. kerusakan pada kumparan penunjuk suhu di dasboard.

      1. rasanya overcooling tidak mungkin terjadi , kecuali pada suhu dingn di pegunungan dan hujan , atau jalanan yang menurun rpm rendah. Ini pernah saya alami.

      2.coba cek sensornya . mungkin ada kerusakan. kalau ada kerusakan satu2nya jalan mengganti dengan sensor bar ( saya belum pernah mengalaminya ) . lakukan pengetesan terhadap sensor menggunakan avometer. Caranya tunggu akan saya upload diagramnya.

      3.Kerusakan gauge di dasboard saya juga belum pernah mengalaminya.

      Coba panaskan mesin tanpa AC on. .saat mesin panas biasanya kedua kipas radiator menyala. saat kipas menyala coba lihat gauge temperatur di dasboard . biasanya temperatur sedikit dibawah separuh. Kalau ternyata tetap di C , berarti kerusakan terjadi pada poin 3.

  2. sama om, punya saya udah dicek radiator sampe diganti pakingheatnya eh indikator suhunya naik melebihi warna merah, di bengkel masih mencari penyebabnya belum kelar2 udah 2minggu. tolong bagamana memperbaikinya,,,, mohon pencerahan……

    • kalau temperatur sampai warna merah , berarti overheat . Bisa terjadi karena:
      1. kurang sempurna pendinginan:
      a: water pump : coba cek kerenggangan Vbelt. Kerusakan waterpump hanya menyebabkan bunyi dan kebocoran seal. tidak menyebabkan overheat. kecuali waterpump tidak berputar. Rasanya sangat jarang terjadi.
      b. kerusakan termostat. Pada mobil yang tidak menggunakan coolant , biasanya termostatnya macet akibat karat sehingga aliran air radiator tidak sempurna. Buka / lepas termostatnya.
      c. radiator kotor: tidak akan menyebabkan suhu mendekati merah. kecuali bener2 mampat.

      2.kerusakan sensor.
      Coba panaskan mesin. tunggu sampai kedua kipas radiator menyala. kalau saat kipas menyala tidak pernah mati dipastikan tidak ada kerusakan pada sensor.
      Kalau tyernyata kipas mati , tetapi temperatur di dasboard menujukkan warna merah , dipastikan temperatur gauge di dasboard rusak/ salah baca.

      3. Head silinder melengkung / atau packing head bocor karena termakan air dan karat:
      Ini adalah ciri2 mobil yang tidak memakai coolant. Biasanya dikisaran 250 ribuan packing bocor atau cyl head melengkung. Padahal usianya kalau pakai coolant bisa life time.

      Bongkar head silinder , perbaiki/ dibubut diratakan . ganti packing dengan yang baru.
      Pakailah selalu coolant. jangan sekali2 menggunakan air biasa.( dan bertobat untuk tidak memakai air biasa hehehehe )

  3. om tanya donk…indikator hand rem nyala terus ga bisa merem/mati meski hand rem diturunin, gimana donk caranya biar bisa nyala saat hand rem ditarik aja…?
    masalahnya risih juga nyala merah padahal sedang jalan dan hand rem sedang ga aktip
    trims

    • kerusakan switch hand rem. Posisi di dalam / bawah tuas handrem.
      Coba cek. Bisa diganjal. Atau di akal2i saja.
      Kalau memang tidak bisa copot saja socket kabelnya sementara waktu. Cuma saat Handrem di tarik , lampu tetap mati heheh….

  4. om dino saya mau tanya , mobil saya honda accord maestro 90 PGMFI manual , suhu mesin saya terlalu panas , mobil jga klo di gas endut endutan kadang malah mati klo ga di kocok gasnya ? tolong di bantu ya om . trims

  5. Mohon pencerahannya gan,

    Tentang Maestro 93 matik saya :
    1. Perseneling dari N ke D4 atau sebaliknya selalu nyentak.
    2. Mobil bergetar karena RPM turun sampai 500 pada saat jalan dlm kondisi jalanan merayap karena padat dan pada saat belok (maju maupun mundur) dgn posisi AC on.
    3. Konon utk mobil lawas yg biasa menggunakan air biasa jika dirubah dgn mennggunakan air collan dpt merusak komponen mesin itu sendiri (CMIIW).
    4. Pada saat macet/merayap lebih dari 15 menit indikator temperatur akan cepat naik sampai mendekati batas max.pdhl radiator dan kipas lancar, tetapi indikator turun kembali jika jalanan lancar.

    Terimakasih sebelumnya atas pencerahannya agan.

