Tips Mengakali Atap Bocor Accord Maestro

Atap bocor menjadi masalah klasik pada accord maestro yang sudah berusia belasan tahun.

Hal ini disebabkan karena karet seal yang sudah getas dan adanya karat di saluran air / talang.

 

Untuk mengakalinya ( sebelum dilakukan repair di bengkel ) dan agar tidak memperparah kebocoran atau karat :

 

Jalan satu satunya adalah membuat air sama sekali tidak bisa memasuki saluran air / talang.

Coba lihat foto berikut :

 

sealer-karet-atap maestro

 

Saya menggunakan sealer yang biasa digunakan untuk bahan bangunan.

Bisa menggunakan merek NO DROP atau WATERPROF. dengan harga kisaran antara 45 sd 55 ribu per kg.

 

Sealer ini menggunakan air sebagai pengencernya. Sehingga proses pengeringannya lumayan lama yaitu sekitar sehari semalam.

 

Gunakan sealer tersebut tanpa pengenceran apapun. agar didapat lapisan yang tebal dan kuat.

Pada keadaan basah sealer berwarna putih . tapi saat kering berwarna bening.

 

Sebelum menggunakan sealer ini , terlebih dahulu gunakan lem alteco , tujuannya agar karet list atap tidak mudah bergerak. oleskan di sisi permukaan karet dan atap tipis tipis. setelah kering baru sealer bisa di gunakan.

 

Gunakan solasi di sisi luar  list yg akan di sealer. dengan jarak  sekitar  0,75 mm sd 1 cm. Dengan tujuan agar sealer yg terbentuk lebih lebar dan menutupi list karet.

 

Oleskan tebal2 NO drop menggunakan kuas kecil. Ulangi kalau dirasa kurang tebal.

Lalu lepaskan  tarik solasi . Maka akan didapat lapisan sealer basah yang rapi / lurus.

 

Kalau dirasa perlu , bisa juga setelah kering sealer tersebut di cat pilox hitam. Sehingga membuat tampilannya lebih rapi. Pilox tidak akan terkelupas karena menyatu dengan sealer kering tersebut.

 

Keunggulan dari sealer ini adalah :

1. daya rekat yang kuat dibandingkan sealer silikon. sehingga tidak mudah mengelupas.

2. kuat panas , dan dingin.

3. aplikasinya mudah.

 

Sebelumnya saya mengunakan sealer silikon. tetapi hanya bertahan sekitar 1 bulan dan sealer mengelupas dari permukaan cat.

Tetapi dengan menggunakan no drop. Saat ini sudah 2 tahun tanpa ada kebocoran seperti terlihat pd foto :

atap dalam

 

tuh kan… atapnya bersih tanpa ada bercak sama sekali….

 

NB:

Membeli karet list baru atau menggunakan sealer silikon hitam sama sekali tidak menolong. karena air tetap bisa masuk melalui sela sela list karet.

 

 

By dinolowrider

8 comments on “Tips Mengakali Atap Bocor Accord Maestro

  1. Mau Tanya om, kalo bagasi bocor, kira2 masalahnya dimana ya? di jalan air bagasi sdh saya tambal kemaren, tapi kok masih bocor juga. Thx

    • coba gunakan no drop . oleskan tebal2 di karet bagasi sehingga air tidak bisa masuk melalui celah karet.
      Gunakan karet yg tebal pada lampu2 reflektor belakang. copot lampu. akan terlihat ada rembesan air.

  2. cara perbaiki spedo kilo meter maetro yang mati alias ga mau jalan. tolong jelasin prosedur dari mana saya harus mulai ngecek dan betulinnya.
    maetro saya th 90
    maksih atas respon dan penjelasanya..
    Lemah teles
    pengeran seng bales..

  3. Gan.. mhon pencerahan nya ttg maestro 4ws nih. Sy pnya problem klu stir belok kanan di roda blkng hnya gerakan sdkit lali kmbali posisi lurus. Sdgkan klu belok kiri bagus normal ban blkng gerak full. Yg sdh sy lakukan pengecekan gear box blkng sdh sy priksa gir smua bgus tdk ada yg sompal. Klu sy putar dibwh bgs tuk belok kekanan bs full? Mohon gan petunjuk nya? Trim’s

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s