  6. om boz,..mahon infonya,mobil sy cielo 94,lampu indikator angine kadang tau2 nyala,.tp kalo udah dimatiin normal lagi,.mesin juga ndut2an tolong informasinya kira2 apa yg perlu dibenerin,..trmkasih

  7. Mas Dino,Maestro 93 saya klo pas jalan dan AC on jika telah berjalan 1 jam kira2,kalo saya pindah ke gigi rendah (biasanaya gigi 1) jika pas di tikungan atau berhenti karena antri kok mesin bisa mati ya…
    Mohon pencerahannya…terima kasih

  8. sore om.mau tanya,maestro manual tahun 92,ko akhir2 ini indikator mesin suka nyala yah pas jalan2 kira-kira 2KM,kalo saya berhenti dan matikan mesin baru mati kenapa ya om?sama SPEEDO METER mati ga bergerak setelah sebelumnya ganti kopling…mohon penjelasannya om dino…

  9. bang dino gue mau tanya saya punya honda maestro tahun 92 kenapa rpm saya langsung turun agak rendah pada saat AC on seharusnya kan RPM nambah itu kenapa Bang tolong di jelskn sebelumnya trims .

  10. mau tanya om ,maestro manual tahun 92, indikator mesin nyala terus, sebelumnya distributor rusak dan di ganti tapi, chek engine masih nyala apanya ya ? mohon masukan , terimakasih om

  11. Om Dino saya mau tanya, mobil saya maestro tahun 1990 bermasalah dengan suhu temperatur jika mobil jalan dengan gigi rendah dan tanjakan tanpa AC on temperatur naik lebih dari setengah baru kipas nyala kemudian temperatur turun kemudian kipas mati setelah itu temperatur naik lagi lebih dari setengah kipas hidup lagi baru temperatur turun gitu trs tdk stabil, pokoknya kipas menyala kl temperatur diatas setengah klpun nyala tidak lama dan mati lagi kemudian nyala lgi dan seterusnya. tetapi kl AC on 2 kipas langsung menyala trs kipas mati jika AC of. yang saya tanyakan karena saya kurang paham mesin :
    1. Bagaimana mohon petunjuk dengan kondisi mobil saya?
    2. Apa kipas menyala harus menunggu temperatur diatas setengah? kl tidak apa penyebabnya? setau saya temperatur tdk boleh lebih dari setengah?
    3. Yang benar bagaimana tentang kipas Apa menyala terus setelah mesin panas, atau hidup mati – hidup mati seperti yang saya sampaikan diatas?
    4. Apa yang hrs saya lakukan selain ke bengkel?
    Trims mohon saran dan petunjuknya ……….

  12. mas mau nanya oli power steering maestro saya cepet banget berkurangnya.. padahal bolak-balik diisi, katanya ada cairan yang bisa menutup kebocoran jika belum terlalu besar, namanya apa ya mas tau ga? makasih.

  13. om mau tanya kenapa kipas radiator di honda cielo saya, kok setelah mesin nyala trus dimatikan kipas dengan sendirinya nyala,(tp itu tdk selalau gitu kadang2 ya kadang tidak),,,,kira2 2-5menit itu baru nyala dengan sendirinya setelah mesin dimatikan….itu kira2 disebabkn ap ya om….???trimakasih……..

  14. om dino mau nanya, indikator engine tiba2 menyala saat mobil berjalan lalu mesin mati tidak mau di stater itu kenapa ya om dino, pdahal saya sudah menservice ecu dkk, tapi kadang indikator mau mati… dan mesin bisa di stater tapi tiba2 menyala kembali dan mesin mati lagi.. mohon infonya…

  15. Halo Om
    Om accord maestro saya th 90 injection. 2 minggu ini kipas radiator cuman satu Yg menyala.kondisi mesin panas atau waktu ac on.awalnya saya coba otak atik sikring.. Tapi jadinya malah gk jalan kipasnya cuman satu Yg jalan kipas Yg buat mesin.caranya untuk kembali seperti normal gimana ya.tims Om..

  16. Tanya om, Honda Cielo sy Top 96 spedometer mati & lampu indikator klo sudah jalan skitar 300m nyala terus, kira2 brmasalah dimana om.
    Mohon coretannya, trima kasih….

  17. gan kira kira biaya Bongkar head silinder , perbaiki/ dibubut diratakan . ganti packing dengan yang baru bapa yaaa. thanks infonya

  18. Mau tanya Gan ,maestro saya th 92,jika mesin nyala fan radiator mati,dan jika AC di pasang kedua Fan nyala,saya sudah cek ke bengkel katanya relay,dan lainnya bagus,kemungkinnan masalh perkabelannya,mohon penyerahannya.

  19. om mau tanya mobil saya cielo 96 Vtec klo rpm rendah temperatur naik tp begitu di gas di atas 1500rpm langsung turun meskipun kendaraan tidak jalan. kira2 apa penyebabnya ya? tq…

  20. Om,mohon kasik solusi: speedometer Maestro carbu tidak jalan. Bermula dari dispplay rpm,speedo,temp,engine/olie dan sign tdk nyala/ mati, setelah diperiksa relay dan fuse tdk ada masalah. Setelah dibongkar dan di continiuty wiringnya baru ketahuan ada cable putus. Setelah cable di connect display RPM,engine,sign dan temp OK/nyala. Tapi display Speedometer tetep tdk bekerja/mati.Jadi sekang kesulitan untuk menentukan kpn harus ganti olie. Atas petunjuknya sy ucapkan terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s